Tuesday, March 29, 2011

Second Pregnancy

Hmmmm… lama nyaaaa tidak berbagi di blog ini.. Maklum, sibuk berat niy.. (sok sibuk lo, Yan:p). Udah gue tulis benernya, tapi selalu terburu2 dan ga sempet upload nyaJ So, happy reading J

FEB 2010 à HAMIL LAGIIIII…
Sok ikut2 kalender Cina yang menghubungkan usia ibu dan waktu pembuahan, jadinya malah beneran hamil:p Di kalender itu, satu2nya bulan yang diramalkan bakal punya anak cowok, IF pembuahan terjadi di bulan Januari. Selain itu, seterusnya klo terjadi pembuahan dan hamil, akan jadi anak cewek. Tuhan, tanpa mendahului firman Mu, dan kita pun sudah sepakat that we’ll be very thankfull if we have another baby girl. Ngebayangin akan ada 2 anak cewek, dengan 2 kuncir di kepalanya, satu pake baju pink, satu pake ungu… pake sepatu Barbie.. well, sudahlah Dian, ayo lanjutkan nulisnya:p

Waktu test pack, asli gue tidak berharap banyak… dan garis itu begitu samarnya. Begitu samar, tapi dia ada.. pengen nangis rasanya.. Keyla akan punya adik J Terima kasih, Tuhan….
Feeling gue terbukti juga. Seminggu terakhir ini, gue slalu pake flat shoes, ga nyaman juga pake skinny jeans. Puasa indomie dulu. Setelah ke dokter dan test di lab, dan hasilnya gue bener2 hamil, bow!

MONTH 1-3 – Another Human
Bulan2 pertama ini, dilalui dengan mual2. Iyalah, gue gitu loh:p mual, pusing sepanjang hari, ga napsu makan (nah, yang ini jarang2 niy:p)
Mengingat sejarah kehamilan yang pertama, semoga semua nya baik2 saja, Tuhan. Lindungi bayiku, lindungi suamiku, lindungi aku. Semoga kehamilan lancar, pekerjaanku lancar, sehat sampai melahirkan. Amin.
Hey baby, mommy is here, don’t worryJ
Memasuki usia kehamilan 2-3 bulan, sedikit masalah mulai muncul. Dari yang suster nya Key makin hari makin aneh dan akhirnya mudik trus ga balik2 lagi, juga sedikit flek muncul di celana. Sama seperti dulu, dokter nganjurin bedrest.
“Tidak boleh banyak jalan.”
“Tidak boleh angkat berat2.”
“Tidak boleh naik-turun tangga.”
“Tidak boleh gendong anak.”
No 1 sampe 3, bisa gue jalanin. Tapi sampe ga boleh gendong Key? Hiks.. itu yang paling bikin gue sedih. Ga bisa gendong Keyla, karena ada dedenya Keyla di perut mommy.

Saat itu, gue sadar… Ada sedikit perasaan sedih yang aneh. Keyla, sudah bukan satu2nya. Keyla akan punya adik. Perhatian dan cinta mommy-daddy akan terbagi dua. Waktu mommy-daddy akan terbagi dua. Apa Keyla seneng? Atau sedih? Maafin mommy ya, Key…
Kalo Keyla bobo, ngeliat wajah anak2nya, rasanya pengen ciumin dia terus, pengen pelukkin dia terus. Setiap hari, gue bisikkin dia.. “Walopun Keyla punya dede, Keyla tetep kesayangan Mommy yang paling cantik. Keyla kebanggaan Mommy, semangatnya Mommy.”

Karena tidak boleh banyak jalan, dan bosen di rumah, tiap kali ke mall, suami gue pinjem kursi roda. Awalnya gue males. Kursi roda gitu loh.. malu. Gue yang secuek ini, bisa malu juga!
Tapi suami gue yang kekeuh, gue kudu pake kursi roda. “Sebodo amat orang mo bilang apa, ga usah dipikirin lah. Yang penting kamu ga capek, dan si baby baik2.”
Jadilah gue pake kursi roda setiap ke mall. Diliatin orang, diomongin orang, dilirikkin orang. Setiap kali gue lewat, orang2 akan melihat ke kaki gue. Melihat kaki gue masih ada 2 dan utuh, mereka ngeliat sampe ke kepala, dipikirnya “Nih orang kenapa ya? kan kaki nya ada, kok pake kursi roda?”
Berkat suami gue, makin lama gue juga makin cuek. Kalo ada orang liatin, pengen gue tanya aja, “kenapa bu, kok liatin saya? Saya ga cacat bu, Cuma hamil aja. lagian klo saya cacat, emang kenapa?”
Saat itu, gue berjanji sama diri gue sendiri, gue ga akan liatin orang yang pake kursi roda. Yang pake kursi roda itu juga manusia loh, yang apapun alasannya, mereka ga suka diliatin dengan tatapan nanar, atau lirikan kepo.
Sebagai manusia, Tuhan memberikan kita hati nurani, perasaan, akal budi, yang tidak dimiliki oleh ciptaan Nya yang lain. Jadi setiap manusia derajatnya adalah sama. Jadi untuk semua orang yang berkursi roda,.. gue yakin, itu bukan maunya kalian. Dan kursi roda itu membantu kalian bergerak, bukannya berpikir, atau merasa. Berpikir itu pake otak, dan merasa itu pake hati.
Jadi selama hati kalian masih bisa merasakan, jangan pernah merasa malu atau ga PD, hanya gara2 pake kursi roda. God has created you, and He never fail!

3 – 6 MONTH : I feel you
Setelah 2x bedrest @ 1 minggu, kali ini harus bedrest lebih lama. Hari itu perut kerasa ga enak. Keluar cairan coklat kemerahan, cair, dan bukan sekedar flek, karena agak banyak. Feeling gue bilang, kali ini gue harus lebih concern sama si baby. Cuma feeling, tapi gue merasa kali ini keadaan akan lebih berat. Perut bawah kerasa sakit, cairan coklat banyak keluar. Saat itu cuma bisa berdoa, semoga Tuhan melindungi anakku.
Dokter saranin untuk fully bedrest, dan dia suggest opname. Dalam keadaan biasa, gue pasti nolak. Mending gue istirahat di rumah lah. Tapi kali ini, gue manggut2 tanpa perlawanan. Feeling gue mengatakan, gue emang harus opname. Demi si baby.
Akhirnya gue dibawa ke ruang bersalin untuk cek segala macem. Suami gue nungguin sebentar, trus dia anter Keyla pulang, ambil baju, untuk nginep di rumah Oma nya. Abis itu, suami gue balik lagi ke rumah skit nemenin gue. Sedih banget rasanya pisah sama Keyla. Apalagi pas dia tanya, “Mommy ga ikut pulang? Mommy sama Daddy kenapa disini? Nanti Keyla sama siapa?”
Hiks… Mommy istirahat dulu ya, Sayang… Dede di perut Mommy juga perlu istirahat. Mungkin Mommy kecapean, menurut om dokter. Mommy janji, ga akan lama2 disini. Mommy akan secepatnya pulang, dan nemenin Keyla lagi. Sabar ya, Sayang?

3 – 6 Juni : Gue di rumah sakit 4 hari 3 malam. Di kamar sampe ditempelin tulisan TOTALLY BEDREST, artinya beneran gue ga boleh bangun, ga boleh jalan. Pee aja di ranjang, ckckck.. Kebayang dong, betapa ga betahnya gueeee? Yang biasa pecicilan dan ga bisa diem, kali ini harus tiduran terus di bed? Tapi demi baby, ya sudah lah… (tak jitak kamu nanti klo lahir, nak “_”)
Diagnosa dokter adalah pendarahan di plasenta di bagian bawah. Resiko terburuk nya, bisa mengakibatkan janin luruh. So I believe, totally resting is the best way to keep the baby.
I trust God for His plan. Pelajaran yang bisa gue petik adalah.. how to have quality times with hubby:p Secara dia tidak pernah ninggalin gue sama sekali while gue dirawat, so 24 hours with him, hehe.. Thanks Honey for being thereJ Thankyou for celebrating your birthday at the hospital:p
Thanks udah makan makanan rumah sakit, sementara gue makan makanan enak2 yang dibawain tamu2, hihihi:p

7 – 9 MONTH : BIG WOMAN
Memasuki tri semester akhir, untung lah ga flek lagi. Tapi anehnya, sering kontraksi. Berkali2 kejadian perut kenceng, dan keras banget klo ditekan. Saking seringnya, dokter sampe resepin obat anti kontraksi, yang bisa diminum kapan saja terjadi kontraksi. Tapi ga boleh sering2 juga. yah seperlunya lah.
Saran dokter, kalo perut kenceng begitu, harus selonjoran, terus tarik napas dalem2 (tapi jangan lupa dilepas yah, hahaha:p), sampe perut lemes lagi. Wew…
Akhirnya di bulan ke-7 ini, gue lepas dari obat2an selain vitamin. We’re getting stonger, baby!
Di tri semester ini, perubahan fisik makin kliatan. Yah, selain semakin besar (tolong bagian ini ga usah di-gede2in yah:p), kulit muka jerawatan, juga selalu kepanasan. Untungnya, kali ini perut ga gatel. Setiap kehamilan, dengan ajaib bikin fisik kita berubah, lucu yahJ
Saking seringnya kontraksi, dan perut yang semakin gede, gue memutuskan untuk cuti lebih awal, dari 20 Oktober. Since gue juga udah kecapean banget, kerja juga ga efektif, rasanya wise kalo gue milih cuti duluan.
Menunggu dan menunggu…. Sampai awal Nov, si baby ga kunjung lahir. Malah kontraksi semakin jarang.. si baby betah banget yah di dalem?
Knock knock, sayang, enak ya di dalam sana? Pasti hangat dan terlindungi ya? Mommy, Daddy & cici Keyla want to meet you soonJ
Waktu yang tersisa sebelum si baby lahir, gue manfaatin banget untuk nemenin Keyla. 24 hours sama dia. While yang kecil masih di perut, jadi bisa sayang2in yang gede terusJ

No comments: