Thursday, September 29, 2005

LIFE IS ABOUT THE WAY YOU SEE IT

“Dian, elo kan enak. Ga pernah ngerasain susahnya idup.” ”Pernah ga, elo kesepian? Ga pernah kan?” ”Apa elo pernah ngalamin kaya gue, yang buat besok aja, ga tau bisa makan apa enggak?” ”Elo itu, anak yang udah beruntung dari sananya. Sgala sisi idup lo kayanya indah.” ”Kayanya banyak banget yang sayang sama elo, banyak banget yang bantuin elo.”

Obrolan panjang dengan beberapa temen (yang ngerasa idup nya tidak seberuntung gue), bikin gue mikir, ”life is about the way you see it”. Let me tell you....

“Dian, elo kan enak. Ga pernah ngerasain susahnya idup.” Siapa bilang? Siapa bilang?

”Pernah ga, elo kesepian? Ga pernah kan?” Oke oke.. gue emang ga pernah kesepian. Tapi, bukan karena gue ga pernah sendirian loh. Adakalanya gue sendirian juga. Its just about the way you handle time and situation when you’re alone. Alone is not equal as lonely. Sendirian itu fakta, tapi kesepian itu CUMA sugesti. Yang bisa nentuin elo kesepian atau enggak, cuma elo sendiri.

Gue ga pernah kesepian saat gue sendirian. Gue bisa denger musik2 klasik kesayangan gue, denger musik2 meditasi yang bikin tenang, plus aromatherapy jasmine kesukaan gue. Kadang2 klo gue lagi sendirian, gue bisa mikirin berbagai hal yang biasanya hampir ga pernah terlintas. Ada banyak hal, dari yang nyenengin, sampe yang sedih. Dan biasanya gue milih untuk mikirin hal2 yang bikin hepi aja sih:p Iyalah, buat apa mikirin hal2 ribet yang bikin idup makin ribet.. Jadi, klo elo sendirian, ga harus kesepian kan?

”Apa elo pernah ngalamin kaya gue, yang buat besok aja, ga tau bisa makan apa ga?” Ga se-ekstrim itu sih, gue masih bisa makan. Tapi SIAPA BILANG, gue ga pernah ngalamin kesulitan ekonomi?I was there, in many times.. in my difficult days. Waktu papi meninggal, kita bertiga (koko, gue, dede), blom ada yang kelar sekolah. Koko masih kuliah, gue baru jadi mahasiswa, dede baru masuk SMA. Emang sih Mami kerja, tapi buat ngebiayain skolah 3 anak.... can you imagine?

Jangankan mikir yang indah2, kita even ga tau, apa bisa terus kuliah apa enggak. Gue inget, waktu itu dede pernah nanya gue, ”Ci, trus kalo ga ada papi, kita gimana dong? Masih bisa sekolah?” Gue sadar sih, sbagai anak yang lebih tua, gue mestinya nenangin dede, ngeyakinin dia klo kita pasti baik2 aja. Tapi trus terang, waktu itu gue juga ga tau jawabannya apa. Gue juga ga tau, kita masih bisa sekolah apa enggak.

Tapi lagi2, terima kasih Tuhan, Dia nyediain jalan. Ada aja jalanNya.. Yang pasti, walopun idup kita ga mewah, tapi cukup. Dia udah nyiapin sgalanya, untuk mencukupi hari2 kita. Dan satu2 karunia Dia mulai terlihat. Karunia pertama, gue disadarin, klo gue punya keluarga yang oke banget. Gue punya Mami super (she’s an angel wonder woman:p), yang tabah dan ga ngoyo dalam kesedihan, yang ga malu nangis tapi juga brani melangkah dengan 4 pasang kaki (sepasang kakinya sendiri, dan 3 pasang kaki anak2nya).... Gue punya koko yang tanggung jawabnya gede banget juga dede yang ga banyak menuntut. Akhirnya kita bertiga lulus (dan untung nya on time, hehe..), dapet kerja. Walopun karir ga setinggi2 apa, minimal kita bisa ngidupin diri masing2 lahJ

”Elo itu, anak yang udah beruntung dari sananya. Sgala sisi idup lo kayanya indah.” SIAPA BILANG... idup gue ga slalu indah, kaleeee...Mmmmmm.. pernah ga, patah hati trus besoknya elo liat cowok yang elo sayang, udah berdua2an lagi ama cewek laen? Pernah ga, elo ngrasa jadi cewek paling jelek sedunia, pada saat elo liat ternyata cewek baru mantan elo itu, jauuhh lebih cantik daripada elo? Pernah ga, sahabat terbaik elo, yang elo percaya banget, tau2 ngejauhin elo, hanya gara2 satu mahluk yang namanya cowok? Pernah ga, salah satu orang penting buat elo, mikir jelek tentang elo, hanya karena dia denger berita2 negatif tentang elo? Pernah ga, elo ditikam dari belakang sama temen lo sendiri? Pernah ga, saking lamanya elo jomblo, ada yang nyangkain elo ga normal? *padahal, being jomblo or not, itu kan pilihan yaaa à pembelaan diri:p* Pernah ga, elo dituduh atas sesuatu yang ga pernah elo perbuat? Pernah ga, elo terpaksa harus ngasih berita buruk ke orang? Padahal berita buruk itu bukan keputusan elo? Pernah ga, elo diancem orang? Bener2 diancem... karena ada orang yang sakit hati? Pernah ga, elo terpaksa mutusin jalan nafkah seseorang, padahal elo tau, dia punya anak yang masih kecil, dan istrinya lagi hamil besar?

”Kayanya banyak banget yang sayang sama elo, banyak banget yang bantuin elo.”

Hm.. in a side, yes. Gue punya keluarga yang top, temen2 yang care banget. But in the other side, ada juga loh, yang jahatin gue. Gue juga banyak ngalamin peristiwa yang ga ngenakkin. Coba ya, gue inget2… mmmm..

Ada yang pernah bongkar2 rahasia gue, sampe gue malu beraaatt… Ada yang siriiikkk banget sama gue, sampe ngomong hal2 jelek tentang gue ke orang2, padahal gue ga ngerasa melakukan itu . Ada yang berusaha menjegal tiap langkah gue, karena ga ingin gue lebih dari dia. Gara2 pindah bagian di kantor, gue turun jabatan. Bukan itu sih yang bikin sedih (karena itu kan resiko gue pindah), tapi beberapa kejadian ”menyedihkan” terjadi mengikuti itu. Ada yang berusaha mencarikan jodoh buat gue. Kirain sih karena perhatian.. ternyataaaa, karena takut gue ngerebut cowoknya.. *enggak banget deh..*

And you know what.. pada saat2 gue ngalamin itu semua, gue juga sedih. Gue kan manusia juga (rocker juga manusia..:p, punya rasa punya hati, jangan samakan dengan..pisau belati.. Huaaa.. jadi inget JUDIKA pas final Idol di JCC. Go Mike! à Diaaan, mulai deh, ngelantur kemana2).

Well intinya sih, gue juga orang biasa, yang klo dijahatin orang, bisa kesel, bisa sedih, bisa marah, bisa punya pikiran2 negatif, bisa ngamuk, dan bisa punya pikiran jahat sama orang juga (Cuma malaikat.. yang kalo ditimpuk, ga ada niat buat bales nimpuk..)

Tau ga, kalo ketemu orang yang nyebelin, suka kaya di Ally Mc Beal gitu. Suka ngebayangin nyirem orang pake susu segelas, suka pengen nimpuk orang pake kursi, atau masukin dia ke tempat sampah, atau ngebayangin asik juga kalo tiba2 dia kesandung atau apa:p à jahat juga kan gue... Hehehe...

Tapi.. back to reality, there are always two sides of everything. Biasanya, pikiran gue yang satu lagi suka mendominasi. Misalnya… daripada buat nyirem orang, mending susu nya gue kasih Edia (soalnya gue ga suka susu). Daripada kursi nya buat nimpuk orang, mending buat gue duduk.. sayang dong, kursi bagus2 buat nimpuk orang nyebelin kaya gitu. Daripada masukin dia ke tempat sampah, mending timpuk aja dia pake tempat sampah nya (loh.. sama aja dong:p), mending tempat sampahnya gue bawa pulang, buat taro di kamar, apalagi klo bentuknya lucu (yeeeee, klepto nya kumat deh...). Nah jadi.. mending tuh orang yang nyebelin, kesandung aja.. (Dian, jaim dikit dong!! Buat ditaro di blog kan???)

Oke deh, serius serius...

Hmmm.. ya gue sih, merasa rugi aja, klo gue harus mikirin cara supaya bales ngejahatin orang itu. Gue harus buang2 waktu gue buat mikirin orang nyebelin kaya gitu, males banget ga sih? Orang yang nyebelin itu, sama skali ga penting.. dan masih banyak hal2 penting laennya, yang harus gue pikirin, daripada sekedar mikirin orang itu.

Ditambah lagi, gue orangnya super cuek. Elo mo berbuat jahat sama gue, mo bikin gue kesel, mo bikin gue bt? Mungkin berhasil, tapi bentar aja ya. Gue ngerasa rugi, pusing2 mikirin hal2 nyebelin kaya gitu. Life is so so short. Mending waktu gue yang berharga ini, gue pake buat mikirin hal2 indah, hal2 positif, yang bikin gue hepi.

Misalnya… mo ngumpulin duit buat bayarin Mami jalan2 (makanya jangan boros2 dong). Mo jadi penulis terkenal, yang punya novel laris. Mo punya anak2 yang manis2 dan lucu2 (tapi Dian, cari Bapaknya dulu ya!:p). Itu hal2 besarnya.

Hal2 kecilnya? Mmmm.. jauh lebih banyak. Mo liat2 baju di mall (Cuma liat2 doang sih, tapi bisa bikin hepi loh, walopun ga beli), mo bikin Natal taun ini jauh lebih indah (I love Xmas so much.. did I tell you?), mo kliling2 ama Ali & Arip buat nyari kontrakan buat Arip, mo blajar soal wedding biar bisa bantuin Peg di WO nya, mo senam rutin tiap Selasa & Kamis (bukan supaya body nya bagus atau supaya sehat.. buat hepi2 aja sih:p), mo dateng ke acaranya KABELVISION nanti malem, mo hepi2 ama anak2 pas MDP besok (sumpah deh, yang kali ini rada maksa.. MDP gitu loh..), dll dll.

You see, banyaaakkk banget hal2 yang jauuhh lebih penting, jauh lebih nyenengin, daripada sekedar mikirin orang2 yang bikin elo bt, sedih, marah, mo ngamuk, mo nimpuk. Dengan mikirin hal2 indah itu, I guarantee, elo akan lebih banyak senyum. Dan tiap kali kita senyum (with note : senyum itu harus dari hati ya, bukan di bibir doang.. klo di bibir doang, namanya senyum maksa..), semua energi positif akan keluar dari tubuh kita. Aura kita juga bakal jadi positif, so orang bakal hepi and comfort aja deket2 kita. Sekali lagi, senyum itu bakal bikin umur kita makin panjang.

Jadiiii, klo gue banyak senyum, sama skali bukan karena gue ga pernah punya masalah. Klo gue kliatan slalu hepi, bukan karena idup gue slalu indah. My life is just like yours, probably. But the way I face it, the way I see it, that makes mine looks better than yours.

No comments: