Monday, October 22, 2007

BEST FRIENDS

BEST FRIENDS ??? What does “best friends” mean to you? Baru2 ini, ada kesalah pahaman terjadi sama beberapa sahabat gue. Benernya siy, bukan cerita baru. Akar masalah udah ada sejak lama. Masalahnya adalah karna sejak merit, gue ga pernah bisa ikutan pergi sama beberapa sahabat gue. Padahal dulu, sepulang kantor, kita sering pergi bareng, sekedar mam atau shopping bareng, atau crita2 aja. Tapi skarang, mereka kerap pergi tanpa gue.

Emangnya knapa Yan, lo ga mau pergi sama mereka lagi? Bukannya gue ga mau.. sumpah, deh. I miss them too, and miss the times we had shared together. Tapi masalahnya.. they often go after office hours in the weekdays. Sdangkan kondisi gue, lo tau ndiri. Pertama, sejak hamil kan gue ga bawa mobil lagi ke kantor… trus gue mo pulang sama siapa? Alex klo pulang kerja malem, masa mo gue suruh jemput lagi ke Gading? Dari Sudirman kan jauh.... Blom lagi macetnya itu, yang kadang bisa ngabisin 1.5 – 2 jem di jalan, gue ksian sama dia. Trus klo dia pulang kantor jem 9, masa gue mo ampe jem 10 nungguin di mall? Jalan2 dikit aja udah bengkak. Bisa2 kaki gue jadi bengkak segede tempat sampah:p Atau mo minta nyokap jemput di mall? Wah itu mah lebih ga mungkin lagi:)

Kedua, tau dong.. keadaan gue sejak hamil. Emang ga separah di awal, waktu kehamilan gue bermasalah. Skarang keadaan gue much better, tapi tetep aja. Udah bagus gue masih bisa ngantor dari pagi sampe malem. Udah bagus gue ga harus bed rest lagi. Klo harus pergi2 malem lagi abis ngantor, mana gue kuat? Ini aja, sampe rumah gue paling tinggal beres2, trus tepar deh kecapekan (dasar males lo, Yan:p) Benernya, mereka emang pernah ngajakin pergi pas weekend siy.. tapi entah knapa, gue slalu ga bisa. Pas kbtulan ada acara kluarga, pas Oma gue ulang taun, atau pas gue lagi sakit. Selalu tidak tepat emang.. tapi itu juga bukan maunya gue, hiks... the time always wrong..
”Elo berubah, sejak merit. Ga punya waktu buat kita lagi.” Yes, I am. Gue emang berubah. Tepatnya bukan sejak merit, tapi sejak hamil (sama aja yah.. wong langsung hamil kok, huehehe:p). Tapi gue emang harus berubah, karna situasi gue udah berbeda.

Kondisi gue kurang baik, cepet capek, sempet kluar flek (dan berbagai masalah lainnya), yang menyebabkan energi gue juga merosot. Ada banyak aktifitas yang dulu sering gue lakukan, skarang ga bisa gue lakukan lagi.
Tapi gue tidak pernah menyesali kehamilan gue. Being pregnant is the most incredible gift. Kehamilan gue adalah prioritas utama gue. Inget AZCUM?

Kita udah bertemen 12 taun lebih. Pas kuliah masih agak sering ktemu, gitu juga pas kerja. Tapi lama2 satu per satu personilnya pada merit dan punya anak, kita jadi jarang ktemu. Terutama gue, untuk skarang2 ini. Tiap kali mereka pergi malem, gue ga pernah ikut SAMA SEKALI. Dan mereka ngerti alesan gue. Jadi klo mereka mau pergi malem, udah tau dengan konsekuensi gue ga ikutan, and they dont mind at all.
Kalo mereka pengen gue ikut, biasanya ngejadwalin pergi siang.. itu pun gue jarang ikut juga:p
Tapi untungnya, mereka ga pernah menghakimi gue. Ga pernah.... (atau gue dihakimi, tapi gue ga tau ya, huehehe:p). Anggota AZCUM ada 12 orang, dan the only way we communicate is by email. Kita email2 hampir tiap hari, bisa crita macem2, bisa curhat apa aja. Tanpa pernah mereka marah sama gue, gara2 gue ga pernah bisa ikutan pergi.
”Mungkin kita emang ga penting buat lo. Kita hanya beberapa orang dari sekian banyak temen2 lo. Tapi lo penting buat kita.” Maca ciy, gue penting buat kalian? Apa kalian inget ulang taun gue? Huehehehe.. *kidding*. Walopun udah tersebar kemana2, AZCUM aja inget lohhh, ulang taun gue, huehehe.. (Dian, ga boleh banding2in orang!).
You guys are important for me, too. Malah pas koko gue merit kmaren, cuma kalian yang gue undang. Dan jangan kira gue ga pernah berusaha untuk tetep deket sama kalian. Coba inget2, gue pernah email kalian, tapi apa kalian bales? Gue pernah ngajakin lunch bareng, tapi apa kalian bisa? Gue udah bilang gue ga bisa pergi malem, dan gue coba cari solusi nya dengan lunch bareng.. tapi waktu spertinya blom berjodoh.
Kalian udah tau gue ga bisa pergi malem, tapi tetep ngajakin pergi malem terus, dan kesel klo gue ga bisa ikutan… tanpa berpikir solusi lain? Itu mah sampe jaman jebot juga, gue ga akan bisa ikutan pergi:) Gue udah coba berkomunikasi dengan kalian dengan cara lain, tapi klo itu tidak efektif, apa itu semua salah gue?

Gue pernah ngajakin kalian kumpul pas liburan, dan kalian udah setuju. Tapi ketika tanggal janjian ktemu dimajuin, dan gue masih diluar kota, knapa gue lagi yang disalahin? Bukannya gue udah pernah bilang, gue mo kluar kota.. dan kita udah sepakat untuk ktemu di hari terakhir liburan? Apa kalian pernah coba ngertiin gue? Klo untuk jalan pun skarang, gue susah? Apa kalian mo ngerti, pinggang gue slalu ngilu, kaki gue slalu kram, klo dibuat jalan? (Tapi pinggang ngilu & kaki kram itu, adalah pengalaman indah tersendiri buat gue :p) Apa kalian pernah mo denger alesan gue? Biasanya klo kalian ngajak pergi dan gue bilang ”ga bisa”, biasanya kalian langsung bilang ”udah pasti ga bisa lah dia”, huehehe.... yaaahhh percuma dong gue mo jelasin apa, coba:p Mending gue diem aja:) The problem is… its always me. Mau apapun alesan gue, mo sperti apapun kondisi gue, klo gue ga bisa ktemuan, pasti gue yang salah. Awal2 gue masih berusaha bilang.. tapi lately, gue udah males. Capek, dan akan bikin kesel juga pada akhirnya. Karna lagi2 ktemuannya malem2, dimana gue ga bisa. So klo mereka ngajak pergi malem, gue diem aja. Daripada klo gue kluarin alesan yang sama, pasti akan disindir2 lagi. Mungkin persepsi kita tentang “temen baik” emang berbeda. Menurut gue, “temen baik” adalah orang yang bisa dijadikan tempat untuk berbagi. Bukan menghakimi, tapi mengerti. “Temen baik” tidak dilihat dari seberapa sering elo menghabiskan waktu bersamanya, tapi dari seberapa siap elo menolong dia klo ada kesulitan. Begitu pun sebaliknya. “Temen baik” tidak dilihat dari kuantitas lama peremanan, tapi dari kualitasnya. “Temen baik” tidak suka saling membicarakan dan kasak-kusuk di belakang, tapi mau saling mendengarkan. ”Temen baik” tidak harus sering2 ktemu untuk bertukar crita, tapi mencoba cara lain untuk berkomunikasi. Mencoba mencari solusi, atas setiap permasalahan yang dihadapi. But still, gue tetep menganggap mereka temen baik gue. Banyak waktu yang udah diabisin bareng2. Banyak crita yang udah dibagi sama2. Gue sangat menghargai apa yang pernah mereka lakukan buat gue. Mereka sangat berarti buat gue. They were there, in my darkest time.

Sori ya, klo gue mungkin bukan temen yang baik. Gue juga udah introspeksi dan coba ngerti, apa yang bikin mereka kesel. Walopun akal sehat gue masih susah trima, tapi gue juga pengen bisa ngertiin mereka, ga cuma menghakimi doang kaya skarang:p (Ngaca dong, Yan…)
Walopun gue udah usaha sabar2 & diem aja, tapi ada saatnya emosi gue naek juga (inget2 lagi hamil, ga boleh emosian:p), tapi pada akhirnya, gue coba inget2 hal2 menyenangkan yang dulu pernah gue laluin sama2 mereka. And deep inside my heart, they’re still my best friend. Jadi gue akan bertindak biasa2 aja, sperti ga ada apa2. Gue akan sperti Dian yang biasa, yang cuek dan tidak terlalu peduli dengan hal2 salah paham kecil.
Sedangkan gue, mo dianggep temen atau bukan, itu ada di tangan mereka.

No comments: