Friday, May 30, 2008

BECOMING a real WOMAN
(dedicated to my mom : I love you very very much!) 


Setelah ngrasain hamil, melahirkan, ngurus anak, ngurus kerjaan, skaligus ngurus rumah, gue baru ngrasain susahnya jadi cewek. Cewek/wanita/perempuan ternyata dituntut jadi mahluk serba bisa. Elo harus bisa jadi istri yang bisa ngurus suami lo, ibu yang bisa gede-in anak lo, karyawan yang perform di kantor, ibu rumah tangga yang oke (termasuk majikan yang baik & pengertian), dan seribu peran2 laennya (such as : temen curhat yang baik, konselor yang slalu ada buat klien lo, etc). Gue sangsi banget, gue bisa ngelaksanain itu smua.

Have I told you, kadang gue suka nangis ndiri klo malem… wondering mana bisa gue punya seribu peran kaya gitu? Pada saat badan sendiri rasanya masih amburadul, elo kudu diemin anak lo yang nangis meraung2, nyiapin makan malem suami lo, trus ada PR dari kantor, plus ternyata minyak goreng di rumah abis. Lengkap deh smua, huehehe:p 

Nyokap gue, adalah orang yang bisa melaksanakan smua perannya dengan (hampir) sempurna. Punya 3 anak, jadi karyawan yang baik di kantor, istri yang bisa ngurus suami, dan ngurus rumah juga. Gue inget.. dulu waktu masih kecil, saat smua temen2 gue klo pulang skolah disambut atau dijemput nyokapnya (waktu jaman itu, ibu2 banyakkan jadi ibu rumah tangga), gue cuma nebeng tante gue, atau dijemput pembantu.. rasanya sediiihhh banget. Nyokap gue ngakalin itu dengan telpon gue sehari entah brapa kali, dan selepas pulang kantor, ga ada lagi waktu untuk ngurusin kantor.. smua waktu diabisin ma kluarga, sampe waktu bobo. 

Jadi cewek, ternyata berat ya…. Beda sama cowok, yang sbagian besar peran sbagai kepala kluarga & pencari nafkah (I didn’t say it was easy to be a man. Yakin kok, sama sulitnya, tapi dipandang dari sisi beda. Yah, at least klo jadi cowok, ga akan disalahin klo dapur kotor atau anak nangis karna dah 3 hari ga bisa pup). 

Berikut daftar dosa cewek yang berperan ganda jadi mami/karyawati/ibu rumah tangga : 

Kulit anak merah2 akibat bentol2  mami nya ga becus mandiin anaknya 
Ruam2 akibat popok  pasti mami nya males, makanya dipakein pampers 24 jem (suer, Key cuma pake pampers klo bobo malem doang..) 
Anak nangis mulu spanjang malem  maminya pasti males bangun buat gendong 
Kerjaan kantor ga beres  emang ngapain aja? Bobo klo di kantor? 
Anak buah di kantor stress  dasar atasan nya tuh ga bisa coaching
Performance di kantor menurun  pasti gara2 dah punya baby niy... 
Sabun cuci piring abis  si nyonya rumah ga pernah ke dapur, sampe sabun abis aja ga tau 
Makanan disemutin  nyonya rumahnya males, smua dikasih ke pembantu 
Pembantu minta brenti  majikan nya pelit 

Huhuhu... my God, ternyata jadi istri, ibu, plus nyonya rumah tuh susah amat yaaaaa.... rasanya gue stress, mo nangis klo bayangin itu smua. Blom lagi ngurus suami & ngurus diri lo ndiri.... trutama klo lo ga mo lagi liat sapi atau kudanil ndut tiap kali ngaca:p 

Pernah satu hari... rasanya semua serba amburadul. Hari itu entah knapa Keyla super rewel. Nangis mulu, ga mo ditaro. Digendong terus, harus jalan pula.. jadi digoyang2 gitu, baru diem dia. Udah bobo pules, tapi pas ditaro, langsung bangun lagi & nangis. Jadi deh gue gendongin terus seharian. Ga kerasa, tau2 udah jem 4 sore. Abis mandiin Keyla, perut gue keroncongan, baru nyadar klo gue blom makan dari pagi. 

Serasa blom cukup, pembantu gue hari itu bilang dia mo pulang kampung, karna ada sodara nya yang nikah. My God, langsung lemes deh gue. Malemnya, pas Keyla udah bobo, gue langsung nangis. Rasanya amburadul banget... badan gue sakit semua, tangan pegel, perut melilit, kepala pusing, mual2, mata berkunang2, lengkap deh. Trus klo pembantu pulang gimana coba... bisa apa gue? Ngurus anak aja udah ngabisin tenaga dan waktu gue, apalagi harus ngurus rumah juga? Huhuhuhu... knapa siy serba berantakan? Gue ibu yang buruk, majikan yang ga bisa apa2, nyonya rumah yang bolot, istri yang ga perhatian juga, huhuhuhuhu.... Mana bisa gue jalanin smua itu... boro2 ngurus diri sendiri. 

Anyway... bulan demi bulan berlalu (blog ini gue tulis waktu Key lagi bobo siang dalam posisi tengkurep , jaminan bobo lama & pules:p). Ternyata, gue masih hidup, masih sehat. Ternyata dunia ga runtuh. Walopun mpot2an, rumah gue masih berdiri:p Pelan2 keadaan mulai membaik. Keyla baik2 aja, makin sering bikin ketawa dan suka sok ngerti klo diajak ngobrol:) Rumah gue ga roboh... pembantu gue ga jadi pulang, karna udah nitip uang ke sodaranya. Suami gue masih sama beratnya (klopun dia kurang gizi atau kurang diurus, gue ber-asumsi beratnya turun:p) Dan dapur gue, masih bisa berfungsi semestinya. Yah emang siy, kapan waktu tuh coklat mesis pernah abis, trus beras pernah abis sampe kosong banget... tapi udah ga separah dulu. Minyak, beras, unik pernik sarapannya Alex (roti dll), mulai bisa gue pantau. Kapan abis, yang mana yang harus beli, dll. 

Dan gue? Huehehe.. walopun rontok, gue masih bisa ktawa lebar tiap hari. Hidup gue masih sama, malah gue dikasih bonus sama Tuhan : bisa nyiumin & melukkin Key tiap hari, ngliatin dia ketawa, ngliatin betapa hepi nya dia klo dikasih mimi, nangisnya dia klo pas bajunya dilucutin (pertanda dia mo mandi:p).. God, its so amazing. Tuhan udah memberikan hadiah buat gue. Kebahagiaan memiliki anak, lengkap dengan segala perubahan yang tadinya gue pikir ga akan mampu gue lewatin. Tapi Tuhan udah mengatur semua nya. Dia tau gue akan sanggup ngelewatin ini semua. Dia tau gue bisa melakukannya. Tinggal nunggu 1 peran gue yang akan dateng : kerja. Mudah2an peran2 ini bisa berjalan seimbang, sperti nyokap gue. 

She’s a perfect mom, ecellent housewive, good employee. I love you mom, more than ever.

No comments: