Tuesday, May 13, 2008

Baby Blues Syndrome

BABY BLUES SYNDROME 

Lo pasti udah pernah denger baby blues syndrome (= sindrom abis ngelahirin, ditandai dengan perasaan sedih, ga berdaya, stress, dll dll...) Awalnya gue yakin, gue ga akan ngalamin sidrom itu. Sindrom itu biasa dialami oleh cewek/ibu yang kurang dapet mentally support dari lingkungannya. Mungkin suaminya terlalu cuek, orang tua rese, mertua sok ngatur, atau financially problem sperti mikirin biaya rumah sakit, biaya beli susu, dll. 

Slama hamil, gue yakin, gue ga akan ngalamin sindrom itu. Suami gue baik, orang tua & mertua gue oke, dan walopun tidak sangat berkelebihan, gue toh ga kekurangan apapun. 

Tapi ternyata? 
Diawali ketika baru aja ngelahirin... masih di rumah sakit. Anak gue nangis meraung2, sementara gue ga bisa nyusuin karna puting susu gue luka dan berdarah. My God, rasanya sedih banget... lo tau anak lo membutuhkan sesuatu, tapi ga bisa lo kasih. Blom lagi keadaan badan gue yang rasanya rontok smua. Pegel, sakit, ngilu. Makanan yang harus bener2 dijaga (padahal gue udah bayangin, abis ngelahirin bakal makan enak2 tanpa harus pantang sperti klo lagi hamil), istirahat juga sulit karna di rumah sakit slalu ada tamu, dari pagi sampe malem. (Jangan salah tangkep ya.. gue seneng kok dijenguk banyak orang, artinya banyak yang perhatian sama gue). 

Malem pertama, dilalui dengan aman, huehehe:p Alex masih cuti, dan kita masih lumayan banyak dibantu suster2. Gue bisa nyusuin (tapi ga tau apa ASI klaur apa ga, klo kluar seberapa banyak), so keadaan masih aman terkendali. 

Malem kedua, dilalui bukan dengan aman, tapi dengan amburadul:p Puting susu gue mulai luka, karna digigit Key. Entah karna posisi menyusui yang salah, atau Key yang gemes karna ASI gue kluar dikit. Pagi sampe sore, Key kalem. Tapi malemnya, dia rewel banget.. tiap setengah jem nangis dan minta mimi. Gue masih bisa nyusuin dia. 

Malem ketiga, bisa dibilang sangat amburadul:p Puting susu gue berdarah2. Terpaksa tetep nyusuin Key, karna dia minta mimi terus. Merinding, nahan sakit dan akhirnya nangis, itu yang terjadi. Tapi teteup gue kekeuh nyusuin dia. Malemnya, bener2 rewel banget dia. Gue udah ga sanggup nyusuin lagi, karna badan gue meriang, demam, keringet dingin, dan puting susu gue sakit banget. Akhirnya gue cuma bisa bengong dan gantian gendongin dia sama Alex. Dan..., sindrom itu muncul. Gue nangis dan rasanya sedih banget. Campuran antara ga berdaya, ngrasa ga berguna, payah.... 

You know what, pas mo pulang dari RS, susternya kan bilang, ”Sampe ketemu lagi taun depan ya, Bu.” What? Next year? Another baby? Ga janji deeehhhh:p Ketika udah pulang ke rumah, sindrom itu muncul lagi. Badan gue masih meriang ditambah batuk-pilek, Key nangis minta digendong, tukang sayur yang ga lewat sehingga pembantu gue ga bisa blanja, dan ga ada makanan buat malem.. ditambah lagi sepanci ayam jahe yang kudu gue abisin dalam sehari.. its a full package deh pokoke:p 

Blom lagi perut mules2 dan darah sperti mens masih kluar. Trus ga bisa pup slama 4 hari, bikin perut gue sakit, tapi mo ngeden takut juga.. ngrasa kaya mo melahirkan lagi, huehehe:) So ternyata, the syndrome called baby blues, it does exist

Buat ibu2 yang akan atau baru aja ngelahirin, sindrom itu emang ada. Elo capek lahir-batin abis ngelahirin, dan dalam kondisi capek, pikiran negatif mudah muncul. Tapi mungkin bisa diatasin dengan slalu mikir positif. Klo ternyata susah dan sindrom itu menghampiri kalian juga, ya ditrima aja. Pasrah, sampe akhirnya dia berlalu sendiri. Tetep sayangin anak lo, tapi jangan lupa nyayangin diri lo ndiri juga. 

Buat suami2 yang istrinya akan atau baru aja ngelahirin.. sumpah, support lo perlu bangeeettt buat istri lo. Jangan pernah ninggalin dia pada saat dia baru nglahirin, jangan pernah nanya dokter brapa jaitan yang istri lo dapet (someone said.. itu sama aja dengan klo ada orang tanya, brapa cm ukuran penis lo..), jangan pernah nyalahin dia klo baby nangis atau rewel, jangan pernah bilang dia gendut, dan seribu jangan2 lainnya. Intinya, jangan biarin dia punya pikiran negatif tentang dirinya sendiri. Jangan tanya knapa dia suka bt tanpa sebab, nangis tanpa sebab, dll dll. Jangan DIHAKIMI, tapi DIMENGERTI. 

Dan buat ibu2 yang pernah ngalamin baby blues syndrome & udah ngelewatinnya... ayooooo kita bantuin temen2 yang lagi stress mo ngelahirin, atau sedih karna baru abis melahirkan. Ayooo yakinin mereka klo sindrom itu normal, dan akan segera berlalu. Ayooo yakinin mereka untuk bersyukur atas karunia besar yang baru mereka trima, yaitu bayi. 

God Bless You.

No comments: