Friday, February 23, 2007

CARI MUKA

“Sini gue tolong!” 
“Mau gue bantuin, ga?” 
“Gue bantuin, ya?” 
“Nanti gue bantuin ya, tenang aja.” 
“Aku udah bilang mo bantuin dia, tapi dia ga mau.” 


Kalimat2 itu indah banget ya? Iya bener. Terdengar indah klo aja diucapkan dengan tulus, dan ga diucapkan di depan orang2 banyak, hanya untuk menarik simpati atau ingin diliat orang. Ada seseorang yang gue kenal seperti itu. Klo emang bener mo ngebantu, knapa smua orang harus tau? Knapa harus diucapkan dengan suara keras, biar smua orang denger? Klo gue boleh sebutin salah satu hal yang paling gue benci di dunia ini : cari muka alias menjilat. Klo elo emang bener mo bantu, ga usah deh ngomong2 di depan orang banyak. Langsung aja bantu. Smakin sedikit orang yang tau elo bantu, smakin baik. Itu artinya elo emang beneran baik hati. Elo ga mau ada satu pihak (dalam hal ini : orang yang elo mo bantu), yang terlihat lemah. 
Klo elo mo bantu seseorang, dengan bilang2 di depan smua orang, “gue mo bantu dia”, meaning elo bukannya beneran mo nolong, tapi mo smua orang tau klo elo berniat membantu. Either nantinya elo beneran nolong atau enggak, yang penting smua orang tau klo elo itu orang baik, suka nolongin orang. 


Ngapain siy Yan, elo ngurusin urusan orang? Biasanya kan lo cuek? Iya iya, emang bukan urusan gue. Mo nolongin siapa aja kek, terserah. Tapi ketika gue liat itu berkali2, dan itu terjadi juga sama gue, gue jadi bt. Ini apaan siy… mo nolong kok bilang2. Mo bantu aja, pake bikin pengumuman dulu. Jadi inget artis2 yang berebut ngasih sumbangan ke korban banjir, berebut ngumpulin sumbangan (beneran disalurkan ga tuh sumbangannya, atau berebut bikin pers conference, AS LONG AS ada kamera TV disitu. Duhhh.. padahal siy klo mo beneran nolong, ga usah deh sampe bilang2 gitu. 


Mending contoh Rano Karno tuh. Yang bukannya hanya 1x nolong dengan beli beberapa nasi bungkus trus di-shoot kamera, tapi dengan membuat garasi rumahnya jadi posko. Posko yang tiap ari bisa masak indomie atau bikin nasi bungkus, buat 100 orang pengungsi. Kliatan gitu loh, bentuk konkritnya. Dan kamera TV yang akhirnya ngejar dia, nge-shoot garasi rumahnya. Bukannya sbagian artis woro-wiri sok repot ngasih sumbangan 50 nasi bungkus (cuma 1 hari aja, besok juga dah lupa), trus di-shoot berkali2, dan disiarin di infotainment yang beda2 sepanjang hari, dari pagi ampe sore (salah lo ndiri, udah tau infotainment tuh basi, dan beritanya sama terus, masih aja ditonton). 


Gue juga punya banyak kesalahan dalam idup. Sama skali jauh dari suci. Tapi at least, gue tetep jadi diri gue sendiri. Ga perlu jadi diri orang laen, untuk cari selamat. Ga perlu menjilat atasan atau cari muka di depan orang laen, untuk cari aman. Gue udah pernah jatuh dari posisi atas ke bawah, so posisi sama skali ga penting buat gue. Yang penting adalah berjalan lurus, di jalur gue sendiri. Walopun nama gue tidak terdengar cemerlang sperti nama kbanyakan orang, walopun gue suka ketus dan jutek, walopun bagi sbagian orang gue sangat menyebalkan (bukan sbagian orang kali.. tapi smua orang, huehehe:p), walopun gue lemot (hiksssss…), walopun meja kerja gue brantakan abis… as long as gue berjalan di jalan gue sendiri, tidak cari muka dan jauh dari menjilat, gue akan lebih bangga. 


Daripada hasil kerja gue cemerlang, atau gue jadi most wanted in the company, daripada smua orang tau klo gue pinter, tapi gue menjilat dan suka cari muka, menjegal orang laen untuk sampai di puncak, rasanya gue jadi ga ada apa2nya. Rasanya gue jadi seperti sampah. Bukan cuma sekedar sampah, tapi sampah yang keinjek-injek. Gue berharap, di tempat kerja gue skarang ini, di tempat yang seharusnya banyak orang baik (tapi ternyata ada yang suka cari muka dan menjilat..grrrrrr!! Walopun jumlahnya mungkin tak sebanyak di tempat laen. Moga2 tidak semakin bertambah..)… cari muka dan jaga image, bukan lah satu2nya cara untuk cari selamat. Mudah2an, kita ga usah sampe cari muka dan menjilat, buat cari aman. Karna klo udah sampe kaya gitu, gue akan jadi makin kurus, dan kurus, dan kurus… lalu menghilang! Grrrrrr!! *gregetan mode*

No comments: