Thursday, January 16, 2014

RUMAH KEDUA


Alohaaa semuaaaa!

Hari ini gue mau bercerita tentang salah satu buku yang inspiring banget.

Untuk teman2 yang udah kerja, mau tanya dong…

What do you think about your office?

In my humble opinion, office is just like a place to work.
Kantor itu adalah tempat lo kerja,  dari jam 8 sampai jam 5. Tempat lo ngelembur. Tempat lo diomelin boss. Tempat lo meeting berjam-jam sampai malam. Tempat lo ketemu jodoh, perhaps?

Kalau dengar kata ‘kantor’, biasanya yang terbayang adalah ruangan besar yang lalu dibagi-bagi menjadi ruangan-ruangan atau kubikal-kubikal kecil.

Kantor gue juga sama, artinya tempat kerja, tempat di mana lo kerja.
Bedanya, ini bukan sekedar kantor. Ini lebih seperti.. I don’t know. Playground? Homeland? Home office? Sampai akhirnya, kita semua tanpa ragu menyebutnya sebagai ‘rumah’. Iya, ‘rumah kedua’.

Sejak awal, nutrifood memang di-design sebagai tempat kerja yang nyaman. Kenapa? Karena dengan merasa nyaman, lo akan bisa bekerja sebaik mungkin.

Kebayang ga, kalau lo dikerangkeng di ruangan kecil tertutup yang dikelilingi dinding putih, terus lo dituntut buat kerjaaaa dari pagi sampai malam?
Kebayang ga, kalau lo diomelin Boss lo di depan umum? Atau lo takut setengah mati sama Boss lo? Boro2 mau makan siang bareng, bahkan untuk say hi aja lo parno?
Kepikiran ga, kalau suatu kali lo cerita sama teman kantor lo soal ide lo buat perusahaan ini, terus tau2 besoknya ide lo dicuri sama teman lo?
Apa lo bisa kerja dengan baik, kalau lo dilarang dengar musik selama lo kerja?
Apa lo yakin bisa produktif, dengan high heels lo, sementara lo punya flat feet? (oh yeah, ini sih masalah gue:p)

NO NO NO, itu semua ga akan terjadi kalau lo kerja di kantor seperti nutrifood.
One of our value is innovation, di kantor gue, lo akan didukung more than 100% to be creative, to be productive.
Lo boleh pake baju apaaa aja, asalkan lo nyaman (yesss, you can use pants). Jins dan sandal, itu mah jamak banget. Bebas, asalkan bertanggung jawab loh, ya. So if you’re a PR person and you should meet pers mendadak, lo mungkin harus prepare kostum formal di kantor. Tapi lo tetap bisa pake baju apapun. No stiletto, no blazer, even no make up. You can be your chic. Definisi ‘chic’ itu bisa lo bikin buat diri lo sendiri. Penampilan lo adalah tanggung jawab lo.  

Lo mau meeting sambil lesehan? Banyak banget ruang terbuka buat lesehan di kantor gue. Dilengkapi bantal2 nyaman (yang sebenarnya seringkali menggoda banget buat ditidurin atau sekedar dipeluk2).

Lo mau twitteran sepanjang hari? My office support you to do that! Malah kami dianjurkan buat aktif di socmed, tentu saja untuk tujuan positif ya.

Lo mau baca? Since nutrifood is a learning organization, we support you to learn. Kita punya perpus yang keren, dilengkapi banyak buku dari puluhan kategori yang bisa lo pinjam.

Lo mau olahraga? Kita punya gym, yang walaupun ga gede2 amat, tapi cukup lengkap peralatannya. Lo bisa nge-gym before atau after office. Or in the middle of lunch break?

Lo mau olahraga selain nge-gym? Kita punya ruangan multifungsi yang bisa dipake untuk yoga (iya, ada instrukturnya tiap kamis), circuit training or even body combat.

Lo sakit? Ga enak badan? Datang bulan, atau mau konsultasi Dokter? Ada klinik dengan perawat yang stand by di jam kerja (di jam kerja loh ya, bukan di jam lembur:p). Ada dokter yang siap memeriksa di hari2 tertentu.

Lo emak2 yang baru punya baby, dan mau pump ASI di kantor? Kantor gue ga punya ruang khusus laktasi (ya iyalah secara bukan mall), tapi ada beberapa ruangan tertutup yang bisa lo pinjam untuk pumping. ASI pun bisa disimpan di beberapa kulkas yang tersedia.

Lo takut sama makanan luaran yang ga sehat? Di kantor gue, kesehatan lo bakal terjamin banget. Dari  mulai given lunch yang bebas gorengan dan bebas santan, sampai meeting snack yang penuh serat.

So apapun yang bisa lo kerjain di rumah, bisa juga lo lakukan di kantor (gue). Seperti tadi gue bilang, kantor gue itu mirip rumah.

Rumah supposed to be adalah tempat paling nyaman sedunia. Lo bisa gegoleran dengan santai. Lo bisa melakukan hal2 yang lo suka. Lo bisa pake baju alakadarnya, dengan masker masih menempel di muka dan gulungan rambut masih berusaha menggelung rambut lo. Well, di kantor gue ga seekstrim itu sih. Setidaknya, sampai saat ini gue masih belum nemu orang yang masker-an, hehe..
Ga heran, banyak yang rela ngelembur sampai malam atau even saat weekend.

Kalau lo bertamu ke rumah seseorang, lo akan merasa nyaman kalau disambut dengan ramah. Coba deh bertamu ke rumah kedua kami. Feel the ambience, dari mulai Bapak Satpam, receptionist, dan tuan rumah yang lain. Kalau ada yang memperlakukan lo dengan tidak baik di rumah kami, mungkin dia sebenarnya namu juga:p hehehe.. *no hurt feeling:p

Nah ceritanya, the lovely office nutrifood akan berusia 35 tahun di awal Februari nanti. Sebagai salah satu tanda kasih, para karyawan menuliskan cerita atau pengalaman berkesan mereka selama bekerja di sini. Dari cerita-cerita yang terkumpul, terpilihlah 35 cerita yang akan diterbitkan menjadi buku. Buku itu diberi nama RUMAH KEDUA.

Why Rumah Kedua? Karena ini bukan hanya sekedar kantor. Ini rumah kedua kami. Rumah di mana kami bisa menjadi diri sendiri. Rumah di mana kami bisa bekerja dengan nyaman, tanpa harus merasa takut atau terancam. Rumah, yang sangat kami cintai.



Begini penampakan RUMAH KEDUA.
Di akhir Januari nanti, sudah tersedia di Gramedia.


Tanggal 15 Januari kemarin, buku ini soft launch. Hanya untuk 35 karyawan yang ceritanya tercantum di buku ini. Kami merayakannya sederhana saja, tapi dalam sekali maknanya. Menyenangkan bisa berkumpul bersama dengan orang2 yang sama2 mencintai tempat ini. Kita ini bukan lagi satu kantor, tapi satu rumah J Malah kami saling menandatangani buku masing2 J

Satu notes yang paling berkesan adalah yang diberikan Ariel saat menandatangani buku gue.

Isn't it sweet? :)

Anyway, gue menulis blog ini, bukan atas suruhan siapa2 yaaaa… 
Bukan karena gue HR nya, terus gue mengiklankan kantor gue, supaya orang-orang pingin masuk sini (errrr, itu juga sih.. sort of.. hahaha..). Bukan juga karena gue salah satu penulis buku ini, terus gue ngiklan biar bukunya laku (hmmm.. yaaa ini juga sih:p.. BTW royalti hasil penjualan buku ini, seluruhnya disumbangkan ke Gerakan Indonesia Mengajar).

I just want to share. Work life is so much fun, if you can find true friends. Office times is great, if you spend it at the right place.
Pernah dengar “if you love your job, you don’t have to work for the time of your life?” J

Oh iya, mau tau lagi kenapa gue cinta sama kantor gue? 
Coba liat video ini...


Video ini dibuat oleh teman2 HR - nutrifood, buat diputarkan di hari ulang taun gue. 
Hari itu weekend, dan kebetulan gue ada kerjaan di Bandung. Jadilah video ini diputar pas hari H, ketika kerjaan kelar. Yang begini2 iniiii, ga bakal lo temuin di perusahaan lain!

Sudahlah, daripada gue sibuk ngiklan kayak tukang obat, you better read this book. 35 inspiring (based on true) stories, written by employees (and ex). It shows how they love the company.

For me personally, with all its ups and downs, I still love being here. I’m a proud Nutrifood-ersJ

--------------------------------------------------------------

Ups, sedikit revisi keterangan di atas...
Sudah dibuat RUANG MENYUSUI (ruang tempat pompa ASI) di Nutrifood! Tidak besar, tapi nyaman, dilengkapi banyak colokan listrik dan kulkas. Coba intip kulkasnya, isinya penuh dengan botol ASI.
Ah, ga ada kan kantor lain yang kaya gini?
Oh iya lupa, ini kan bukan kantor, tapi rumah:)

2 comments:

Anonymous said...

Keren mbk dian tulisannya, aku juga mw jadi penulis tapi susah bnget ternyata nulis itu ya...hihihii

dian doonk said...

Thanks for reading:)
Jangan dipikirin susahnya, nulis itu fun kok:)