Tuesday, May 13, 2008

Month 7 - 9

Month 7
Siapa siy sapi gendut di kaca itu? (kenaikan berat badan dari sblom hamil : 10.5 kg)

Pelan tapi pasti, berat badan gue merayap naik. Tau2 celana hamil gue yang dulu kegedean semua, kok skarang jadi pas yah? Padahal udah di kancingin yang paling longgar??? Pelan tapi pasti juga, tiap kali gue ngaca, pasti akhirnya jadi bengong... Ini siapa ya??? Gue.. kok kaya sapi yaaa, gendut bangettt???? Mirip2 busung lapar juga, soalnya perut gendut banget, huehehe.. 

Di bulan ke-7 ini, ga terlalu banyak masalah. Makan lancar (itu mah pastiiii..), bobo lancar.... paling kaki kram dan tulang blakang pegel2, karna beban udah mulai berat kali ya? Kaki bengkak, tapi masih oke2 aja. Ga terlalu masalah buat gue. Paling tiap malem kebangun dan jadi nangis gara2 kram nya terlalu sakit. Tapi diluar itu, rasanya tetep hepi, mo nyambut si baby:)
Here's my 7th month pregnancy pic


Month 8 – KETIKA GATAL itu TAK BOLEH DIGARUK 
(kenaikan berat badan dari sblom hamil : 14 kg) 
Di bulan ke-8 ini, gue kembali diingetkan akan jasa seorang ibu kepada anaknya. Niat gue untuk punya baby juga kembali diuji. Bukan karna gue jadi jerawatan akibat hormon brantakan.. ga terlalu pusing klo soal itu. Bukan juga karna rambut gue rontok. Tapi.... sepanjang hari, dari leher sampe kaki gue, gatel2 semua. Kulit beruntusan, keluar bentol2 kecil.. sampe gue kuatir, jangan2 gue kena cacar atau penyakit kulit sejenisnya. 
”Jangan digaruk... nanti bekasnya ga bisa ilang.” 
”Itu kan awal mula stretchmark.. itu loh, garis2 di perut semasa hamil, dan akan ada seumur hidup lo.” 
”Klo gatel2 itu, artinya si baby lagi numbuh rambut....” 
”Namanya juga peregangan kulit.. jangan digaruk, nanti bekasnya kliatan..” 

Huhuhu.. iyaaa, ga boleh digaruk.. tapi mana tahan:p Pake olive oil, pake mustella cream (yang amit2 mahalnya itu, padahal cuma 1 botol!), baby oil, sampe aer daun sirih, gue jabanin... ga ada yang sembuh, hiks... Pake aer daun sirih lumayan ngangetin, tapi ga terbukti menyembuhkan.. hanya sedikit mengurangi gatel2. Gue, sadar ga sadar, ”terpaksa” menggaruk smua gatel2 di badan gue... sampe suatu ketika gue ngaca .. my God, knapa badan gue jadi kaya gini? Garis2 merah melintang dimana2, kulit kering mengelupas dimana2.. apa yang terjadi klo garis2 melintang itu ga bisa ilang? Pernah gue ga bisa bobo sampe 3 pagi karna gatel2. Mo digaruk, takut merah2nya tambah banyak. Mo ga digaruk, nahan gatelnya sampe kluar air mata & bulu kuduk merinding semua. Akibatnya, kepala jadi pusing dan masuk angin gara2 ga bobo. 

Tau2 gue bisa nangis pas malem2... nahanin gatel yang kaya gini, lebih parah daripada sekedar mual atau pusing. Klo mual atau pusing, elo masih bisa bobo. Bisa minum air anget trus bobo. Tapi klo gatel.. dibawa bobo ga bisa, didiemin ga bisa. Maunya dipakein balsem atau minyak angin yang pedes, tapi ksian baby nya klo dia merasa kepedesan atau kepanasan. Apa bener, dia mo numbuh rambut? Kok gatelnya bisa sampe leher gue? Klo di perut doang, masih mending... Blom lagi kram2 kaki dan tulang blakang yang slalu pegel tiap harinya. Beban di perut smakin nambah, kerja tulang & kaki juga. Kaki gue jadi kaya tales Bogor, bengkak gede banget:p Udah beli sendal 1 nomor di atas nomor biasa, tapi teteup sempit:p Tidur pun ga enak. Telentang salah, karna tulang blakang jadi sakit banget. Hadap kiri salah, karna kaki lo tau2 kram. Hadap kanan salah juga, karna nindih si baby (dia lebih suka di kanan kayanya). Blom lagi gerakan si baby yang bisa kapan aja ribut:p Bobo ga pernah pules jadinya... thank God, gue kebo. Jadi kapanpun kebangun, gue ga akan terlalu sulit untuk bobo lagi:p 

But... smua itu berkurang, pada saat elo ngerasain ada gerakan di perut lo. Gatel2 itu masih terasa, tapi masih bisa ditahan waktu si baby bergerak (entah pantatnya, kakinya, atau tangannya?). Air mata masih menetes, tapi untuk alasan yang berbeda. Kram2 kaki walopun masih sanggup bikin nangis, tapi gerakan si baby membuat elo terhibur. Dia, bayi elo, yang ada di dalam perut lo, mungkin mencoba bilang, ”Sabar yah mami, aku sebentar lagi kluar kok....” atau jangan2 dia sedih karna merasa udah membuat mami nya menderita. For that beautiful reason, feels like i dont mind to be pregnant again, for my second kids, huehehe:p 

Di bulan ini, gue mulai blanja2 keperluan baby. Blanja pertama, popok, baju2 & celana newborn baby. Trus kedua, beli lotion2nya, dari mulai shampoo, sabun, baby lotion, baby cologne, selimut, alas ompol. Ketiga, baskom mandi, maternity pad, newborn pampers.... udah 3x blanja, rasanya masiihhhh aja ada yang kurang. Masih blom beli minyak telon, breast pad, guling... untungnya baby box, kasur, seprei & bumper udah ada yang beliin:p Jadi deh di kamar & rumah gue kaya kapal pecah:p Di sebelah TV ada baby box, baskom mandi yang ditindihin bantal2. Plus gue harus merelakan sbagian baju2 gue masuk koper untuk di-replace dengan baju2 baby:) 

Di week 32 ini juga, gue mulai senam hamil. Huehehe.. lucu loh... sekumpulan ibu2 ndut bergerak2 ngikutin instrukturnya. Saat itu gue tau, gue ga sendirian:) Si ibu A gatel2 tapi ga pernah kram.. si ibu B suka kram tapi tulang blakangnya ga pernah sakit.. si ibu C masih mual sampe kehamilan 8 bulan, tapi ga pernah gatel2.. walopun cuma gue yang dapet paket komplit (mual, pusing, kram, tulang blakang, kaki bengkak, gatel2). Lagian, Tuhan pasti memilih orang yang tepat untuk dikasih paket komplit itu kaaannn:p (menghibur diri) 

Month 9 
(kenaikan berat badan dari sblom hamil : 18 kg) 
Menjelang bulan 9 berjalan, teteup dengan kegendutan, ke-sensitif-an dan kegatelan gue, rasanya excited deh menyambut penghuni baru yang sekarang gerakannya udah semakin ”menggila” di perut gue. Perut gue tuh, bisa tau2 mencong kiri, mencong kanan, huehehe... Masih teteup dengan kaki kram, tulang blakang sakit, kaki bengkak dan sakit. Masih teteup dengan brantakannya rumah dan unik pernik baby dimana2. Tapi.. kali ini ada sedikit perasaan cemas menghantui. Bisa ga ya, gue melahirkan normal... sperti apa ya rasanya.. sakit banget ga ya? Sperti apa baby gue ya… apa gue akan melahirkan pagi, siang, sore atau malem? Kapan gue harus cuti yah.. gimana kerjaan gue? Gimana klo gue mules2 pada saat suami gue masih di kantor… gimana klo gue pecah ketuban pada saat di lift… dan seribu kecemasan lainnya… mengakibatkan mimpi buruk hampir slalu dateng tiap kali gue bobo. Blom lagi gue sempet kebanyakan baca buku dan denger crita aneh2, jadi ngebayangin orang yang dinding rahimnya robek, yang jahitan vagina nya lepas, pendarahan absi2an, ya ampuuuunn deh pokoknya:p Sampe akhirnya gue tiba di satu titik : KEPASRAHAN. Gue milih untuk pasrah aja sama Tuhan. Gue milih untuk menyerahkan smuanya sama Dia. Apapun yang terjadi, gue yakin Dia udah mempersiapkan smuanya untuk gue.

No comments: