Tuesday, March 29, 2011

MEET the BABY

1 Nov 2010, jam 10 malam

Pertama kali ngerasain mules2 kecil. Hubby dan Keyla udah bobo pules. Gue cuma bolak-balik aja, tapi ga bisa bobo. Udah nguap2 berkali2, ga bisa pules juga. Perut makin kerasa ga enak. Mules, iya, ga mules juga iya. Sekitar hampir jam 1 pagi, gue bangunin Alex, gue senggol2 kakinya dia pake kaki gue.
Dasar suami siaga, langsung duduk dia pas bangun. “Udah mules kamu?” katanya.
Setelah telpon mami dan mama, kita putuskan untuk berangkat. Keyla dan sus nya di rumah mama, terus kita jemput mami. Entah kenapa, mules gue langsung berkurang setengahnya, pas tau mami bakal nemenin gue “_” I love you, MomJ

Sebelum pergi, gue pelukkin Keyla, ciumin dia sampe dia bangun. “What if… I never see her again? What if.. this is the last time I can kiss and hug her?” dan seribu “what if what if” lainnya… sedih banget rasanya. Tapi Tuhan terus menyadarkan gue.. come on! Jangan sensi lahhhh… kamu tuh pergi untuk kasih dia hadiah! Pada saat kamu pulang nanti, kamu akan kasih dia adik! Hayo hayo, semangat!

Sampe di Carolus, masuk ke ruang bersalin… memory gue muncul lagi. Hampir 3 tahun yang lalu, dinihari menjelang pagi2 buta, gue disini juga, untuk melahirkan Keyla. Sekarang kembali lagi kesini J tapi kenapa harus dinihari terus yah? :p Ooh, gue tau, menghindari macet yah? Anak pinter J
Ruang bersalin privat kosong, jadi masuklah gue kesana. Setelah isi beberapa data, trus tiduran lah gue di ranjang ajaib itu. Ruangannya masih sama…
Tiba2 aja mata gue berair. Keyla, juga dulu lahir disini, di ruangan ini. Sekarang, adiknya Keyla juga lahir disini…

“Bu, belum apa2 kok udah nangis?” kata susternya. Hehehe, ya maklum sus, ibu nya perasaannya lembut.. (hiii, jijay!)
Ukur punya ukur, suster bilang, belum ada bukaan.. (lah, terus yang tadi mules, apaan donggg?). Atau mungkin ada, hanya saja bukaan sangat kecil, bukaan awal banget. Jadi dia “bantu” memperbesar bukaan itu. Jangan tanya rasanya yah.. yang pasti “aduh” deh.
Jam demi jam berlalu… bukaan masih belum maju2 juga, mulesnya juga gitu2 aja. Gue jadi mikir, apa sebenernya belum waktunya ya? Apa mules tadi itu bukan mules apa2?”

Beberapa saat berlalu, bukaan masih belum maju. Saat itu, gue masih merasa bisa melahirkan normal. Gue masih kuat. Gue pernah mules 10 jam, sebelum akhirnya melahirkan normal. Kali ini pun, gue yakin gue kuat.
Dokter meng-instrusikan induksi. Hmmm, denger kata induksi aja, mulesnya langsung nambah, hehe.. padahal belom diinfus loh.
FYI, induksi adalah memasukkan sebotol besar cairan lewat infuse, yang guna nya untuk “memanggil” si mules datang, sehingga bisa merangsang bukaan menjadi lebih cepat. Dulu waktu Keyla, induksi juga 1 botol. Dan rasanya aduhai:p
Selama induksi, mules makin menjadi. Dan sama seperti dulu, gue berusaha untuk tidak teriak. Prinsipnya, hemat tenaga. Atur napas menjadi yang terpenting. Tarik napas dalam2, buang, tarik lagi, buang.. begitu terus, sampe mules nya hilang.
Beberapa jam berlalu. Bukaan masih belum maju juga. Stuck di bukaan 3. Suster membantu dengan “mecahin” ketuban. Well, jangan ditanya rasanya yah.. hehehe… ga asik deh pastinya. Sampe saat itu pun, gue yakin gue masih kuat.
Sampe induksi abis sebotol, bukaan baru maju sedikit sedikit. Beberapa kali suster memberikan “bantuan” dengan memperbesar jalan lahir. Tujuannya supaya bukaan lebih maju. Hanya maju sampe bukaan 5, terus stuck lagi lamaa…
Dokter datang. Masih tetep PD untuk bisa melahirkan normal. Dia suggest untuk induksi lagi, botol kedua. Hiksss…
Buat cewek2 yang pernah ngerasain induksi, tau kan, baru mulai infuse aja rasanya udah mules dan makin mules terus.. apalagi dah abis 1 botol, terus ditambah 1 botol lagi…
Dari yang super tenang, sampe jadi gelisah. Dari yang super PD, jadi waswas. Duh kok ga keluar2 yah?
Induksi botol ke-2 jalan, mules nya makin2an. Oh my God…
Gue rasanya udah mo mati aja deh. Apa mimpi gue bakal kejadian yah? apa gue bakal mati kali ini? Gue masih mo berbakti sama nyokap gue, masih mau gedein anak gue, masih mau nemenin suami gue sampe tua… will I die? No God, no!

Makin dilawan, rasanya makin mules… sampe akhirnya gue lemes. Ngeliat orang udah berbayang2. Mungkin kecapean. Mungkin kehabisan tenaga. Dan akhirnya cuma bisa pasrah. Tuhan, apa pun yang Engkau kehendaki, apapun itu, aku yakin baik adanya, maka terjadilah. Tuhan, asal Engkau bersama ku, aku pasti baik2 saja.
Waktu Dokter masuk lagi, gue udah lemes total. Dokter bilang, “Caesar aja ya, Bu? Udah 17 jam posisi nya masih agak di atas, walopun udah bukaan 7.”
Gue cuma bisa manggut2. Pasrah total. Whatever Doc, just give me my baby…. I want my baby!
“Ibu ada pilihan Dokter Anak?” untunglah gue masih ngeh waktu ditanyain begitu. Karena udah persiapin semuanya, gue dah survey juga, mo pake dokter anak siapa. Dokter anak yang sama dengan Keyla.
Lalu gue dipersiapkan buat sectio. Waktu gue dipindahin ke ranjang dorong, digantiin baju, rasanya udah melayang2 aja gitu.
17 jam… 17 jam??? 17 jam!!!

Disuntik di tulang belakang, yang katanya orang2 sakit banget karena posisi elo kudu duduk bungkuk, buat gue ga kerasa apa2. Mungkin karena mules 17 jam itu udah bikin saraf sakit gue tidak berfungsi dengan baik. Whatever… gue dah kebal.
Than.. tanpa sehelai benang pun, gue dipindahin tempat tidur lagi. Jujur, perasaan gue saat itu melayang2. Gue sempet mikir, apa ini perasaan orang yang udah mo mati yah? Gue berdoa lagi sama Tuhan, I’m Yours, God… so whatever Your will is, I’ll follow.
Sedetik kemudian, perasaan mules itu hilang, obat bius mulai berfungsi. Lantas gue jadi bisa denger percakapan dokter dan suster2, walopun ga jelas. Mata gue masih kunang2, badan capek luar biasa. Dan akhirnya… “Bu, ini anaknya ya…”
…..
Gue ga bisa melukiskan perasaan gue saat itu. Waktu baby ditaro di dada gue untuk Inisiasi Menyusui Dini, tiba2 pandangan gue clear lagi, semua terlihat jelas. Pusing gue ilang, kesadaran gue juga kembali penuh. Merasakan kulit lembut merah yang ada di dada gue. My baby, finally I meet you…
Nangis udah ga pake malu2 lagi. Gue langsung bisikkin doa “Salam Maria” di kuping nya baby. Tuhan Yesus, Bunda Maria, we’re all Yours. You made the miracle, You are the miracle!

Waktu baby mo dibersihin dan ditimbang, gue masih belum rela ngasih nya. “tunggu ya, masih mo coba susuin lagi..” dan gue pelukkin dia. My baby, my miracle, my baby Michael J
Keluar dari ruang operasi, ada Alex dan nyokap gue. My best buddies are here, there’s nothing to be worried ofJ Nyokap nemenin gue didorong ke kamar, Alex ngurusin baby dibersihin. Saking parno nya, takut anaknya ketukar, dia tungguin sampe baby dimandiin, ditimbang, dan diberi gelang nama.
Halah, kalo tau Caesar bisa begitu cepat dan beres, dari tadi ajahhh!!!!

No comments: