Wednesday, November 09, 2005

MONEY... MATREALISTIC or REALISTIC?

Percaya ga siy, ada orang yang berubah cuma gara2 duit? Iya, beneran! Seperti seseorang yang gue kenal. Dulu kita bisa hang out bareng, ngobrolin semua hal yang asik bareng2, dari mulai cowok2 keren, model2 baju yang kita suka, muter2 mangga dua sampe titik darah penghabisan. Dulu dia dan gue akrab, sampe gue brasa punya sodara cewek.

Makin lama, mungkin juga karna kesibukan masing2, kita udah jarang ngobrol, jarang pergi bareng, jarang crita2. Tau2 yang gue denger dari beberapa orang, kok dia mulai berubah. Jadi sombong, jadi blagu, jadi norak.. terutama karna dia punya pacar yang (orang tua nya) tajir abis. So far, klo pas kita lagi ketemu, mungkin gue pernah siy nangkep kesan itu. Cuma, gue pikir, jangan2 cuma prasaan gue doang. Lagian secara logika, kayanya dia ga gitu deh orangnya. Dan seinget gue, itu juga jarang kok. Yang pertama kali nyadarin gue, ade gue. Dede bilang dia ga suka sama orang itu.

”Kok dia sombong banget ya Ci, padahal kerjanya apa siy, biasa2 aja. Dia cuma hoki karna pacarnya kaya. Itu juga bukan pacarnya yang kaya, tapi orang tuanya. Jadi nyombongin apa dong?”

Wah ga tau deh.. iya kali ya? Mmmm terus terang, klo mo jujur, mmmm... gue mulai agak ga terlalu comfort klo ngobrol ama tuh anak. Bukan berarti dia jahat siy. Anaknya bae, cuma.. kok gitu ya? Misalnya gini... klo dulu kita bangga bisa dapet baju bagus dengan harga murah, klo skarang dia bangga karna bisa beli baju mahal. Tuh, ketara kan beda nya? (Atau gue aja yang mental mangga dua, ya?:p) Dari dulu kan anaknya emang pinter, juara kelas, suka dapet ranking gitu (gue juga suka dapet ranking loh, tapi biasanya 2 dijit siy:p). Trus verbal skill nya bagus, jadi smua orang tau klo dia pinter. Itu kelebihan dia. Kelebihan laen, orangnya nice and supel.

Pas gue mulai ngrasa ga comfort, timbul sedikit pikiran siy, jangan2 gara2 gue ngiri niy ama dia. Jangan2 gara gue sirik ama dia, trus gue mulai ngrasa dia yang aneh. Tapi setelah gue pikir2, gue ga pernah sirik ama dia kok. Jauh, jauh.... Untuunnnggg aja gue orangnya cuek (lagi2 untung..). Orang cuek itu, biasanya jauh dari sifat sirik. Soalnya orang cuek itu, ga terlalu peduli. Dan waktu itu, gue ga ngiri karna dia pinter, karna dia jago ngerebut ati orang. Mo ngambil ati smua orang juga ga papa:p

Stlah orang2 ngomong gitum, ditambah ade gue sendiri ngomong gitu, berarti bener yang pernah gue rasain, yang orang2 bilang, yang dede bilang... dia udah mulai berubah. Yaahh, trus kita bisa apa dong. Buat gue pribadi, sebodo amat siy klo dia mo berubah. Sebatas itu ga ngerugiin gue, dia mo kaya apa juga, gue ga terlalu peduli, ga ambil pusing. Skali lagi, untung aja sifat cuek si Lucie lagi kluar niy:) Bukannya ga peduli, ada concern siy, karna dulu kan kita pernah deket, dan dia juga ga pernah nyakitin gue kok ampe skarang (kcuali kadang2 nyindir gue masih jomblo, padahal dia punya cowok yan begitu sempurna, hihi... yang itu gue fur deh, ga dianggep big deal...:p)

Duit… ternyata bener2 bisa ngerubah orang ya. Jangan2 gue klo punya pacar tajir juga bakal kaya gitu, hiiii..... Mmm, atau itu sebabnya ya, makanya Tuhan ga ngasih gue pacar tajir, soalnya klo gue punya pacar tajir, gaya gue juga bakal selangit kaya gitu, hihihi...

Talking about money.. benernya klo ada keinginan buat punya pacar tajir, itu artinya matre ga siy? Kata ampir smua temen2, itu ga matre, itu namanya realistis.

”Emangnya lo mau idup di rumah kontrakan kecil yang dari papan2 gitu?” ”Emangnya cinta bisa buat bayar rekening listrik? Cinta bisa buat bayar koran?”

Mmmm ya enggak siy, tapi emangnya klo ada cowok tajir yang suka sama lo, trus elo mau aja, padahal lo ga suka? Tetep harus ada rasa ”sparkling” itu kan?

”Klo ada 2 cowok yang sama2 suka sama lo. Dan elo harus memilih 1 diantara mereka, padahal ga ada yang lo suka. Lo milih yang mana? Milih yang biasa2 aja, atau yang tajir?” Mmmm, emang ga ada pilihan laen, ya? Pilihan ke-3 gitu? ”Ga ada ruginya elo milih yang tajir. Toh, elo sama2 ga punya perasaan ama dua2nya. Minimal yang tajir ada lebihnya dari segi materi dari yang satunya.” Itu.. artinya matre bukan siy? ”Bukan, itu artinya reaslistis. Klo elo suka ama yang biasa, trus elo milih yang tajir hanya gara2 duitnya, baru namanya matre. Lah ini, wong elo ga suka ama dua2nya kok. Trus knapa elo harus milih yang biasa2 aja, klo elo bisa milih yang tajir?”

Gitu ya? Gue jadi inget, pernah nonton film. Ada pasangan yang saling cinta. Really, they’re a sweet and nice couple. They got married, walopun idup sederhana. Awalnya mereka hepi. Lama2 jadi suka brantem, hanya gara2 simple things. Ga bisa makan enak. Ga bisa beli2. Susah blanja. Susah dapet duit. Tiap ari brantem. Sampe akhirnya divorce, dan masing2 merit lagi sama orang laen. Kok bisa ya, padahal awalnya sama2 cinta?

Oke, got it. Mungkin bener... duit itu, something that people always looking for. Mungkin duit itu ga bisa beli segala2nya, tapi segala2nya butuh duit (sama aja yah:p). Mungkin duit bisa bikin sgalanya jadi lebih baik, tapi yang bisa bikin sgalanya lebih baik, bukan cuma duit. Jadi intinya duit itu emang perlu. Tapi seberapa perlu.. tergantung prioritas kali ya? Misalnya buat milih cowok. Siapa siy yang ga mau punya cowok kaya? Emangnya ada, yang mo idup susah?

Tapi inget, orang ga semuanya bruntung. Ada cowok yang udah kaya dari sananya, ada yang udah usaha mati2an tapi blom kaya2 juga. Ada cewek yang beruntung dapet cowok baik dan kaya. Ada juga cewek yang dapet cowok kaya, tapi tidak terlalu baik. Ada juga yang dapet cowok ga kaya, ga baik juga, tapi pasti ada kelebihan lainnya ya? Klo enggak mah, bolot banget tuh cewek... (dasar sok pinter lo, Yan.. trus lo nungguin siapa dong skarang...)

Buat cewek2, soal duit itu... Mungkin lebih bagus cowok yang punya bakat kaya, daripada cowok yang udah kaya dari sananya. Lebih bagus lagi sih, dua2nya, udah kaya dari sananya, trus punya bakat kaya pula, hehe…

Buat cowok2, bersyukurlah klo kalian orang2 yang kaya dari sananya, alias kaya karna orang tua kalian kaya. Itu namanya karunia yang mesti dipelihara, biar ga cepet abis, sukur2 berkembang biak.

Dan buat cowok2 yang ga kaya, alias biasa2 aja, atau mungkin kurang… . Kalian mungkin ga se-beruntung orang2 yang kaya dari sananya. Tapi smua orang bisa punya bakat jadi kaya loh, asal dia mau. Inget2, roda slalu berputar. Waktu slalu berjalan. Dan Tuhan ga pernah brenti melihat. Jadi seberapa besar keinginan kita buat kaya, atau mempertahankan kekayaan itu, tergantung sama kerja keras kita. Jia yo, jia yo! Jangan sampe gara2 materi bikin ga PD. Jangan sampe itu menghalangi kalian buat maju. Jangan sampe malu dengan kekurangan materi.

So klo nanti jodoh gue bukan orang kaya, atau bukan yang orang tua nya kaya, mungkin ga terlalu masalah kali ya buat gue. Gue bisa makan apa aja kok (heran nih cewek, ga bisa jauh2 dari makanan.. dasar omnivora:p). Tapi dia harus punya keinginan untuk jadi orang kaya. Minimal, punya niat buat ngasih kehidupan yang layak buat anak-istrinya. Bukan cuma niat, tapi usaha juga (niat doang mah basi..).

*Gilaaaa, look who’s talking… liburan bener2 bikin lo jadi nenek2, Yan…*

No comments: