Wednesday, October 18, 2006

PERUMPAMAAN tentang BALON-BALON

Pernah ga, elo pengen banget punya balon kuning, tapi yang elo dapet malah balon ijo?
Pernah ga, elo ga mendapatkan sesuatu yang dari dulu elo impikan? Klo pernah, gimana siy rasanya? Sedih?
Kadang dalam hidup kita, kita ga mendapatkan apa yang kita mau. Segalanya mungkin ga berjalan sesuai keinginan elo. Mungkin meleset sedikit, mungkin juga bertolak belakang sama sekali. Klo elo ada di posisi itu.. dulu, ataupun sekarang, its okay to be sad. Its okay to cry. Elo boleh sedih, bt, teriak, bahkan nangis. Ga usah sok kuat. Sedih itu bukan dosa, dan nangis itu bukan karma. Klopun selama ini elo udah menjadi sosok yang kliatan tegar dan kuat, elo masih tetep boleh menangis. Istirahat sejenak dan menanggalkan jubah kekuatan lo. Dalam keadaan seperti itu, mungkin elo butuh seseorang yang tepat untuk ada di samping elo. Ngedengerin tangisan lo. Nemenin lo dalam kesedihan. Mungkin itu akan ngurangin point lo di mata dia (karena sebelumnya elo begitu tegar dan kuat, ternyata enggak sekuat itu...). Mungkin dia akan kecewa, karena ternyata elo ga se-kuat yang dia kira.

Tapi sungguh, elo itu manusia biasa juga. Sekuat apapun elo, elo tetep bisa sedih, nangis. Jangan pernah ngrasa ga enak. Jangan pernah malu untuk menangis. Dan kalo seseorang itu bukan orang yang tepat untuk jadi tempat elo menangis, berbagi segala duka lo, elo tetep punya satu kekuatan lagi. A hero, inside you, someone very strong but you’ve never realize. Cuma perlu 5 menit untuk melakukannya. Berdoa. Mungkin doa itu ga akan menyelesaikan masalah lo. Doa juga ga bikin lo jadi superhero yang bisa nyelesaiin semuanya. Tapi doa itu, bisa membuat lo tenang, lega. Mungkin doa itu, bukan obat buat semua penyakit. Tapi doa itu, membuat lo semakin kuat menghadapi penyakit lo. Mungkin doa itu, bukan jalan keluar dari semua masalah lo. Tapi elo akan bisa berpikir lebih jernih setelah melakukannya. Gue juga jarang berdoa. Kadang suka males, kadang suka lupa, kadang ketiduran (keterlaluan banget siy lo, Yan!!) Dan setelah itu, setelah elo tenang, elo akan sadar klo elo punya pilihan. Elo mo berjuang mati2an buat dapetin balon kuning lo, atau elo mo menerima balon ijo lo? Klo gue jadi elo, hmmm.. pilihan yang sulit ya? Karna situasinya pasti beda2.

Sure, gue akan sediihhh banget klo hal2 yang gue harapin, ternyata ga tercapai.. atau malah yang kejadian sebaliknya. Gue akan bt, sedih, nangis sejadi2nya, pokoknya hal2 kaya gitu deh. Seseorang di kantor bilang, ”Gue pengen kaya lo. Riang gembira, ga punya masalah apa2.” Who said that? Itu kan kliatannya doaaanggg.. ketipu loooo! Huehe... Its totally wrong. Gue tuh cengeng tauuuu... Mungkin gue kliatan cuek bebek abis, but in certain times, gue bisa mellow banget, bisa sensi banget, bisa ngamuk berat, dan saking pemikirnya, gue bisa mikirin hal2 yang sebenernya klo dipikirin makin nyakitin ati. (Ga kebayang kan lo, klo gue mikir? Huehe..)

When it happened, ketika gue berada di situasi yang sama skali ga gue harapin, rasanya mo ngamuk. Sedih, bt, hopeless. Waktu impian gue ga tercapai, rasanya sediiihh banget. Apalagi klo ngebandingin sama orang2 laen.. kok dia bisa begini, kok dia bisa begitu.. sedangkan gue? Kok dia bisa dapet kebahagiaan itu, kok dia bisa dapet hal2 yang gue inginkan, sementara gue enggak?

Knapa situasi membahagiakan itu, ga terjadi sama gue? Apa salah gue? Knapa gue yang harus nrima keadaan ini, knapa bukan mereka? Dan lo tau ga.. gue bisa nangis sampe nyaris2 keabisan napas gitu. Meraung2? Itu juga pernah, huehe.. Dan gue pernah dieeemmm, diem seribu bahasa sampe beberapa jam (buat orang bawel cerewet kaya gue, itu udah prestasi loh, huehe..). Jadi... sedih, histeris, dan nangis itu, sama skali ga dosa tau. Sama skali ga dosa (iya kan, Tuhan?:p)

Tapi temen2, jangan terlalu lama, ya? Hidup itu, cuma sekali, dan ga tau sampe brapa lama. Daripada mikirin kenapa elo ga bisa dapetin balon kuning lo, mendingan lo seneng2 sama balon ijo lo. Daripada kelamaan mikirin kenapa semuanya brantakan, mending mikirin how to fix it up. Daripada sibuk banding2in nasib lo sama nasib orang laen yang lebih bagus, better elo menikmati apa yang bisa elo dapet.
Hidup itu, bukan tentang kejatuhan. Tapi tentang gimana elo bisa bangkit setelah jatuh. Gue tau, itu susah (banget). I’ve been there, dan tau gimana rasanya. Tapi smua akan lewat, dan elo akan baik2 aja. Mungkin 1-2 taun lagi, elo akan ketawa klo inget2 peristiwa ini. Smua akan lewat, dan akan ada gantinya. Sesuatu yang (hopefully) lebih indah.
Jadi, terima dulu balon ijo lo, ya? Nikmatin dulu, dan sadarin ternyata balon ijo itu bisa sebagus balon kuning. (coba bayangin orang2 yang ga punya balon sama skali, ayooo...).
Tapi jangan apusin harapan lo buat ngedapetin balon kuning itu (well.. never stop believing, right?).
Teteplah berharap, apa yang elo impi2kan tercapai. Masih berharap sesuatu yang indah akan terjadi. Tapi accepting the fact, mungkin itu satu2nya cara buat survive. Menerima semuanya dengan penuh rasa syukur, sambil berdoa dan berharap yang terbaik. So… Percaya sama gue, elo pasti bisa:)
slamat menikmati balon ijo lo ya... keep believing:)

PS :
Ketegaran itu,
bukan tentang "tidak pernah menangis"
bukan tentang "tidak pernah berhenti"
atau "tidak pernah jatuh"
Ketegaran itu,
adalah tentang "tertawa setelah menangis"
tentang "tetap berjalan"
dan tentang "bangkit setelah jatuh"

No comments: