Thursday, September 06, 2012

Mastitis


Kejadian yang udah lama ini, telat banget gue posting. Iya iya, gue super late. Tapi kok rasanya harus gue tulis juga ya. Demi mencegah makin banyaknya ibu2 yang jadi korban si M ini.

Gue udah 3x kena mastitis. Yang 1 dan ke-2 itu pas habis melahirkan. Seperti ular gigit buntut, sebabnya saling melingkar.

ASI belum lancar à baby udah haus, jadi gemes gigit2 puting à puting luka à kekeuh disusuin à puting makin luka berdarah à frekuensi nyusuin berkurang karena luka à payudara makin bengkak à ASI masih tersumbat

Mastitis 1 dan 2, akhirnya sembuh sendiri, cuma consume pan*dol biru aja.

Mastitis ke-3 ini, muncul ketika usia Samantha 7 bulan. Puji Tuhan, udah lewat ASIX. Duh asli, kalau gue ingat2, Tuhan itu super baik ya. Coba kalau gue kena mastitis di usia Sam 5 bulan, which is tinggal dikit lagi dia kelar ASIX, mungkin gue bisa nangis2 darah kali. Secara nanggung bentar lagi makan, gitu loh.

Awalnya, gue mengubah frekuensi pumping gue. Entah kenapa, memasuki bulan ke-6, Samantha malah suka kebangun malam dan minta susu. Jadi…yang tadinya pumping di rumah waktu malam sebelum bobo, kali ini gue bablas tidur. Dengan maksud toh malam Sam juga minta susu, jadi gue bisa kasih ASI langsung ke dia.
Ternyataaa sodara2, inilah awal kesalahan gue. Harusnya walaupun baby akan minta mimi di malam hari, tetap kita harus pumping tiap 3-4 jam *jitak kepala sendiri

Berhari2 gue ga pumping malam, dan Sam emang bangun terus.
Sampai suatu kali di weekend, dengan tujuan bakal ngasih ASI langsung (so pagi nya gue ga pumping), siang2 PD udah mulai bengkak, tapi belum sakit.
Sorean baru mulai sakit, dan kayanya mulai tersumbat. Soalnya Sam mimi sambil marah2 (mungkin keluarnya dikit2 ya?). Gue tetap kekeuh kasih langsung.
Hari itu gue kontrol pipisnya Sam, yang emang dikit banget, beda dengan hari2 biasa. Wah, pertanda kurang cairan nih. Badan gue pun mulai kerasa ga enak *radar mulai bunyi
Nah, gue panggil lah si Mbak Pijit yang pernah beberapa kali mijit gue after due. Asli waktu 1x mijit, gue ga bisa nikmatin sama sekali. Suhu badan mulai naik dan badan mulai meriang. PD gue dipijit pelan2, sedikiiiittt aja keluar susunya.

Hari besoknya, badan makin demam, dan PD makin keras.
Puncaknya menjelang malam, suhu badan gue hampir 40 derajat, gue menggigil, PD bengkak.. Meluncur lah gue keUGD Mitra. Disana dikasih beberapa obat, lalu di-refer ke ruang laktasi. Suster2 disana (maaf) terus terang tidak terlalu banyak membantu. Yah mereka menjalankan prosedur aja sih kali ya… Gue dikasih baskom berisi air panas & air dingin (seperti yang udah2), disuruh kompres, diiringi tatapan prihatin sambil bilang “Sakit ya, Bu?” sambil mencet2 PD gue *fiuh.. Well I expect more tadinyaJ
Anyway, sudahlah…
Habis dikompres, gue pompa, kompres, pompa lagi. Masih tak menolong, cuma dapet 20 ml.
Akhirnya lewat midnight, gue pulang.

Besoknya, masih belum membaik. Air susu masih ga keluar, PD masih bengkak, hanya demam aja yang udah turun (mungkin karena obatnya kali ya).
Akhirnya setelah baca2 dan cari info (juga referensi), gue ke Mom & Jo. Duluuuu sekali pernah, tapi tetap saja tempat ini terlihat menakjubkanJ Baru masuk aja, rasanya udah sembuh, hehehe.. super comfyJ
Great place, great service, (wow) great price, hehehe:p Well it was worth every cent J
30 menit kurang lebih di-massage. Entah karena tempat yang sedemikian nyaman, entah karena therapist yang terlatih, atau karena udah berhari2 (jadi gejala pun mulai membaik), PD agak melunak, dan ASI mulai keluar sedikit demi sedikit.

Di sore itu juga, gue ke obgyn yang dulu membantu persalinan gue. Yes, Dokter Sugi it isJ
Begitu gue bilang mastitis dan bilang udah dipijit, dia bilang “Jangan dipijit, Di. Mastitis itu kan kuman. Klo dipijit, nanti kumannya nyebar.”
“ASI nya aman kan, Dok?” tanya gue.
“Jangan dikasih ke baby lah Di, ada kumannya. Kondisi baby kan kita ga tau, ya.”

Wah, beda2 yah. 
Menurut jurnal yang gue baca, mastitis itu adalah penumpukan ASI yang mengakibatkan ASI jadi beku/gumpal, sehingga tidak bisa keluar dengan lancar. Iya betul ada kuman nya, tapi baby will adjust with it. Ini saatnya baby belajar kuman.
Beberapa jurnal bilang harus dipijit supaya ASI keluar, beberapa bilang ga boleh dipijit.
Sutralah, gue udah dipijit ini…

Ow ya, dari Dokter Sugi, gue dapat antibiotik, dan disuruh stop obat2 lain yang diberikan oleh dokter UGD.

Besoknya keadaan dah membaik. Tapi asliiii, ASI gue seret bangettt… Saat ini pun masih berusaha relaktasi *tarik napas panjaaangggg

Kesimpulang yang bisa gue ambil :
1. Jangan ngurangin frekuensi pumping!
2. Klo udah kerasa ga enak (keras atau bengkak) dan ASI ga bisa keluar lancar, better kompres air panas & dingin, lalu pumping
3. Mengenai pendapat boleh dipijit atau enggak, terserah masing2. Tapi gue ngerasain sendiri kalau dipijit itu ada manfaatnya, as long as yang mijit betul2 ngerti

Semoga setelah ini,.... byebye Mastitis :)

No comments: