Thursday, January 16, 2014

Flash Fiction Ninelights ( #FFNinelights )


Sekitar pertengahan tahun lalu, gue melihat pengumuman lomba menulis Flash Fiction yang diselenggarakan oleh Ninelights Production.

Flash fiction (FF) adalah cerita (sangat) pendek, dalam lomba kali ini dibatasi maksimal 250 kata. Nah lo.. bingung deh. Gimana caranya bikin cerita ga boleh lebih dari 250 kata. Susah pastinya, mana temanya DANGDUT pula! Tapi namanya juga latihan, gue coba aja.

Gue pingin banget sering2 menulis lagi. Tapi kalau ga dipaksa, ya susah, adaaa aja alasannya. Biasanya sih, waktu yang jadi alasan utama. Anak2 & kerjaan yang jadi kambing hitamnya, hehehe...
Jadi gue memaksa diri ikutan kompetisi (inipun susah karena sering kelupaan deadline wkwkwk).

Berikut link FF gue yang dilombakan, dengan tema DANGDUT, judulnya "Nur"

Rupanya keberuntungan sedang berpihak pada gue. Sebulan setelah deadline, hasil lomba diumumkan, dan gue dinyatakan sebagai juara 1! Hoorayyyy… senangnya! Terlepas dari apa hadiahnya (buku2 karya Mbak AE plus personal message dari dia, dan seloyang kue lezat, hmmm:p), kemenangan ini jelas membahagiakan, mengingat gue lagi butuh motivasi untuk kembali menulis.

Nah ceritanya, tulisan juara 1 sampai 3 plus karya 5 pemenang lainnya (total 8 orang) akan dibukukan. Kami ber-8 diberi 8 tema cerita, yang masing2 harus dijadikan FF. Temanya menarik, yaitu : batik, roda tiga, pasar ikan, seruling, kopi, angkringan, mitos & tradisional. Seru ya, Indonesia banget J Memang pening sih pas baca tema2nya (ngaku deh...), tapi I took it as sesuatu yang menantang sekaligus menyenangkan. 

Jadilah kami ber-8 diberi waktu sekitar 1-2 bulan untuk membuat 8 cerita itu. Setelah terkumpul, Mbak Rana (pendiri Ninelights Production) memberi kabar, kalau buku yang akan dibuat itu, akan dilengkapi ilustrasi, dan sekarang sedang dalam tahap mencari illustrator. Keren, ga sabar pingin liat!

BTW Mbak Rana itu siapa sih?
Beliau adalah pendiri Ninelights Production.
Yang membuat gue kagum sama Mbak Rana adalah semangat yang begitu besar dalam mengikuti passionnya. Selain karena karya-karyanya yang bisa bikin geleng2 kepala sambil mikir “kok bisa bikin sekeren ini ya..”, Mbak Rana adalah seorang pribadi yang hangat dan pekerja keras. Gue berharap punya setengahnya aja dari semangat dan kegigihannya untuk follow my passion.
Setiap baca link ini tentang dia & Ninelights, selalu ada perasaan haru yang muncul. Orang2 seperti ini, berjuang demi sesuatu yang dia yakini.
Lagi2, Indonesia butuh orang2 seperti dia. Tetap semangat ya, Mbak!


Tentang Mahakarya 1 dan 2

Buku kumpulan flash fiction Ninelights disusun untuk mengenalkan budaya dan ragam yang ada di Indonesia lewat cerita-cerita mini di dalamnya. Angkringan, warung kopi, lagu dangdut dan lain-lain. Pembaca akan menemukan beberapa cerita berakhir twist dengan kesan misterinya, namun beberapa yang lain mengalir begitu saja, membawa nuansa sendu dan romantis, hasil karya anak bangsa.
(Rana WIjata Soe, tentang Mahakarya)

Buku kumpulan FF Ninelights diberi nama Mahakarya 1 dan 2. Mahakarya 1 sudah mulai dipasarkan, kalian bisa order ke sini ya. Tulisan2 gue kebetulan dimuat di Mahakarya 2, yang akan diproduksi setelah Mahakarya 1.

Ini cover buku Mahakarya 1. Sewaktu pitching cover, gue suka sama semua alternatif design yang diajukan, semuanya keren. Tapi suara terbanyak dari semua penulis, memutuskan ini. Cakep ya:)



Selain buku, Mbak Rana juga membuat postcard, tees & tote bag yang designnya keren2. Klik di sini untuk melihat dan order ya. 

 Kalau teman2 ada pertanyaan seputar buku atau merchandise Mbak Rana, boleh diajukan ke Mbak Rana (@RanaWijayaSoe)  atau ke Ninelights (@9lights Production), atau mention gue juga boleh.

Oh ya, ini sneak peek Mahakarya 1 

Penasaran pingin baca Mahakarya? Sama! :p

No comments: