Tuesday, December 20, 2005

IN MEMORIAM Akhirnya gue siap post blog ini. Ditulis tanggal 20 Nov 2005. Perlu waktu sebulan buat mikir, apa tulisan ini harus gue post apa enggak… Ari ini, supposed to be my best friend’s bday : Kuple. Gue kenal dia, waktu sekelas di kelas 2 SMA. Orangnya bae and lucu (banget). Deketnya pas duduk sebangku. Trus terang, gue rada ga nyangka dia orangnya sebae itu. Soalnya waktu kelas 1, kayanya dia agak2 badung gitu:p Actually ga banyak yang gue tau soal dia. Gue cuma tau, bokapnya dia udah meninggal. Waktu kelas 2, dia jadi salah satu tim advance tea walk, yang brangkat duluan, sehari sblom hari H. Dan malem itu, mobil mereka tabrakan. 2 orang meninggal, 3 laennya luka2, termasuk Kuple. Waktu itu, suasana sekolah jadi muram. Tea Walk dibatalin, smua ikut berkabung. Rasanya sedih banget pas masuk skolah di masa2 itu. Walopun gue ga kenal sama 2 orang yang meninggal itu, tapi gue kenal ceweknya dari salah satu almarhum. Trus... gue besuk Kuple ama Cecil. Kita sempet nyasar ke rumahnya di daerah Senen sana, untung akhirnya nemu juga. Sayang dianya lagi ga ada. Malem2nya, dia nelpon gue, ”Gila lo ya, pake repot2 bawa jeruk sgala.” Trus dia crita, soal limpa nya yang diambil gara2 kecelakaan itu. So dia harus pantang makan, ga boleh sembarang makan minyak2 dan kawan2nya. Sejak itu, sampe kita lulus SMA, gue ama dia agak2 lost contact, apalagi kita beda kampus. Tau2 pas Papi meninggal, dia dateng ama Felix, seinget gue 3 hari di rumah duka itu, dia dateng terus. Dia banyak nasehatin gue, dengan sgala macem petuahnya itu. Yang pasti siy, dia slalu berusaha bikin gue ketawa. Sejak itu, baru kita jadi lumayan deket. Dia jadi sering maen ke rumah gue. Kadang bareng Felix, kadang sendiri. Cuma ngobrol aja, sambil mam nasi goreng tektek yang lewat di depan rumah. Dia suka banget nasi goreng itu, kadang pake acara nambah lagi:p Beberapa kali juga dia sempet maen ke kampus gue. Pernah juga di ke kampus gue cuma buat nyobain somay di kantin depan yang slalu gue bangga2in itu. Dia penasaran banget tuh... tau2 nongol di kampus, trus minta diajak mam somay:) Pas gue udah mulai kerja, hm..... kok kita jadi rada jauh ya? Mungkin karna sama2 sibuk juga, jadi kita jarang maen lagi. Mmmm benernya... mungkin ada satu masalah yang bikin kita jauh.... itu namanya slek bukan ya, Ple? Ga ngerti. Yang pasti, waktu itu, gue kecewa banget sama dia. Gue sebel sama dia. Hm... gue ga mo inget2 masalah itu lagi, jadi sedih:( Trus dia minta maaf. Benernya dia sempet beberapa kali telpon gue, mungkin buat nuntasin masalah yang ada. Tapi gue nya keras kepala. So walopun gue tetep nrima telpon dia, tapi tetep ada jarak. Waopun dia udah minta maaf dan gue bilang iya, mungkin dia tau gue masih sebel. Jadi akhirnya dia bilang, ”Klo lo udah ga sibuk, telpon gue ye.” Gue iya-iya aja, tapi pada kenyataannya, gue ga pernah telpon dia. Sampe hari itu. Gue lagi di kantor, nrima sms dari Keke, klo Kuple meninggal. Bukan kaget lagi, gue telpon Felix. Felix bilang, iya si Kuple sakit, tapi ga ada yang tau sakit apa, mungkin berhubungan ama limpa nya yang pernah diambil dulu. Gue langsung lemes. Trus inget banget, gue ke tempatnya Bram (waktu itu tempat Bram, masih di bilik kecil deket Global), trus gue nangis sama Bram. Nangisnya bukan di WC, tapi di sofa situ, jadi Mbak Sat juga tau. Hari itu gue ijin dari kantor. Percuma, di kantor gue cuma bengong2 doang. Sorenya gue ke rumah duka Carolus. Tuhan, gue inget, gue sedih banget disana. Walopun gue ketawa2, tapi di dalem hati, rasanya miris. Inget waktu Papi meninggal, di Carolus juga, ditempatin di 2 ruang dijadiin satu. Waktu Kuple, cuma 1 bilik, rame banget, isinya temen2 smua, sampe luber keluar. Ga tau knapa, gue ga sanggup liat jenazahnya. Ada prasaan berdosa karna blom sempet ngomong ama dia? Ada prasaan bersalah karna terlalu sok sibuk, padahal hanya untuk nemenin dia ngobrol? Ada prasaan menyesal, karna terlalu blagu untuk denger permintaan maaf dia? Ada prasaan ngilu, karna dulu ngaku udah maafin dia, tapi masih tetep jaga jarak? Gue bener2 ga bisa liat jenazahnya. Ga sanggup. Mungkin…mungkin karna gue takut. Takut klo wajah di peti itu, beda sama wajah dia yang ada di memori gue. Di otak gue, tampangnya slalu riang, lucu, slalu ngajak orang untuk nyengir bareng dia. Satu2nya hal yang bikin gue lega, anak2 bilang, wajahnya bener2 wajah dia. Wajahnya ga berubah. Wajah penuh senyum dengan mata terpejam. Kali ini bukan tidur. Kali ini untuk selama-lamanya. Jeanne sampe nanya berkali2, ‘Yan bener lo ga mo liat dia ? Buat terakhir kalinya?’ Tapi sampe peti ditutup, gue ga bisa juga liat dia. Malemnya, dan malem2 setelah itu, gue cuma bisa berdoa. Berdoa biar Tuhan jagain dia. Berdoa biar malaikat2 cantikNya mengelilingi dia, melindungi dia. Berdoa biar Tuhan nyediain 1 kursi empuk, tepat di sisiNya, buat dia. Berdoa biar dia bisa dapet nasi goreng juga disana :) Ple, disana pasti elo hepi ya? Ga ada lagi rasa sakit, ga ada benci, ga ada sebel. Elo pasti lagi ketawa2 hepi ya di surga. Sperti biasa, mata elo pasti sipit bangettt klo lagi nyengir (tetep sipitan gue siy:p). Mmmm inget ultah elo waktu itu? Abis bokap gue meninggal... elo sempet nraktir gue di depan rumah gue. So happy birthday, today supposed to be yours. Ga bisa bilang “may God Bless You” lagi, soalnya elo pasti udah diberkatin abis2an sama Tuhan:) Tuhan pasti sayang banget sama orang bae and jail kaya elo ya:) Satu plajaran yang gue dapet, Ple. Jangan terlalu blagu buat maafin orang laen. Terlalu sombong buat ngakuin klo gue pernah bikin kesalahan juga. Emangnya cuma elo ya, Ple? Gue blagu ya Ple, rese. Cuma masalah kecil gitu aja, ngambeknya lama banget, padahal elo udah bilang sori. Sampe elo harus pergi, gue blom sempet bilang, klo benernya marah itu udah ga ada lagi. Ple,… gue minta maaf. Maafin gue ya? Buat semuanya.

No comments: