Tuesday, October 30, 2007

MENJADI PINTAR

Menjadi pintar itu, bisa dengan berbagai cara. Salah satu cara yang terjadi di tempat kerja gue adalah.. dengan belajar scara sembunyi2. Knapa sembunyi2? Hmmm jadi begini critanya.
Ada seorang temen gue yang lucu banget.. critanya ngumpet2 blajar sesuatu. Padahal gue pernah bilang sama dia.. ”klo ada training tentang ______, kasih tau gue yah. Gue mo ikutan juga.”
Intinya, gue minta diajak klo ada training atau pelajaran soal sesuatu hal itu. Tapi yang terjadi adalah... dia blajar sendiri, ”agak” sembunyi2. Dan sperti biasa, tanpa bermaksud mencari tau, ketauan sama gue, dongggg... hihihi... (asliiii, gue ga berusaha cari2 tau koookkk:p). Semua serba kebetulan. Tuhan emang baik.. jadi gue kan bisa cari pelajaran soal itu sendiri, tanpa harus nungguin bintang yang tak kunjung jatuh dari langit:) Cara lain dengan menjadi pintar adalah... dengan ngajarin orang laen. Jauh banget yah, dengan cara yang pertama tadi?
Cara kedua ini, gue temuin di sahabat gue juga.
Dia bilang gini, “Dengan ngajarin orang laen, lo akan jadi makin pinter. Soalnya klo ngajarin orang, scara ga langsung, elo akan ngulang2 ilmu itu, jadi lo akan makin inget. Plus... lo bisa minta dia bantuin lo, klo dia udah bisa. Itu kan bisa ringanin kerjaan lo... Lagian klo lo bagi ilmu lo, orang ga akan segen bagi ilmu juga ke elo.” (kcuali klo itu adalah orang yang ga tau diri, ga mo bales budi!) Hm.... singkat, tapi membuat gue berpikir. Kedua cara tadi, beda banget ya? Sama2 berusaha membuat diri lebih pinter. Tapi yang pertama, cara nya lebih “ga asik”. Mo pinter sendiri, padahal jelas2 orang laen juga butuh ilmunya.
Klo elo... cara mana yang bakal lo pilih?

No comments: