Wednesday, May 07, 2008

Tue, Jan 29 2008

Hari kedua dari cuti 3 bulan gue, ada 1 acara TV yang menggugah hati deh. Di salah satu TV swasta yang sedang merangkak naik, judulnya Backstreet. Kata pembantu gue, “Acaranya lucu, Bu. Biasanya orang sembunyi2 pacaran, trus kasih tau orang tua atau temen2nya.” 

Yah daripada ga ada kerjaan (dvd udah abis dan barusan aja bangun bobo siang), gue nonton juga deh tuh acara. Acara ABG, mirip2 Playboy Kabel dan Katakan Cinta, reality show pertama tentang anak muda. Backstreet kali ini bercerita tentang pasangan muda (Aldi & Novi) yang pacaran ngumpet2, karna ga dikasih sama kakak2nya Novi yang (katanya) galak. 
Tugas Backstreet Host adalah mencari cara supaya finally pasangan ini dikasih ijin pacaran sama kakak2nya Novi. Profil pasangan ini adalah sebagai berikut : Novi adalah seorang gadis imut, cantik, bersih, kalem, rambutnya panjang, kerja part time di sebuah cafe. Sedangkan Aldi, adalah seorang cowok cuek berpenampilan brantakan (you know, rambut gondrong, topi kupluk, jins robek2), anak jurusan kesenian yang hobby nya maen teater. 

Solusi pertama dari host adalah menemui kakaknya Novi langsung di tempat kerjanya, dan langsung gagal.. soalnya kakaknya Novi pas liat Aldi, langsung marah2 dan narik adiknya pulang. (Ternyata, hubungan mereka udah ga disetujuin abis2an dari awal). 
Solusi kedua adalah dengan make over alias merubah penampilan Aldi habis2an. Mungkin rambutnya bisa dipotong (gue aja liatnya gerahhhh bangettt.. poni di sepanjang muka:p Tauuu dehhhh, yang abis gunting rambut:p), dan bajunya sedikit lebih rapi. Jadi deh hari itu, Novi nemenin Aldi nyari baju rapi. Blom sempet terlaksana, malemnya kakaknya Novi (kali ini kakaknya yang cowok, yang ternyata sengaja buntutin adiknya), dateng ke tempat Aldi latian teater (sialnya Novi juga ada disitu). Kakaknya marah2 (sumpah gayanya blagu banget). Aldi juga ga bisa nahan emosi, jadi mereka brantem sampe gebuk2an gitu, untung dipisahin sama temen2nya Aldi. Akhirnya Novi ditarik pulang (lagi) sama kakaknya. 

Besoknya, Aldi ktemuan sama host di sebuah cafe. Novi telpon, ngasih tau klo dia kabur dari rumah, dan sedang menuju cafe itu. Pas nyampe disana, dia langsung meluk cowoknya, dan crita dengan terbata2 klo dia kabur dari rumah, akibat brantem sama kakak2nya. Ternyata Novi (lagi2) dibuntutin kakak2nya, dan langsung naek darah begitu liat adikknya lagi sama Aldi di cafe itu. 
Kakaknya yang cowok hampir gebuk2an lagi sama Aldi, sementara kakaknya yang cewek marah2in Novi. “Lo tuh adik kita satu2nya. Kita cuma bertiga skarang.. sama Mama. Papa udah ninggalin kita dari lama. Kita cuma mau yang terbaik buat lo.” 
Novi cuma bisa nangis2 aja, sambil sesekali bilang klo ”jangan liat orang dari penampilannya.” Dan elo tau, apa yang dibilang Aldi? Abis gontok2an sama kakaknya Novi yang cowok, dia akhirnya minta waktu untuk bicara sama Novi. 
Dia bilang, “smua udah terlalu sulit untuk dilanjutin. Sampe kapanpun ga akan bisa”, jadi dia memilih untuk menyerah. “Gue sayang sama lo, tapi hidup lo akan lebih bahagia tanpa gue” bla bla bla.. yang intinya, dia memilih untuk brenti berjuang, karna merasa smua terlalu sulit. 
“Gue ga akan gangguin lo lagi, atau kluarga lo lagi.” 
Sementara kakak2nya Novi bilang “Gue pegang kata2 lo” dan “Jangan gangguin adik gue lagi,”, Novi cuma bisa nangis2 sambil ngeliatin Aldi dengan tatapan ga percaya. 
After what she has done to keep the relationship going, cowoknya segampang itu lepasin dia? Dan akhirnya, Aldi meluk Novi, untuk terakhir kalinya, katanya. Novi masih sempet bilang, “Gue sayang sama elo”, sblom kakaknya narik dia, dan nyeret dia pulang. 

Kejadian betulan ini, bikin gue teringat sama beberapa kisah yang terjadi sama orang2 yang gue kenal. Betapa sedihnya, klo orang yang elo bela2in itu, orang yang udah bikin lo menentang kluarga lo dan orang2 terdekat lo, ternyata memilih untuk ngelepasin lo. Walopun dengan alesan2 basi, sperti “lo akan nemuin orang yang lebih baik dari gue”, atau “lo terlalu baik buat gue”, atau “gue ga mo jadi batu sandungan buat lo dan kluarga lo”… that’s bullshit! 

Apapun alesannya, klo lo milih untuk lepasin orang yang lo sayang (apalagi orang itu udah berkorban banyak buat lo, termasuk ngelawan kluarganya sendiri), artinya lo ga cukup cinta sama dia. Artinya elo lebih sayang sama diri lo sendiri daripada dia. Sampe2 host nya bilang, mereka kecewa sama Aldi, karna mereka ngrasa yang dilakukan blom maksimal, baru sebatas ini aja.. but Aldi had decided to quit

Buat temen gue yang sedang berjuang meyakinkan kluarganya tentang pilihan hidupnya, terus berjuang ya. Slama lo yakin dengan pilihan lo (dan yakin lo ga cinta buta), ikutin kata hati lo aja. Buat pacarnya temen gue yang sedang berjuang meyakinkan kluarga pacarnya, jangan nyerah yaaaa. Emang itu berat, terutama klo berkaitan dengan ego dan harga diri. Dont you ever, ever let her/him go... yakinin kluarga nya klo elo pantes buat anaknya. Dan yakinin pacar lo, klo elo worth to be kept. You guys, jangan putus asa yaaaa... as long as you love each other, keep the faith inside. Just believe that true love never end:) (idealis banget yah?)

No comments: