Sunday, February 04, 2007

HARGA DIRI

Barusan nonton film JOMBLO. 
Gosh.. I love it so much
Dari awal dia kluar di bioskop.. kaya setitik air di padang gurun gitu.. liat fim indo yang bagus, lucu, kreatif dan apa adanya.. ga sperti film2 indo laen yang serem2 dan garing (maap jika menyinggung pihak lain… tanpa maksud kok..) Di salah satu adegan.. Critanya ada 1 cewek (widi), naksir sama donny (christian sugijono.. stop! already taken by titi kamal, huehe:p). Donny udah punya cewek di luar kota. Widi ini adalah temen kuliahnya dia, yang ngejar2 dia mulu, padahal jelas2 tau klo donny udah punya cewek, dan cinta banget sama ceweknya itu. Sahabat donny (=olip), naksir sama widi. Ini juga yang bikin donny males deket2 sama widi. Adegan berikut, ketika sblom nya widi mergokin donny mengindari dia. Berikut percakapan mereka. Ga persis siy, tapi kira2 kaya gini deh. 
Widi : Don.. knapa? 
Donny : Gue udah punya cewek. 
Widi : Cewek lo kan ga perlu tau. (damn… gals, watch out! Huehehe…) 
Donny : Ga bisa begitu. Gue harus mikirin perasaan cewek gue. Dan prasaan olip. 
Widi : Tapi lo udah nyakitin perasaan gue. 
Donny : Apa boleh buat… daripada gue nyakitin prasaan cewek gue dan sahabat gue? 


Singkat ya, tapi begitu banyak makna nya.

Bicara soal harga diri…

Ngliat beberapa fenomena yang (kbtulan) gue tau, ada banyak cewek yang rela mengorbankan harga dirinya, demi ngejar2 cowok. Ada yang sperti widi. Ngaku terang2an dia suka sama cowok itu, even cowoknya bilang dia udah punya cewek. Malah jelas2 widi bilang, “cewek lo ga perlu tau”.. buset.. Ada juga yang ngejar2 cowok dengan cara nelpon2in tiap ari, sms-in sehari 3x, ngedeketin kluarga nya, buang2 uang banyak demi ngdapetin cowok itu, ck ck ck… dunia udah kebalik kali ya? 


The Questions
Gals, do you really love him? Atau kalian berbuat itu, hanya untuk ego kalian? Sblom bertindak lebih jauh.. ayo coba tanya sama hati lo. Sebenernya, elo beneran cinta sama cowok ini, atau elo mau banget dapetin dia hanya untuk ego elo? Misalnya : untuk bales dendam, untuk ngebuktiin klo elo bisa dapetin dia, untuk bikin dia jatuh cinta sama lo, atau lo sakit hati dia milih cewek laen? Klo jawaban elo adalah yang kedua, mungkin better elo nglupain niat lo itu. Ga ada guna nya, ngejar2 cowok, cuma buat buktiin ego dan eksistensi lo. Lo bakal capek sendiri. Tapi klo jawaban dari pertanyaan di atas adalah : elo beneran cinta sama dia.. Maka pertanyaan kedua adalah : apakah dia udah terikat? Apakah dia udah punya cewek, udah mo merit, atau bahkan udah merit?

The Rules
Klo dia blom punya cowok, jia yo!!! Tetep smangat ya! Elo bisa pdkt dengan tenang, tanpa prasaan bersalah. Just remember… jangan pernah merendahkan diri lo di hadapan dia. Rendah hati is a must, tapi klo sampe ngerendahin diri sendiri, ga deh ya.
Tapi klo dia udah punya cewek, hmmm… Kata orang, “jangan menyerah sblom janur kuning melambai..” Correct. If you think its right, go ahead. Just.. do it with ethics. (Huh, ngejar cowok aja pake etika? Maksud lo apa siy, Yan?) Maksud gue.. lakukan itu dengan fair. Jangan menghalalkan sgala cara buat dapetin cowok itu. Misalnya : menyusun fakta boong tentang ceweknya, fitnah, atau malah menggunakan sex buat dapetin cowok itu. Come on gals.. we’re born with dignity. We all have self esteem! Kmana smua tuh lari nya? Jangan ngejar2 dia sampe jatuh bangun, tanpa mikirin diri lo sendiri. Cinta itu, harus berasal dari 2 pihak. Klo sampe bertepuk sblah tangan, apalagi dia udah jelas2 memilih orang lain (kaya donny yang lebih mikirin prasaan ceweknya daripada prasaan widi), mungkin elo harus berpikir ulang. Jangan korbankan harga diri lo. Elo itu cewek, yang punya harga diri, dengan sgala kelebihan dan kekurangan elo. Apa dia pantas untuk membuat elo bertindak kaya gitu?


The Fact
Yan, bukannya dulu lo juga pernah nungguin mantan lo sampe 6 taun lebih? Padahal dia udah punya cewek sampe 2 kali ganti, gitu? Hmmm.. yes, I did. But… (pembelaan diri niy..), gue ga pernah gangguin dia, loh. Gue ga pernah nelpon dia (walopun sumpah, gue pengen banget.. just to hear his voice, but I didn’t!), ga pernah menghubungi dia, ga pernah membuat dia sadar akan kehadiran gue.
Karna.. buat gue, mencintai dia itu, sama dengan merelakan dia (Sounds like bullshit, right? I know..). Emang bener kok. Waktu awal juga gue ga rela sama skali, cuma gue PURA-PURA rela aja. Ada sesuatu dalam diri gue, (entah namanya apa.. mungkin harga diri ya?), yang membuat gue ga bertindak apa2. I absolutely did nothing.

Gue ngrasa, harga diri gue ada di tempat yang sepantasnya, shingga gue ga mlakukan apa2 untuk merendahkan diri gue sendiri. Gue ga ngejar2 dia, gue ga bertindak apapun, padahal gue masih sayang banget sama dia. Gue ngrasa, smakin gue bertindak untuk mendapatkan dia kembali, dia akan smakin jauh. Dia akan jadi sebel sama gue (Niy cewek apaan siy.. udah jelas2 gue ga mau sama dia, kok dia masih aja ngejar2 gue? maaaannn, masa elo rela, ada orang bilang gitu tentang elo? Walopun gue sayang sama dia, ga brarti gue harus ngerendahin diri gue sendiri kan?

Smakin gue ngejar dia, smakin gue merendahkan diri gue sendiri. Jadi ketika otak dan hati gue ga bisa diajak kompromi… biarpun hati gue bilang gue masih sayang sama dia, thank God otak gue masih cukup waras untuk tidak bertindak apa2. So, Klo elo sedang jatuh cinta atau naksir berat sama seorang cowok, (either dia sedang punya komitmen dengan orang laen atau tidak)… lakukan itu dengan cara yang elegan. Gue ga pernah bilang cara gue dulu itu elegan. Ada yang bilang gue stupid, karna nungguin dia but did nothing. Tapi.. gue masih punya harga diri, dan harga diri gue yang melarang gue mlakukan hal2 yang menurut gue ga pantes.

Berhubungan dengan kodrat.. gals, kita ini cewek, gitu loh! Terlepas dari rasa gengsi, tapi cewek itu supposed to be jadi mahluk yang kalem. Mungkin tidak harus se-pasif gue, tapi jangan lebih aktif daripada cowok kali ya? Bukannya cowok itu harusnya jadi pihak yang lebih aktif untuk pdkt ya? Terlebih lagi.. klo cowok yang elo taksir itu udah punya komitmen dengan cewek laen… hmmmm, tanpa bermaksud menggurui.. mungkin elo harus berpikir ulang. Menunggu itu ga salah. Tapi, lakukan itu dengan cara yang bener. Jangan berusaha merebut dia dari ceweknya. Jangan memaksa dia untuk menerima kehadiran lo. Jangan bikin dia ribet dengan segala macem tuntutan lo (such as : Kok elo ga pernah bales sms gue? Kok telpon gue di-reject? Kok gue cariin elo, tapi ga ada mulu?). Smakin elo melakukan itu, mungkin harga elo di mata dia, akan jatuh. Buktiin klo elo itu masih punya harga diri. Harga diri elo itu, tinggi nilainya.

Satu hal yang mesti elo inget… klo elo mutusin untuk menunggu dia, lakukan dengan terhormat. Dan klo elo mutusin untuk menunggu dia, sbaiknya elo tau, kapan elo harus brenti menunggu. Percaya sama gue… gue pernah ada di posisi itu. Gue bermaksud menunggu dia, sampe waktu tak terbatas. Tapi Tuhan nyadarin gue. Life goes on. Elo tetep harus berjalan, meskipun sebelah sayap lo mungkin udah patah, akibat terbang terlalu tinggi, atau karna sayap lo udah diambil burung laen? Tetep berjalan ya, jangan brenti. Jangan menoleh ke blakang lagi. God has His plans. Dia akan membimbing lo, itu janji Nya. Dia akan menggandeng lo, sampe elo menemukan sayap lain, yang bisa membantu lo terbang. Dan saat itu, saat elo menemukan orang lain, elo tidak akan kecewa tidak mendapatkan apa yang lo mau. Saat elo menemukan orang lain, orang yang terbaik buat elo, elo akan bersyukur sama Tuhan, karna Dia memberi lo kekuatan untuk menunggu, sampe sayap yang paling tepat itu tiba, tanpa pernah memaksa sayap lain (yang sebenarnya bukan buat elo) untuk menjadi milik lo. Crita ini untuk salah seorang sahabat gue, yang sedang menunggu. Dia tau kapan dia harus menunggu. Dan dia tau kapan dia harus berjalan lagi.

Juga untuk smua orang yang memutuskan untuk menunggu. Tunggulah dia, klo dia layak ditunggu. Tunggulah dia, tanpa pernah merendahkan diri lo sendiri. Dan berhentilah menunggu, pada saat elo mrasa harus berjalan. Terus berjalan, sampe elo menemukan yang terbaik. Gue berharap, saat itu akan segera tiba buat elo. Really. Gue berharap, elo bisa bahagia juga, sperti gue. GBU

1 comment:

blackman said...

satu2nya blog yg gak garing,always bikin gw ketawa.terusin bakat nulis lu ya yan biar bisa bikin orang terhibur dan banyak belajar tentang hidup.
dian dari waktu kuliah jadi cw impian gw ;-)
tau gini dulu gw kejar lu sampe dapet,biarpun saingannya sekampung j/k.salam buat alex yak,the lucky one