Tuesday, September 06, 2005

Vie : “Dian! Taun ini kan elu udah mo 26! Masa blom mau pacaran juga?” Ijus : ”Cowok itu ga ada yang perfect say, semua pasti ada kekurangannya. Jadi jangan terlalu milih ya.” Vinot : ”Ayo dong Di, gue sama Dewi kan udah.. tinggal elo ama Ijus nih yang blom.” Mami : ”Jangan terlalu milih. Kesempatan ga dateng dua kali.” Dewi : ”Elo harus berani nyoba, Di. Jangan kebayang sama trauma masa lalu terus.” Ko Igo : ”Ngapain sih masih mikirin orang yang jelas-jelas ga mikirin kita!” Ama : “Dian, kapan dong calonnya dikenalin ke Ama?” Tintin : ”Dian honey, ngapain sih elo masih suka inget sama that jerk that made you really really sad!” Terry : “He’s a jerk! How can you see him from the other side? The stupid side?” Christine : “Cici sayang, udah 6 taun berjalan… jangan sampe cici keasikan jomblo yah, karena aku tau cici sangat menikmati masa2 jomblo cici.” Chief Rubby : “Perasaan udah lamaaa sekali jomblo nya…” Christian : “Gue malah seneng nih elo masih jomblo aja. Jadi kalo gue balik indo, ada yang nemenin gue jalan2. soalnya terakhir kali elo pacaran, cowok lo jeles-an gitu..” Hendri : “Elo terlalu pemilih sih, Di!” Soso Lina : “Yan, mana nih… Dian kan temennya banyak, masa ga ada?” Donny : “Perfect girl like you, nyari perfect guy juga ya?” Omi : “Di, masa dari pengagum2 lo itu, ga ada yangkut sama skali? Dasar cewek ga punya hati.. dasar Xena!” Leon : ”Mungkin lo terlalu pemilih, Dian....”

Well.. guys, thanks for the attention:)

Gila ya, ga kerasa udah 6 taun gue jomblo. Gue ngakuin banget, kalo semua “petuah2 “ di atas itu absolutely right! Ga ada gunanya gue masih mikirin seseorang yang udah bikin gue sakit hati, yang pernah bikin gue sedih, yang pernah bikin gue ngerasa jadi cewek paling buruk sedunia, yang bikin gue takut pacaran sampe sekarang, dan yang pasti.. bikin gue ga pernah suka sama cowok lagi selama 6 taun ini *gimana sih, rasanya jatuh cinta? Gue sampe udah lupa:p*

Tapi… gue ga akan pernah nyalahin dia. He’s a great guy, actually. Hanya aja… mungkin ada sesuatu dalam hubungan kita yang ga beres. Walopun gue ga tau itu apa, tapi pasti gue ada salah juga. Dan lagi.. masa orang yang baik seperti dia, ga bisa buat salah ? Atau mungkin.. kesalahan dia, karena dia dulu deketin dan jadian sama gue? Probably, but I hope notJ Karena apapun yang udah terjadi sama gue dan dia dulu, gue ga pernah menyesal, not even a bit.

Dengan segala plus minus nya, dia pernah mengisi hidup gue (walopun cuma 11 bulan, ya?). Dia pernah jadi orang yang paling gue sayang (mungkin masih, sampe sekarang? Ga ngerti juga..), dia pernah bikin gue hepi. Dia ngajarin gue apa itu cinta, ngajarin gue apa itu pengorbanan, dan hal2 hebat lainnya. Dia juga bikin gue lebih tegas, lebih dewasa. Dia bahkan bikin gue lebih tegar, dengan caranya sendiri. Dulu ga kebayang, gue bakal sekuat ini, setelah dia pergi. Tapi Tuhan bikin gue tegar dan bisa tetap berjalan, dengan caraNya yang indah. Dia memberikan rahmatNya lewat keluarga gue yang amazing, temen2 yang begitu care sama gue. Dia nunjukkin, walopun gue harus kehilangan satu orang yang gue sayang, ada seribu orang yang juga sayang sama gue.

Terus terang, di satu sisi, kadang gue suka kepikir juga… Saat temen2 gue satu2 mulai pacaran, merit, punya anak, dan gue masih begini2 aja. Masih jomblooo juga.. sampe2 AZCUM klo ketemu gue, pasti pertama yang ditanya, ‘Pls dont say you’re still single until now !’, dan gue selalu bilang ‘iya, gue masih jomblo’. Malah temen2 yang lebih muda dari gue, udah siap2 ngelangkah ke jenjang suci yang diberkati Tuhan itu.

Tapi.. you know what.. gue ga pernah ngerasa sirik sama mereka, sedikit pun. Thank God, I feel so happy for them. Gue seneng liat orang2 yang deket sama gue, finally found their soulmate. Dan kebahagiaan mereka, bikin gue semakin yakin, kalo gue akan segera ketemu sama soulmate gue juga.

Jujur, gue hepi banget sama hidup gue sekarang. Walopun gue jomblo, gue ga pernah kesepian, dan gue seneeengg banget, soalnya gue kan tipe orang yang bawel, ribut, dan ga bisa sendirian deh pokoknya, huehehe.. Gue seneng, karena setiap saat gue akan sendirian, pasti ada temen yang ngajakin pergi. Kadang cuma sekedar makan bareng, nonton, atau ngider2 Jakarta. Makanya gue bilang juga apa, Tuhan tuh bener2 baik sama gue. Walopun gue ga taat2 amat, ke Greja juga ga tiap minggu, tapi gue selalu percaya, Dia akan ngatur semuanya buat gue.

Gue bahkan ga pernah menyesali setiap keputusan yang udah gue buat, in this case, dalam soal asmara. Si ini bilang gue bego karena gue ga mau sama si A, si itu bilang gue terlalu pemilih karena ga mau sama si B. Ada juga yang bilang gue perfectionist, dll dll.

Gue juga bisa nyari cowok cuma buat ngelupain cowok yang dulu. Mungkin untuk sebagian orang yang berhasil, it will be a nice ending. Tapi kalo ga berhasil gimana? Gue bakal nyakitin 1 orang yang ga berdosa dong.... Gue tau rasanya disakitin, so gue berharap gue ga akan jadi tokoh antagonis yang bisa nyakitin orang....

Hm.. soal milih2, mungkin itu bener. Tapi, kalo perfectionist, gue rasa sih enggak ya. Mungkin elo pikir gue gila… but I do believe in love. And destiny. Gue percaya, kalo kita ketemu jodoh itu, ada tandanya. Ada “nyetrum” nya.. that kind of feeling,.. you know.

“Lo terlalu idealis sih, Yan. Cinta itu ga selamanya ada. Cinta itu kadang ada cuma sesaat. Marriage is not just about love. Marriage itu, how you keep the commitment with your partner of life.”

“Jangan muna deh. Hari gini, masih nyari cinta. Emangnya bayar listrik, bayar rekening koran, bayar anak sekolah, bisa pake cinta?”

”Ga usah neko-neko, Yan. Yang penting orangnya baik dan bisa ngidupin kita. Selebihnya, tutup mata aja.”

Hm, bukannya gue ga setuju sama pendapat2 itu. Mungkin ada benernya juga. Mungkin bener, 10 taun setelah merit, cinta itu memudar, atau bahkan ilang sama skali. Tinggal gimana kita manage komitmen itu sama pasangan. Mungkin bener, cinta ga bisa buat bayar berbagai macem tagihan dan keperluan lain. Tapi.. how can you deal a commitment with someone you dont love? So love is really exist, right?

Cinta itu…dasar dari segala2nya. Cinta itu, bisa bikin elo jadi orang yang lebih baik. Cinta itu, bisa bikin sesuatu yang tadinya ga ada, jadi ada.

Cinta itu, bukan tentang cakep/jelek, pinter/goblok, juga kaya/miskin. Cinta itu, kalo elo ngerasa seneng, cuma karena ada di deket dia, even if he didnt say anything. Cinta itu, bisa menerima hampir semua untolerable things (Cuma hampir loh.. ga semua) Cinta itu, bikin kita lebih hidup. It keeps you alive.

Jadi... kalo gue masih menjomblo sekarang, mmmm.. mungkin bener gue masih takut untuk mulai hubungan baru. Mungkin bener, trauma itu masih sedikit menghantui. Tapi di balik itu.. gue cuma blom menemukan seseorang yang tepat. Bukan seseorang yang cakep, pinter, tajir, atau apa.. tapi seseorang yang dengan segala plus minus nya, bisa bikin gue ngerasa aman, ngerasa hepi, dan ngerasa ”setruman listrik” di hati gue. The heart wont lie, I know.. I just know. Thats why, gue ga nyesel ga pernah jadian sampe saat ini... kalo hati gue bilang enggak, artinya ya enggak, ga bisa dipaksa.

Mungkin bolot, karena gue ga bisa mencintai pake otak. Cuma bisa pake hati. But thats the way I chose. Dan gue yakin, siapapun dia, soulmate gue itu, pasti lagi dipoles, seperti gue juga lagi dipoles sekarang ini… Tuhan lagi membentuk kita sama2 di tempat dan cara yang berbeda.. sehingga kalo kita ketemu nanti, it could be the perfect time, in His time:)

No comments: