Wednesday, January 29, 2014

Tentang 12 Tahun di Rumah Kedua


Peringatan ulang tahun Nutrifood (2 Februari), selalu punya arti lebih buat gue. Artinya umur gue di sini nambah setahun lagi:p 

2 Februari 2002
Setelah proses seleksi beberapa bulan sebelumnya, hari ini akhirnya melangkahkan kaki sebagai karyawan. Bingung setengah mati, kok sepi banget nih kantor… Pada kemana semua ya?
Ternyata oh ternyata.. most of them kebanjiran! Ingat kan, Feb 2002 itu banjir besar di Jakarta. Sebagian karyawan diungsikan ke training center kantor di daerah Sentul. Sebenarnya dari sini aja, gue udah merasakan sesuatu yang beda, sih. Perusahaan kok repot2 mau menampung karyawan (plus keluarganya) menginap di rumah kantor?

Selingan aja, ini foto gue waktu apply kerja.
Unyu dan super culun yah :p


Tiga bulan menjadi anak baru, bukan hal yang mudah buat gue. Malah sejujurnya, gue udah pingin kaburrrr dari sejak sebulan gue di sini.
Selain kerjaan yang bukan main banyaknya, gada yang ngajarin, gada mentor. Hiks…
Well, anak barunya memang ada beberapa yang masuk mirip2 gue waktunya. Tapi semua beda bagian.
Dan gue dapat 3 (iya, tiga!) department waktu itu. Sebagai anak baru yang masih unyu, menghandle 3 dept itu asli bikin pening. Gue, lulusan psikologi, yang hanya punya sedikit pengalaman 4 bulan bekerja sebagai HR, harus handle dept HR, GA, dan QA.
Sangat awam dan membingungkan, gue pun mencari orang yang bisa ditanya. Ga menemukan seorang pun yang bisa mengajari, gue pun bertanya ke boss gue (Sebut saja dia Bapak RS, the Managing Director, salah satu yang menginterview gue).
“Pak, ini saya bingung harus ngerjain apa. Ga ada prosedur apa-apa yang bisa saya baca? Ga ada job description?”
Dia pun menjawab dengan entengnya, “Lah, justru tugas kamu itu bikin prosedur dan job desc untuk semua dept.”
Sangat lugas, tapi sanggup bikin gue lemas, haha..

Bapak RS bilang sama gue, “Kenapa? Merasa ga bisa? Katanya dari kampus beken?”
Melihat tampang gue yang (mungkin) pucat pasi, dia bilang lagi, “Saya ga nyari orang pintar, yang lebih pintar dari kamu itu banyak. Tapi saya ambil kamu karena bisa dipercaya. Masa orang yang bisa dipercaya ga bisa pintar juga? Jangan bikin kecewa.”
Damn it, dedemit! Lo pikir???? Uhuk! Pingin kaburrrr!

Tapi gue lantas berpikir… Kalau gue kabur, artinya omongan si Bapak itu benar, dong. Lagian masa sih gue ga bisa?
Iya, memang susah, tapi ga dicoba ya ga tau bisa apa enggak. Iya gada yang ditanya, gada yang ngajarin, tapi kan masih ada buku dan internet?
Dan harus gue akui, Nutrifood menyediakan akses sebebas2nya buat lo cari info. Nutrifood membukakan pintu selebar-lebarnya untuk lo belajar. Lo bisa pinjam buku di library. Lo bisa browsing. Lo hanya perlu INISIATIF untuk melakukannya. Once itu ada, lo bisa lari.

Pengalaman gue magang, part time dan jadi asdos, asli berguna banget buat gue pada saat kerja. Bukan hanya bagus di CV, tapi inisiatif, kemandirian, ke-fleksibel-an, dan social skill, itu yang lebih penting daripada sekedar manjang2in CV.
Dulu gue pernah kerja di perpustakaan kampus, buat ngisi waktu plus nambah uang jajan, ga kepikiran bakal berguna di dunia kerja. Ternyataaaa gue bisa dengan cepat belajar coding saat harus minjem buku di perpust kantor. Gue bahkan membuat sistem audit kecil2an di business unit gue.
Hokinya gue dulu pernah terlibat dalam banyak organisasi. Ya Senat, ya BPM, ya UKM. Walaupun jauh berbeda, tapi mengajarkan gue banyak hal. Secara gue harus mengepalai para Satpam dan Driver. OMG! Kebayang ga sih, gue meeting dengan para Satpam? Satu ruangan, isinya penuh dengan Bapak2 kekar berseragam, sementara pemimpin meetingnya adalah gue yang super unyu gini? Hahaha...
But I took it all. And I thank God for that. God was, is, and always beside me.

Ga perlu gue certain detail ya, gimana akhirnya gue bisa melewati masa probation gue. 3 bulan penuh kebingungan. 3 bulan menjadi orang buta di hutan belukar. Ga terhitung berapa kali gue merasa stress dan pingin kabur aja:p Akhirnya, setelah melakukan presentasi di depan boss gue itu, gue dinyatakan lolos percobaan (asli, lebih takut daripada ujian sidang S1:p). Fiuh… Dan gue, masih di sini sampai sekarang:p

No guidance, no mentor, even no procedure. So what did the company give me?
TRUST. I was surprised for the (too big) trust Nutrifood gave me.  

SUPPORT. Finally I knew my first Boss is the one who support me much. Did I tell you that Bapak RS is a very nice person indeed? Memang galak, memang tegas, juga keras. Tapi itu yang mendidik mental gue sampai jadi kaya batu begini:p

FRIENDSHIP. Mungkin bukan teman senasib yang pekerjaannya sama. Tapi teman2 yang bisa ikut tertawa dan menangis bersama gue. Teman2 yang bisa lo percaya. Lo bisa pergi ke kantor dengan tenang, tanpa takut siapapun menusuk lo dari belakang.

HEART. Perusahaan ini bisa mendapatkan hati gue. Dengan kepeduliannya pada karyawan, perhatiannya, peri kemanusiaanya. Contoh kecil aja nih ya.. Nutrifood punya "emergency number” khusus untuk karyawan. So if you need help (in this case) because of kebanjiran, lo bisa telpon. Pengalaman seorang teman di Kelapa Gading waktu kebanjiran kemarin, mendapatkan bantuan logistik dari Satpam & Driver kantor yang diantar ke rumah mereka. Kurang baik apa?

Malah kadang saking terlalu baiknya, ada loh keryawan (dan eks karyawan) yang masih memanfaatkan. Hmmmmm #NoMention aja kali ya? *wink

So… Dua belas tahun
Sungguh bukan waktu yang singkat ya?
Dari gadis ting2 sampai beranak tiga begini, hahaha…
Dua belas tahun yang penuh kenangan
Dua belas tahun penuh dengan cerita

Bahagia, saat ada sahabat dipromosikan
Sedih, saat ada teman baik yang harus pergi
Galau, saat ada tawaran lain yang menarik
Tertawa, ketika bersekongkol menyusun rencana untuk yang ulang tahun
Menangis, ketika harus berselisih
Gundah, ketika melihat ada yang tak beres di depan mata

Tempat ini, sudah membuat gue berkembang. Berubah menjadi orang yang lebih baik. Tentu saja, di samping membuat dapur rumah mengebul:p
Tempat belajar, tempat mengembangkan diri, tempat gue menyadari kelebihan dan k ekurangan gue.
Di tempat ini, gue bisa menjadi diri sendiri. Gue bisa mencintai diri gue sendiri. Gue suka diri gue saat gue di sini. Ah, yang terakhir itu penting banget. Kadang gue berpikir, kalaupun gue udah ga di sini lagi, mungkin gue akan selalu mencintai tempat ini. Seperti beberapa sahabat yang sudah pergi, dan ingin kembali.

Bukannya ga pingin coba tempat lain
Sometimes gue juga pingin lari
Apalagi kalau himpitan dan tekanan datang bertubi
Tapi, lagi2 hati yang harus mencari
Jawaban terbaik untuk diri sendiri
Saat ini, entah untuk berapa tahun lagi,
Hati gue masih di sini

Kalau apa yang lo bayangin tentang kantor lo itu, bisa membuat lo tersenyum, artinya lo berada di tempat yang tepat J

Selamat Ulang Tahun, Nutrifood.
Keep inspiring a nutritious workplace!

Regards,
An employee
Dua belas tahun, dan masih mencintai

2 comments:

Venessa Aiman said...

Trust! Itu yang kadang aku sering gak habis pikir kok Nutrifood bs segitu percayanya sm karyawan. Dengan segala kepusingannya, kantor ini jg berhasil bikin aku senyum saat membayangkannya.. :)

dian doonk said...

Iya Venessss, aku pun sering punya kebingungan yang sama tentang itu. Anyway, kadang bisa sampe ngakak loh klo ngebayangin kantor, dengan segala keriwehannya:p