Tuesday, May 13, 2008

Month 3 - 6

Month 3 – FLEK (kenaikan berat badan dari sblom hamil : 2 kg) 
7 Juli 2007 : Flek Hari itu, sahabat gue merit di Hotel Park Lane. Wah ecxited banget.. slaen itu meritnya sahabat gue, disana juga tempat gue merit. So ada kenangan indah tersendiri di tempat itu. Hotel itu masih tetap indah, dan akan slalu indah, khususnya buat gue:) 
Pulang pesta, sperti biasa mual. Tapi ketika gue pipis.. ya Tuhan, gue shock banget! Ada coklat2 di clana gue! Coklat2 itu banyak, mirip klo gue mo mens! Langsung lemes… Rasanya ga bisa ngapa2in lagi. Yang bisa gue lakukan cuma manggil suami gue, dan tiduran lemes. Apa yang terjadi.. is the baby ok? Dan sepanjang malem, gue cuma bisa berdoa dalam hati. Tuhan, aku tidak tau kesalahan apa lagi yang aku buat. Maafkan aku ya, klo aku lalai menjaga bayi kecilku. Tolong lindungi dia ya? Plis? 

Besoknya (Minggu pagi), flek nya masih kluar. Sesuai kata dokter semalem, klo Minggu masih kluar, disuruh kesana. Detak jantung masih blom terdengar. USG tidak bisa berkata apa2 juga, karna janin masih ada disana, tapi ga tau gimana kondisinya. Jadi dokter cuma ngasih obat, suruh bedrest lagi, dan 1 minggu lagi dateng ke dia lagi. Dia sempet bilang, ”Klopun ada apa2 sama janinnya, setidaknya jangan sampai membahayakan ibunya.” 
Huhuhuhu.. gue ga mau itu! Gue mau bayi gue selamat, bukan sekedar tidak membahayakan gue. Huhuhu.. rasanya itu jadi 1 minggu terlama dalam hidup gue. 

8 Juli 2007 : Pemberkatan Rumah Apa boleh buat... hari itu ada pemberkatan rumah kita. Gimanapun kondisi gue, tidak mungkin dibatalin, karna kita udah mengundang banyak orang. Mulai dari kluarga, sodara, orang2 lingkungan, sampe beberapa temen deket. Ada misa juga, dan ngundang Romo juga. Akhirnya gue cuma bisa duduk pasrah, dan berharap semua baik2 aja. Orang2 lingkungan banyak banget yang dateng, out of our expectation (makanya makanan jadi kurang, huehehe:p). Temen2 deket juga dateng, sodara2 juga. Hmmmm gue jadi hepi ktemu sama mereka. Mungkin ini cara Tuhan supaya gue hepi ya... ga kepikiran macem2.. walopun gue sempet nangis sama nyokap gue, takut si baby kenapa2. 

Month 4 – THE FIRST HEARTBEAT (kenaikan berat badan dari sblom hamil : 4 kg) 
Selanjutnya, yang ada adalah perasaan was2. 1 minggu setelah bedrest gue selesai, gue ke dokter lagi. Dan detak jantung masih blom terdengar juga. Dokter suruh dateng 1 minggu lagi. Selama 1 minggu itu, yang ada adalah perasaan waspada yang luar biasa. Apa yang terjadi... my baby, are you ok? Knapa detak jantungnya blom terdengar? Padahal gue baca di buku2, di web2, 3 bulan harusnya udah terdengar. Akhirnya Alex dan gue memutuskan... klo detak jantung blom terdengar, dan gue harus istirahat tambahan, I’ll take the unpaid leave. Entah itu sebulan, dua bulan.. pokoknya we’ll do anything to save the baby. Dan kita juga udah sepakat.. apapun hasilnya, bagaimanapun kondisinya, apapun hasil periksa dokter hari ini, kita akan menerima nya. But you know... deep inside my heart, I can still feel the baby. He/she’s still alive. Cuma mungkin gue dan Alex harus bersabar… untuk dapat mendengar detak jantungnya. Pas di dokter, anehnya, gue ga deg2an lagi. Gue udah bener2 menyerahkannya sama Tuhan. And you know what… finally we can hear the heartbeat!!!!!!!! The baby’s heart is beating!! Wow.. that’s amazing… really. Hiks.. langsung deh gue berkaca2. He/she’s exist... good job, babe:) Kebayang ga lo.. ada kehidupan lain di perut lo.. ada janin yang sedang bertumbuh di rahim lo.. ada miniatur lo atau suami lo! Ada mahluk mungil, hasil buah cinta lo dan suami lo! Ada seseorang yang tidak berdaya, dan menggantungkan seluruh hidupnya sama lo! Klo elo makan, dia ikut makan. Dia minum smua yang lo minum. Dia ngrasain apa yang lo rasain... Pantesssss.. akhir2 ini klo mam ribs, kok gue doyan banget??? Itu pasti karna baby nya... *dasar! Itu emang lo aja yang rakus!* PS : Mual2 dan allday sickness nya mah teteuppp.... 
Foto ini diambil waktu married nya Koko di Gereja, 16 Sept 2007, the pregnancy was 4.5 month

.. koko's wedd ..
Month 5 – Makaaannnn…. Huehehehe:p (kenaikan berat badan dari sblom hamil : 6 kg) 
Gue ga pernah lagi sulit makan. Mual udah jaranggggg bangetttt. Sebaliknya, makanan apapun rasanya bisa masuk ke perut gue. Pernah suatu kali gue kelaperan banget.. dan gue kebayang bisa mam 1 paket whooper di BK (plus big portion of french fries), mie bintang gading ukuran besar, double scoop of ice cream, beef lasagna pizza hut… hmmm nyammmm…. :p 
Here's my pic, on my 5.5 month pregnancy

.. ray's wedd ..


16 Agustus 2007 : The First Met 
Ari ini, rasanya bahagiaaaa bangettttt... Ga nyesel deh sakit2:p Sore2 ke dokter (karna udah jadwalnya..), dan di-USG. Detak jantung terdengar udah mulai keras.. kaya orang deg2an gitu, lucu deh:) Trus pas di-USG.. my God.. he/she’s there.. complete with head, hands, legs, feet.. Tangannya ga kliatan jelas, agak menempel di badan (posisi nya kaya telungkup gitu.. persis sperti yang gue liat di buku2). Dan kaki nya.. nendang2 gitu.. lucu bangeetttt :) Wahh, kok blom kerasa tendangannya ya? Kata Dokter, karna masih kecil.. klo udah 5 bulan lebih, baru bisa kerasa tendangannya. 
Duuhhh.. baru ngliat gambarnya di layar monitor yang ga gitu jelas aja, rasanya udah seneng.. klo udah lahir beneran, rasanya sperti apa, ya? Hey little baby, here’s mommy & daddy.. looking at you, love…. 

6 September 2007 : The First Move 
Rasanya hari ini patut dicatet dalam sejarah:p Besok suami gue harus ke Jogja untuk meeting kantor. Sperti biasa, tiap malem kita ajak ngobrol si baby. Alex nempelin kepalanya ke perut (gendut) gue:p ”Besok Daddy harus ke Jogja ya… kamu baik2 sama mommy ya. Hari Minggu Daddy udah pulang, bisa ngobrol sama baby lagi.” Tau2.... duk!! Wahhhh... dia bergerak! Bukan hanya bergerak.. tapi nendang! Rasanya nendang sekuat tenaga! My God... kita langsung kaget. Terserah mo dibilang norak atau kampungan, tapi gue bener2 seneng banget. 
Slama ini cuma liat di USG klo dia bergerak2.. tapi blom pernah ngerasain. Dan malem ini, tau2 dia nendang kenceng banget! Huaaaaa..... langsung deh hari itu bobo sambil tersenyum sampe pagi:p 

Month 6 – Masih makan… (kenaikan berat badan dari sblom hamil : 8 kg) 
Another Worries : 8 Oktober 2007 
Tanggal 5 Oktober, gue ke dokter untuk kontrol bulanan, sambil berharap jenis kelamin bayi bisa ketauan hari ini. Ga tau knapa, dari sejak di kantor, baby gue jarang banget bergerak. Dieeemmm aja. Padahal mommy-nya lagi ulang taun... Pas USG, masih blom jelas jenis kelaminnya, blom bisa dipastikan. Tapi yang jadi concern gue bukan itu. Gue lebih concern sama tidak adanya gerakan bayi. My baby, whats up with you? Are you ok? Biasanya dia aktif, nendang kesana-kesini. Atau at least, he/she moved, at least once, seen in the monitor. Tapi knapa pas di-USG itu, dia cool banget, ya? 
“Detak jantungnya masih kenceng, Bu,” begitu kata dokter, berusaha mengurangi kekuatiran gue. Tapi tetep aja.. ibu mana yang ga kuatir klo ada apa2 terjadi sama anaknya? Apalagi anak ini masih ada di dalam perut? Btw, makan gue smakin menggila niy… gila yahhhh.. rasanya tiap 2 jem skali, gue mesti ngemil. Beli di koperasi... minum susu lah, beli kue lah, makan lontong, roti atau pastel. Mama kan tiap hari bawain gue bekal makan siang, tapi yang terjadi adalah : - Pagi gue sarapan (roti setakep & susu hamil) - Jem 10 : mam bekal Mama - Jem 12 : lunch - Jem 3 : ngemil - Jem 5 : ngemil - Jem 7 : dinner - Jem 8 : yoghurt - Jem 9 : susu hamil Gila yah, gimana ga mo jadi babi, coba?

Ini foto gue waktu hamil 6.5 bulan, mancung ya bow, perut nya?


No comments: