Friday, August 19, 2011

Gue emang CINA, tapi gue orang INDONESIA!


Ulasan kali ini (cieh, ulasan..:p), mengangkat rasa nasionalisme gue, yang tadinya gue pikir dah lenyap entah kemana.
Gue keturunan Cina, dari engkong-emak gue, semua nya Cina, malah ada yang ga bisa bahasa Indonesia. Bokap nyokap gue Cina, suka masakan Cina, dan tiap tahun kita masih menjalankan macem2 budaya, such as sembahyang using hio (buat doain para leluhur yang udah mendahului kita), makan mie, merayakan taun baru Imlek setiap taun, percaya hujan itu somehow adalah berkah… kurang Cina apa coba? Gue sekelularga punya nama Cina juga, walopun ga pernah dipake.
Tempat tinggal gue, mostly ditinggali orang2 pribumi (asli Indonesia). Dan dari kecil pula, diskriminasi itu udah gue rasakan.

Dari mulai akte lahir yang dibedakan (katanya KTP juga ya? Tapi sebodo teing lah, yang penting foto cantik terpajang di depannya, hihi:p), pembedaan di kelas (padahal dari kecil gue sekolah di sekolah Katolik loh, sampe lulus kuliah. Ga kebayang ya, yang sekolah di sekolah umum).
Inget waktu SD, seorang guru gue pernah bilang “Dasar Cina!”, ketika gue salah menjawab pertanyaan.
Klo dia ngomelin gue karna gue males, atau karna gue bolos, gue terima. Tapi kenapa dia ngomelin gue karna gue Cina? Apa hubungannya ya? Emang orang Cina ga boleh salah jawab pertanyaan?

Ada juga kejadian ketika gue mo masuk kuliah.
“Ga usah daftar UI lah, orang Cina susah masuknya.” Hehh, maksudnya apa nih? Kita kan sama2 tes dan bayar untuk kuliah, kenapa harus dibeda2in?
Well akhirnya gue emang masuk Atmajaya, karna dah cinta pandangan pertama sama tuh kampus, hehe..
Pun ketika “pantat” (sori) gue dipegang di terminal, dia bilang gue “hei Cina”. Emang klo gue Cina, lo bebas bisa pegang2 pantat gue? Atau waktu gue dipanggil “sipit..sipit..” dan dipanggil “Cina..Cina..”
Kenapa kalo gue sipit? Kenapa klo gue Cina? Gue bangga menjadi Cina sipit!
Berlanjut sampe sekarang. Waktu bikin akte lahir anak2, jelas2 ditulis… tarif WNI pribumi dan non pribumi BEDA. Kenapa dibedakan ya? Apa non pribumi alias Cina atau bule itu dipandang lebih tajir dibanding yang pribumi? Apa itu bukan artinya merendahkan penduduk asli bangsa sendiri ya?

Duh emosi nya… ya iyalah. Lahir disini, tinggal disini, sekolah disini, kawin disini, sampe honeymoon pun disini juga! (yang terakhir itu karena dana terbatas sih, hihihi..)
Intinya, kenapa ya harus ada pembedaan2 seperti itu? Kenapa Miss Indonesia diributin klo dia Cina? Dia toh WNI juga! Ikut bayar pajak juga!

Cerita ini gue tulis, bukan bentuk ketidaksukaan gue atas teman2 pribumi ya. Jangan salah. Teman2 baik gue, sahabat gue, banyak yang pribumi. Gue juga punya sodara yang pribumi loh, gue juga punya sodara yang muslim taat. No offense, tidak ada rasa benci sama mereka, karna mereka pun memperlakukan gue sebagai teman, sahabat dan sodara, bukan sebagai “teman Cina”, “sahabat Cina” atau “sodara Cina”.
Mungkin ini cuma ungkapan kekecewaan gue aja karna merasa dibedakan. Kesannya cuma numpang tinggal aja di Indonesia.

Padahal… gue suka banget sama budaya Indonesia.
Coba kamu yang mengaku orang Indonesia asli… tau ga tipe2 batik itu apa aja, history nya gimana? Tau ga cerita Barata Yudha? Bisa main alat music asli Indonesia ga?
Gue keturunan Cina, tapi gue hafal tipe2 batik, tau semua gimana sejarahnya nya. Gue suka banget baca buku cerita wayang, mulai dari Chandra Kirana, Inu Kertapati, sampe Rama Shinta. Gue suka banget sama angklung, kulintang, suling.. sama seperti gue nge-fans ama piano.

Gue emang Cina, tapi gue cinta Indonesia. Cinta budaya Indonesia, cinta makanan Indonesia (well gue suka hampir semua jenis makanan sih, jadi this one is an exception:p), jatuh cinta sama pulau2 Indonesia (walopun dah beberapa kali keluar negri, my fave place is Bali).
Gue yang orang Cina ini, selalu serius loh menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika upacara. Gue yang sipit ini, bahkan pernah nyanyi lagu Tanah Airku di depan Gubernur (waktu itu, bangga nya selangit, hihihi)

#merdeka itu adalah klo di setiap form hanya ada 2 pilihan : WNI atau WNA. Bukannya 3 pilihan : WNI, WNI keturunan, dan WNA.

Daripada buang2 waktu ngebedain pri dan non pri, mending mikirin sudah berbuat apa untuk Negara ini. Negara ini sangat butuh dukungan dari seluruh warga nya, tanpa peduli berasal dari suku apa.
Sudah berbuat apa untuk Negara mu?
Aku yang katanya orang Cina ini, belum berbuat apa2. Tapi aku cinta Negara ini, cinta Negara ku.

Iya aku memang Cina, tapi aku cinta Indonesia ku. Semoga kamu juga… secinta aku.

No comments: