Tuesday, March 29, 2011

Menyusui

Menyusui.. ketika se-tetes ASI menjadi begitu berarti

Menyusui kedua kali, tidak membuat gue jadi lebih pinter. Masih tetap luka2, masih tetap berdarah. Cuti 3 bulan, tidak lantas bikin pundi2 ASI bertambah. Ga belajar dari pengalaman yahJ
Sebenernya, gue udah niat nabung asi dari awal, loh. Cuma entah kenapa ya, cari waktu untuk pumping rasanya susah banget. Kalo dulu bisa dilakukan pas Keyla bobo, kali ini, kalo Michael bobo, masih ada 1 malaikat lagi yang minta diperhatikan.

Jadilah gue coba mompa ketika 2 anak itu tidur, yang biasanya gue lakukan sambil terkantuk2 juga. 3 bulan pertama produksi susu pas2an. Apalagi pas udah kerja. Curi2 waktu mompa di kantor, yang biasanya hanya bisa 2 kali mompa, max 3 kali. Itu pun dengan diburu2 waktu, di sela2 bunyi BBM yang tidak berkesudahanJ
Bulan demi bulan berjalan… Anehnya, air susu gue yang pas2an itu masih keluar aja.
Waktu gue tulis ini, usia Michael menjelang 5 bulan. Kadang diselingi susu formula, tapi max 1x aja sehari. Tetep air susu ibu nya yang utama.
Mpot2an? Pasti. Kejar2an? Tentu saja. Gedebukan? Ya iyalah. Tapi Tuhan mencukupkan semua nya. Tuhan mengatur semua nya.
Ajaib? Iya. Kalo kita berusaha sekuat tenaga, dan membiarkan Tuhan mengaturnya, percaya bahwa semua takkan percuma.

Ga mudah buat gue mengatakan ini. Inget waktu air susu yang gue peres dengan susah payah, dimuntahin Michael, atau dibuat main sama Keyla.. rasanya mo nangis. Ingat waktu freezer kulkas rusak, dan simpenan asi gue botolnya pecah, hiksssss… mo ngamuuukkkkk!

Atau ketika asi (yang seharusnya tak boleh direbus), tau2 dimasukkin botol trus ditaro di air mendidih, sama suster nya Michael… &;$&;#)^$&;%)#*)%&;($# *sensor…
Terus terang, banyak banget hal2 yang bikin gue frustasi. Pengen berhenti mompa susu. Ngambek. Ga mo peres asi lagi.
Tapi.. melihat wajah Michael.. ini malaikat yang Tuhan kirim untuk menemani hidup gue. Sosok mungil yang Tuhan percayakan ke gue, untuk gue jaga dan gue sayangi sepenuh hati. Anak manis yang gue idam2kan.
Dan binar wajahnya itu loh, kalo melihat gue dah ambil posisi mo nyusuin dia.. ya ampun, langsung sumringah gitu! The face I will never forget, the expression I will keep for the rest of my life.. sama ketika dulu Keyla bayiJ
Tuhan, terima kasih untuk 2 malaikat sempurna yang telah Engkau berikan untuk melengkapi hidupku.

Keyla & Michael.. kalo udah gede nanti baca blog Mommy… kalian adalah hadiah terindah yang pernah Tuhan berikan. Kalian adalah karunia dari SurgaJ

No comments: