Monday, October 02, 2006

THE PAST

MASA LALU 


Ari ini, waktu menuju ke kantor, gue denger The Most Shocking Love Story di Hard Rock
Kisahnya menarik juga, mirip dengan crita seseorang yang pernah gue denger. 
Critanya.. Angga udah pacaran dengan Dina. Tapi mantan pacarnya, namanya Dita (punya pacar kok namanya se-tipe gitu? Kreatif dikit dong, kek:p) masih sangat demanding sama Angga. Padahal Dita udah punya cowok (or at least.. gebetan, named Tony).


Angga itu biasa jadi shoulder to cry on nya Dita. Kapanpun ada masalah, lagi kesepian, atau butuh seseorang buat diajak ngobrol, Dita selalu nelpon Angga, ngajak ktemuan. Dan Angga, slaen susah bilang ”enggak” ke Dita, dia juga sangat ingin menjadi orang baik. Segitu inginnya menjadi orang baik, sampe dia lupa menjaga perasaan Dina. Tiap kali Dita telpon ngajak ktemu dengan alasan mo curhat, Angga nyanggupin. Dita lagi sedih gara2 Tony ternyata punya cewek laen, Angga nemenin. 
And again, Dita nangis di bahu nya dia. Sementara di saat yang sama, Dina lagi bener2 pengen ktemu dia. 
Gue ga tau ending nya kaya apa, soalnya udah keburu nyampe kantor. (Sial.. klo lagi seru kaya gitu, kok ga macet ya? Jadi nyampe kantornya cepet.. huehe..) 


Anyway, tiap orang pasti punya masa lalu. Elo, gue, smua orang di dunia ini, walopun beda kelamin & beda religi, pasti punya masa lalu. Seberapa buruk dan seberapa indah masa lalu itu, cuma lo yang tau. Berdasarkan survey kecil2an dari beberapa orang yang gue tanya 99% orang bilang, klo masa lalu mereka berkaitan dengan seseorang yang ga bisa mereka lupain, dengan someone special, mungkin adalah mantan pacar, atau mantan gebetan. So... if forgetting someone is really that hard, why should you forget it? Jawabannya cuma satu : LIFE GOES ON.

Hidup ga akan brenti, walopun lo mati2an ga mo ngelupain mantan lo. Seberapa sering lo mikirin dia, kangen sama dia, mimpiin dia tiap malem, dia udah jadi bagian dari masa lalu lo. Masa lalu yang seharusnya ga akan menghambat elo buat jalan terus ke depan, ngraih masa depan lo. Kcuali.. in some cases, elo punya harapan buat punya masa depan bareng2 dia (i used to be.. tapi skarang dah ga lagi kok... suer deh:p) 


Elo ga akan bisa ngelupain masa lalu lo, seberapa singkat dan buruknya itu. Karena masa lalu itu, dah jadi bagian dari idup lo. Dari 20 atau 30 taun idup lo, ada beberapa bulan (atau mungkin taun?), elo pernah ngelewatin hari2 indah dengan seseorang. Elo pernah berbagi tawa dan air mata sama dia. Elo pernah ngrasain gimana sayang nya sama dia. Dan mungkin lo pernah ngrasain ”surga dunia” sama dia? (entah apa interpretasi ”surga dunia”, coba di-arti-in masing2 ya). Klo masa lalu itu dah jadi bagian penting dalam idup lo, ga bisa diapus pake tip-ex atau stip paling bagus merk apapun.. artinya, pasangan lo juga seperti itu. Pasangan lo, juga punya masa lalu. Dia juga punya mantan pacar (atau mantan gebetan?) yang pernah mengisi hari2 dia. Dan (mungkin), dia juga susah ngelupain masa lalu nya dia (apalagi klo itu indah..), seperti elo susah nglupain masa lalu lo. 


Klo liat ke kisah di Hard Rock tadi, kliatan gimana susahnya Angga nglupain Dita. Seseorang yang pernah jadi pacarnya (entah knapa mereka putus..), sangat tergantung sama dia, sangat rapuh, punya hidup yang mungkin tidak terlalu indah, selalu membutuhkan Angga dalam hidupnya. Dan Angga, walopun hubungannya ama Dina baik2 aja (he said he love her, dan dia ngrasa nyaman banget sama Dina), Angga adalah seorang cowok yang punya ego. Ingin ngrasa dibutuhkan, ingin ngrasa melindungi, dan ingin seisi dunia memandang dia baik. Segitu inginnya, sampe dia lupa satu hal.. dia lupa ngejaga perasaan Dina, pacar nya saat ini, demi ngejagain Dita, pacar masa lalu nya. Demi menjadi orang baik untuk Dita. Klo elo jadi Angga, apakah elo akan seperti itu juga?

Seandainya iya, mungkin lo harus sadar satu hal. Klo ngejagain mantan lo itu lebih penting dari ngejagain pacar lo yang skarang, mungkin lo harus berpikir ulang.

Atau klo elo pengen dunia memandang lo baik (karna elo masih care sama mantan lo), lebih dari keinginan elo ngejagain perasaan pacar lo, mungkin lo harus tanya sama hati lo sendiri.. Apa elo bener2 in love sama pacar lo yang skarang? Atau lo hanya menganggap pacar lo ini ”ganti” dari mantan lo yang ga bisa lo dapetin lagi? Atau benernya lo masih cinta sama mantan lo, tapi hanya pacar lo yang skarang, yang ”tersedia” buat lo?

Klo jawabannya adalah ”iya”, tanpa bermaksud sok tau atau sok pinter, .. mungkin lo harus jujur sama pacar lo yang skarang. Karna klo gue jadi Dina (pacarnya Angga yang skarang), gue better putus daripada pacar gue terus2an ngejagain mantan nya, dibanding ngejagain perasaan gue. Iya ga siy? (sok kuat lo, Yan.. :p) 
Liat dari sisi satu nya, klo gue jadi Angga (Anggi kali ya? Gue kan cewek..:p), gue mungkin akan berpikir buat nemenin mantan gue (klo ga mah.. boong!), di saat dia lagi sedih. Gue akan menimbang2 untuk nemuin dia, just to make sure dia baik2 aja. Tapi pada akhirnya, rasanya gue bakal batal ktemu sama dia. Gue ga peduli sama pandangan dunia tentang gue (pandangan orang? Sebodo amat...). Gue ga peduli orang2 mo bilang gue jahat (karna ga peduli sama mantan gue). Yang penting, once elo udah mutusin pacaran, meaning elo udah ninggalin masa lalu lo sepenuhnya. I know its very very hard (trust me, itu susah bangeeettt..., apalagi klo elo masih cinta sama mantan lo, dan benernya ga rela putus dari dia..).

Tapi saat elo dah punya komitmen dengan orang laen, artinya elo kudu dengan sukarela menutup masa lalu lo. Ga harus ngelupain kok.. (ga akan bisa deh, percaya..), tapi at least elo harus menghargai pasangan lo, dan menjaga perasaan dia, kan? So.. never look back to your past.. remembering is ok (if forgetting is almost impossible). Past will make you stronger. Past will teach you a lot.

But past is not your future.

Sekarang pilihannya hanya ada 2 : past or future?

PS : Sial deh, di Hard Rock ga ada ending nya gitu, padahal kan penasaran.

1 comment:

me_2006 said...

hehe soal pendapat elu tentang "masa lalu", bisa ga elu bilangin yg sama ke honey elu aka alex?

gw ga tau dia pernah cerita ato ga ke elu, tapi honey elu itu pernah membandingkan antara elu dengan mantan-nya dalam hal yg material banget spt masalah gaji dll.. dan yg paling gw ga ngerti, dia ngomongin soal hasil perbandingan tersebut ke mantannya...

apa maksudnya sih? apa dia itu ga punya sukses sendiri sampai harus mengunakan karir org lain biar kesannya hebat? ato.. apa perasaannya dia ke elu itu ga cukup kuat sampai dia perlu membuat perbandingan tersebut?

please deh.. bilangin dia. kalo dah jadian ama org lain, ya tutup masa lalunya.. jangan omong hal2 yg ga berguna ama mantannya.. dan juga coba deh bilangin dia.. bilangin dia kalo jadi org jangan picik banget. emang kita perlu uang untuk hidup tapi nilai seseorang itu ga bisa diukur dengan apa jabatannya ato berapa besar gajinya..

sorry gw bilangnya lewat elu krn gw ga tau blog-nya dia.. n lagipula, dari tulisan elu di blog, sepertinya elu lebih bisa pakai logika daripada honey elu :p

anyway,thx sblmnya.. merry xmas n happy new year :)