Friday, May 30, 2008

(RIWAYAT) MENYUSUI


Riwayat menyusui gue, bisa dibilang ga terlalu bagus. Awalnya gue optimis bisa ASI exclusive minimal 6 bulan, bahkan klo bisa 1 taun. Sejak usia kandungan 7 bulan, gue rajin massage payudara (untuk selanjutnya disebut PD, huehehe), dan menjelang kelahiran baby, udah kluar setetes2 air susu nya. Jadi ga kuatir deh, pasti air susu gue banyak. 
Hari pertama setelah melahirkan, diawali dengan inisiasi dini yang mengharukan itu (read the previous blog), tidak terlalu masalah. Tiap kali Key nangis tapi popoknya kering, artinya dia minta mimi. Agak perih di awal, tapi ga papa kok. Yang penting Key bisa mimi (ga tau udah kluar apa blom air susu nya ya), tapi pastinya dia diem kok klo dikasih, huehehe.... 
Hari kedua, makin perih di puting susu nya. Mungkin karna posisi menyusui yang salah di hari pertama dan itu berlangsung sepanjang hari (note : sepanjang hari itu, dia bisa berpuluh kali minta mimi, walopun bentar2). Malemnya, tiap kali nyusuin, air mata gue kluar mulu, ga kuat nahan perihnya. Plus kayanya ASI kluarnya masih dikit2, sementara Key udah aus banget, jadi dia gregetan, makin deh digigit2. Hari ketiga, kluar darah tiap kali nyusuin. Ditambah dengan badan panas-dingin dan ngilu2, gue masih niat nyusuin dia. Dapet salep untuk ngobatin luka di PD, tetep aja perih minta ampun pas nyusuin. Tiap kali mulai nyusuin, pasti gue sesegukan ga kuat nahan sakit nya, huhuhu.. (dasar cengeng lo, Yan!) Pas malem, ga kuat nyusuin lagi, sementara Key nangis2 mulu kehausan. Ditambah lagi Key kuning, jadi harus banyak mimi, biar kuningnya kluar lewat pipis. 
Akhirnya gue mutusin untuk kasih dia susu formula. Sumpah, gue sedih banget saat itu. Tuhan, kok gue jahat amat jadi ibu, ya? Udah bagus2 dikasih PD buat nyusuin, malah gue kasih dia susu formula? Huhuhu… Key minum susu formula dengan lahap. Akhirnya dia bobo tenang, dan kuningnya thank God ga tambah parah, karna dia banyak minum & banyak pipis. 

Sampe di rumah, luka di PD masih blom sembuh. Ada trauma juga mo nyusuin lagi, takut berdarah lagi. Jadi gue pompa PD gue. Perih, tapi setetes demi setetes masih bisa kluar. Awalnya 10 cc doang tiap mompa, yang jelas2 ga cukup sama skali buat Key, cuma cukup buat cuci mulut doang. Tiap 2 jem gue mompa, masing2 mompa kira2 1-1,5 jem. Capek, iya, capek banget... PD sakit, pinggang & punggung pegel. Mana gue pake acara batuk-pilek-demam (cuaca kurang bersahabat yah... yeeee, dasar lo Yan, nyalahin cuaca lagi!), tapi namanya juga demi anak:) 
Dan gue sama skali ga keberatan melakukan itu. Jadi hari2 gue di rumah, sbagian besar waktu abis buat mompa PD. Bener kata orang, makin sering dipompa, makin banyak kluarnya. Dari 10cc, 20cc, 30cc, 40, 50, hingga akhirnya bisa nyampe 60cc skali mompa. Wah rasanya hepi banget loh, ngliat air susu banyak. Tapi teteup, napsu mimi nya si Key ga bisa dikejar. Gue mompa 1 jem dapet 60cc, sementara dosisnya dia udah 80cc setiap 2-3 jem skali. Mana kadang klo gue lagi terlalu capek, cuma bisa dapet 30cc doang, yang cuma jadi pencuci mulut buat Key. Jadi akhirnya gue campur, antara ASI dan formula. Dalam hati gue, tetep ada hasrat buat nyusuin dia langsung, dan kasih ASI exclusive buat dia. Lo tau kan, kadang gue idealis banget orangnya. Walopun Alex, orang tua dan mertua gue fine2 aja ASI dicampur formula buat Key, gue tetep pengen kasih ASI full buat dia. Dan gue tau, klo gue mompa, ga akan kekejar waktunya. 
Jadi gue mulai nyusuin dia lagi. Menekan sgala rasa takut gue, dan ingetan gue akan rasa sakit itu, gue nyusuin dia lagi. Awalnya takut2. Masih sakit, tapi lama2 terbiasa dengan rasa sakit itu. Semakin sakit, karna Key udah terbiasa minum dari botol yang notabene jauh lebih gampang daripada nyusu langsung. Ga usah usaha juga, susunya turun sendiri klo di botol. Sementara klo nyusu dari PD langsung, dia harus usaha sekuat tenaga. Blom tentu kluarnya banyak (wong mompa aja perlu 1 jem buat menghasilkan 70cc:p). Kadang dia gregetan, kok kluarnya dikit banget, ga kaya biasanya (botol)... jadi dia gigit2 & tarik2 PD gue... minta ampun rasanya:p 
Tapi namanya niat, gue tetep coba dan coba, sampe akhirnya ditarik dan digigit pun rasanya udah biasa aja, paling perih2 dikit, huehehe... Gue tetep mompa 1x sehari, untuk jem 3-4 pagi klo dia bangun.. soalnya biasanya gue udah teler klo kudu nyusuin dia lagi jem segitu, jadi hasil pompa gue kasih jem2 dinihari itu. Slaen itu, gue juga dikasih ramuan2 -entah apa namanya itu- buat banyakkin air susu. Dari mulai jamu, rebusan daun katuk & daun pepaya (rasanya gilaaaa... mantep!), sampe ramuan2 cina. 

Dan 1 bulan setelah Key lahir, tepatnya 3 Maret, Key dinyatakan bebas susu formula alias mulai ASI exclusive, huehehe... Know what... nyusuin itu indah banget, loh. Perih2 itu kebales deh sama ngliatin tampang dia klo lagi nyusu. Kliatan banget dia enjoy dengan nyusuin sambil dipelukin, dibelai2 rambutnya, dibisikkin, dinyanyiin.. blom lagi klo abis nyusuin, kadang dia bersuara apa gitu.. gue anggep aja dia bilang ”makacih mami, udah dikasih cucu”, huehehe.... 

Untuk para mami baru yang baby nya hobi menggigit, sehingga PD kalian luka.. sabar yaaaa.. ada resep khusus, diolesin aja pake ASI, trus besoknya udah sembuh. Come on mommy, you can do it.. tetep dikasih ASI nya ya.. bayangin tampangnya dia waktu nyusu dengan nikmat, asli kebales tuh nyeri2:p Untuk para mami yang ASInya dikit… ayoooo tetep brusaha yaaa! Percaya ga percaya, smua datengnya dari pikiran. Percaya aja, klo ASI lo banyak. Percaya klo ASI lo akan mencukupi kebutuhan mimi si baby, dan itu akan terjadi:) Positive thinking (walopun sulit di awal2), banyak mam (itu siy gue ga usah dikasih tau lagi:p), banyak minum, banyak ketawa, dan pelukkin si baby tiap hari, ASI lo akan mengucur deras:) Untuk para mami yang kasih susu formula ke baby nya… pilihan yang sulit ya? Ga papa kok. Gue ga akan nyalahin kalian, gue yakin kalian punya alasan sendiri. Ngerti banget klo nyusuin dan mompa itu perih banget, pedih banget, bikin trauma. Yang penting baby sehat, ga kurang mimi, dan tetep deket sama si baby emotionally.. tul ga? Untuk para mami yang kasih ASI exclusive ke baby nya sampe minimal 6 bulan : SALUT! :)

No comments: