Friday, October 27, 2006

.....

Oct 27, 2006 
Hari ini, tepat 9 taun papi meninggal. Ga tau knapa, rasanya kangeeennn banget sama papi. Bukan berarti biasanya ga kangen, tapi kok kali ini rasanya beda. Kangen.. and suddenly gue jadi inget2 kejadian tepat 9 taun lalu, yang walopun udah berusaha gue terima setabah2nya, tapi kadang masih suka gue pertanyakan ke Tuhan.



Gue inget dengan jelas, hari2 terakhir papi di ICU Husada. Dengan selang2 dan infus2 itu. Dengan monitor segede gaban dan suster2 yang sibuk mondar-mandir. Gue inget, 9 taun lalu, gue ngliatin papi dari jendela ICU. Gue liat napasnya satu-satu. Hal yang paling gue takutin adalah.. gimana klo napasnya brenti? Gimana klo papi ga napas lagi? Gimana klo papi gue mati?

Gue inget, nyokap gue, bilang sama gue.. ”Ci, kita mesti pasrah. Klo udah saatnya papi pergi, kita mesti rela. Ga boleh beratin. Klo diberatin, nanti papi jalannya ga lapang.” 
Dan kita disuruh bisikkin di kuping papi, klo kita udah rela papi pergi. Gue boong waktu itu. Gue ga rela papi pergi. Gue ga rela papi dipanggil secepet itu. Are you nuts? Ga ada orang yang rela, papi nya pergi semuda itu. Sumpah deh, gue ga rela. Knapa papi gue yang harus diambil? Knapa papi gue yang kudu sakit? Knapa bukan papi nya orang lain aja (jahat amat siy lo, Yan??). Knapa papi orang laen bisa sehat sampe tua? Papi gue orang yang baik, sayang banget sama kluarga nya, tanggung jawab, dan rela berbuat apapun, supaya kluarganya bahagia. Sementara papi orang laen, ga seperti dia, ga sebaik dia. Jadi, knapa harus papi gue yang diambil? 


Jawabannya, Yan... karna Dia tau, lo kuat. Dia tau, nyokap lo kuat. Dia tau, kalian sekeluarga kuat. Dia tau, klo papi elo yang diambil, walopun berat dan menyedihkan buat lo, tapi Dia tau, kalian (elo, mami lo, dan koko-dede lo), akan baik2 aja. Walopun berat, tapi kalian akan bisa ngelanjutin hidup. Dia tau, kalian ber-4 bisa move on. Dan bener kan? Liat nyokap lo.. dia adalah orang paling tabah. Nyokap lo tuh, orang yang strong. Yang walopun berat (karna dia kudu jalan dengan 4 pasang kaki, bukan cuma kakinya sendiri, tapi ada 3 pasang kaki anak2nya), tapi masih bisa tetep jalan. Mami lo tuh Yan, orang yang ga pernah brenti melangkah walopun ada batu gede di depannya. Walopun ada lobang besar yang menghalangi. Jarang2 kan ada orang seperti itu. So, klo itu alesannya, knapa harus secepet itu? 


Waktu papi pergi, dia blom liat satu anaknya pun lulus kuliah. Dia bahkan ga sempet menikmati hasil jerih payahnya sendiri. Dia ga sempet liat anaknya satu2 pake toga. Dan gue yakin, papi juga menolak untuk pergi secepet itu. Papi juga berat untuk pergi. Kali ini jawabannya… mungkin karna tugas papi lo udah kelar, Yan. Emang dia ga sempet liat anak2nya lulus, dan liat kalian merit. Dia ga sempet maen2 sama cucu nya. Tapi.. klo lo mo tau knapa dia pergi secepet itu.. mungkin karna dia udah berhasil jadi orang yang baik.. so dia berhak dapet kehidupan yang lebih baik pula. 


Lo tau.. hidup di dunia itu, ga ada yang kekal. Banyak yang jahat dan sirik. Sementara hidup di surga? Ga ada yang jahat, Yan, ga ada yang sirik. Smua orang baik. Cuma ada damai, tenang, dan senyum. Knapa bukan papi orang laen yang diambil? Padahal orang2 itu, ga sebaik papi lo? Ada yang ga sayang ama kluarganya.. ada yang sama skali ga pernah kasih nafkah ke kluarganya.. ada yang casi makan kluarganya dengan duit hasil korupsi.. ada yang punya istri muda.. ada yang suka mukulin anak istrinya.. knapa bukan mereka yang pergi duluan ya? Karena Yan… mereka dikasih waktu lebih banyak buat tobat dulu. Buat nyadarin kesalahan mereka. Buat memperbaiki hubungan mereka dengan kluarganya. Buat nyembuhin luka batin mereka. Buat hidup lebih bener, sampe akhirnya mereka layak masuk ke hidup yang lebih baik.. ke surga, tempat papi lo skarang. Jadi, mungkin lo harus bersyukur, karna papi lo udah ada di tempat yang tenang dan indah. (sumpah, ini rasionalisasi.. penghiburan diri, huehe..:p) 


Dan Yan, life must go on. Coba liat sekitar lo tuh. Ada temen lo yang bahkan ga punya orang tua lagi. Ada sahabat lo yang baru aja kehilangan baby nya. Ada temen lo yang even ga punya keluarga. Atau yang punya keluarga, tapi ga ada yang peduli sama dia. Ada temen lo yang masih punya orang tua lengkap, tapi justru orang tua nya malu sama anaknya. Coba, lebih untung mana, lo sama dia? Pernah ga, papi-mami lo, malu punya anak kaya lo? Ga, kan? Hmm.. iya. Papi sama mami, ga pernah malu sama gue. Mo gue sebandel apapun, mo nilai2 gue sejelek apapun, mo gue bertingkah kaya apapun, mereka tetep sayang sama gue. Tetep bangga sama gue, walopun tingkah laku gue jauh dari bisa dibanggain. Mami pernah bilang sama gue, klo di kehidupan selanjutnya, dia boleh milih mo punya anak seperti apa... Mami akan milih gue lagi, untuk jadi anaknya dia (isn’t that sweet? Hiks... wah kok jadi berkaca2 niiiyyy... dasar cengeng!) Tapi klo gue lagi kangen sama bokap gue, ga papa ya, gue nangis? Boleh2 aja… tapi sekedar kangen aja, ya? Jangan pernah pertanyain Tuhan atas apa yang udah terjadi. Jangan pernah nyalahin Dia atas apa yang menimpa lo. 


Hm... iya. Dulu gue sempet nyalahin Dia. Tapi once gue mimpiin papi dan dia sedang tersenyum, itu bisa bikin gue tenang. Walopun mungkin itu cuma halusinasi gue aja (karna gue lagi kangen banget sama papi waktu itu), tapi gue berharap, papi bener2 hepi disana. Papi, sori ya... dulu suka bandel. Ga dibolehin pergi, ngambek. Ga dibolehin pulang malem, marah. Ga dikasih apa yang gue mau, nangis. Padahal dulu papi sayang banget sama gue, slalu ngasih apa yang gue minta. Gue, anak kesayangan papi. Sori ya, sori ya, sori ya? 


So, plajaran yang mungkin gue bisa share sama lo adalah… klo elo sayang sama orang, tell him. Mo itu bokap nyokap lo, pacar lo, sahabat lo, sodara lo… bilang sama mereka, klo elo sayang sama mereka (asal jangan bilang “sayang” sama pacar nya sahabat lo ya, huehe:p). Befote its too late, dan elo akan menyesal. Kali ini konteks nya orang tua,.. look at your parents. They are your treasure. Seperti apapun mereka, se-berbeda apapun mereka sama lo, seperti apapun tindakan mereka sama lo, they are yours. Dan elo, ga akan pernah ada di dunia ini, tanpa mereka. Selama mereka masih hidup (gue harap begitu), sayangi mereka. Tunjukkin bakti lo sama mereka. Bikin mereka bangga. Jangan pernah kurang ajar sama mereka (gue tau kok, kadang itu susah banget.. gue juga suka kurang ajar sama orang tua gue, huehe..:p) Mungkin di saat mereka ada, elo ga akan ngrasain apa2. Malah kadang orang tua tuh suka rese. Bikin aturan2 yang ga jelas. Ga boleh pulang malem. Ga boleh pake telpon lama2. Ga dikasih ijin buat ini, buat itu.. emang nya kita anak kecil.. iya ga? Kliatannya nyebelin. Kedengerannya sepele. Ga penting. Tapi once mereka udah ga ada, percaya sama gue.. elo bakal kangeeennn banget sama hal2 kaya gitu. Kangen diomelin, kangen dilarang pulang malem, kangen diceramahin malem2.
Dan mereka itu ngomel, pasti ada sebabnya. Mungkin mereka cuma butuh perhatian lo. Mungkin mereka cuma kangen sama lo. Smua orang tua, pasti ingin yang terbaik buat anaknya.

Kebahagiaan lo adalah nomor satu buat mereka. Satu2nya yang mereka inginkan buat mereka sendiri, hanya hidup tenang di hari tua mereka. Hidup tenang, dan ngrasain disayang sama anak2nya. Selagi masih ada kesempatan, elo harus sayang sama mereka, ya? Ayo janji, janji? 


I miss you, Dad. Sorry, never told you that I love you when you’re here. Sorry for not being a good daughter. Sorry for never made you proud of me. Sorry for everything. I promise you, I will never let you down.
Janji, ga akan nglupain papi, sampe kapanpun. Dalam setiap pertimbangan pengambilan keputusan, dalam setiap kebimbangan, papi pasti ada disitu.
And I swear to you, I’ll love my other treasure, my mom. The woman you loved most (except me, huehe:p). I’ll make her proud, and make her happy. I’ll love her with all my life.
I’ll be good, Dad. Ga akan bikin papi kuatir lagi, ga akan bikin papi ngomel2 lagi, ga akan bikin papi sedih lagi (ayo..kita mulai dari hal2 kecil ya, pap.. hmm.. misalnya diawali dari memilih pacar yang baik dan mirip banget sama papi, huehe..:p that FATHER COMPLEX does exist, you know..) 


Yes Dad, I promise you, I’ll be good. So you can watch me with smile on your chubby face, and proudly tell the people in heaven, “That’s my girl!” 
Daddy, I love you.

No comments: