Monday, April 06, 2009

Rest In Peace, Om Boentjong

25 Maret 2009


Ketika lagi meeting… HP berbunyi, dari Mami. “Ci, Om Boentjong dah ga ada….” 
Hah???? Gue langsung bengong, tau2 badan lemes aja. 
Setelah sempet terisak, Mami bilang akan pulang cepet dari kantor, trus langsung ke Mitra Gading, tempat Om Boentjong dirawat. Sampe akhir Mami menutup telpon, gue ga bisa bilang apa2. Bengong sekian menit, sblom akhirnya gue telpon suami gue, yang sama kagetnya dengan gue, tapi lebih bisa mengendalikan diri. 
Hari Minggu, tanggal 22 Maret 2009, kita baru ktemu di rumah Ai di Bogor, arisan keluarga. Om Boentjong masih seger, masih ngobrol lama dengan para bapak-bapak di teras, sambil ngerokok & ketawa2. Tidak ada tanda2 sedikit pun….. (walopun ternyata almarhum udah pamit sama Ai dengan mengatakan bahwa hidupnya mungkin tak akan lama lagi… tapi semua menganggapnya bercanda aja, karna beliau emang seneng banget bercanda).  


Rabu malem, gue & Alex langsung ke RSPAD. Sampai disana, ruangan masih di-dekor, jenazah blom masuk. Gue langsung cium & meluk Ii Yuyu (istrinya), tanpa bisa bilang apa2. Dia cuma bilang “Cepet banget, Dian… hari Minggu masih ktemu, kan? Cepet banget….” Gue, bukannya menenangkan, malah ikut2an nangis ga karuan. …..


Om Boentjong adalah salah satu Uncle gue yang paling gue sayang. Dia itu deket banget sama bokap gue (alm), bisa dibilang hopeng deh…. Dari segi fisik mirip, tampang jenaka dan perut ndut…. Dengan keramahan dan kebaikan yang luar biasa…. Dan sisi humoris yang tak mudah dilupakan. Gue masih inget ketika Papi sedang koma di ICU, Om Boentjong dateng. He cried, dan dia bilang sama bokap gue, “Lo harus lawan penyakit ini… lo mesti sembuh!”


Dan pada akhirnya, ketika bokap gue passed away, Om Boentjong adalah salah satu orang yang paling peduli dengan kluarga gue. Dia sangat merhatiin mami, koko, gue, dede. Dia adalah wakil kami pada saat kami melamar & dilamar. Dia adalah juru bicara keluarga yang disegani. Waktu Ko Yudi ngelamar Ci Herlin, Om Boentjong yang jadi jubir. Ketika gue dilamar, Om Boentjong juga yang jadi wakil kluarga. Bahkan Om Boentjong juga yang ikut nganter gue waktu gue merit, ketika harus ke rumah Alex untuk sembahyang. Om Boentjong juga yang jadi juru bicara kluarga ketika Dede ngelamar Yeni. He’s like FATHER for us. No, he’s not just like father. He is our father.


Waktu dulu gue baru punya pacar…. Dia bilang sama gue, “Mana niy pacarnya, kok ga dikenalin ke Om? Om musti liat dulu, oke ga orangnya…” Dan waktu gue mo merit, Om Boentjong termasuk salah satu yang ikutan stress… (padahal yang kawin aja ga stress yah, huehehe…). Dia nanya sama gue, apa yang harus dilakukannya untuk membantu gue. “Om musti ngapain niy, Dian….” (secara dia biasanya slalu kebagian tugas klo ada yang merit) “Ga usah ngapa2in, Om, pokoknya dateng aja & enjoy pestanya… kan Dian dah pake WO, jadi sodara2 semua bebas tugas.. tugasnya cuma makan aja kok…” Tapi dasar ga bisa diem, si Om bilang akan ngitungin piring aja, supaya ga diboongin sama hotel:) 


Setelah Dede merit, Om Boentjong pernah bilang klo hutang2nya sudah lunas. Dia pernah berjanji sama Papi, untuk “menjaga” anak2nya sampai menikah. Akan “mengurus” kami sampai berkeluarga. Dan gue baru sadar… sampai terakhir, I never say thanks…. Never say thanks, to him…. Om, it might be late. Thankyou for being so care to us. Thankyou for making our daddy feel peace in his sleep. Thankyou for taking care of us. Thankyou for everything. Pergi yang tenang ya, Om…. Don’t worry about everything’s here. Ii Yuyu, Ci Lia, Ko Andry, Iin, semua akan baik2 aja. Just rest in peace. That’s it. All angels in heaven, pls take care of my uncle….just like you guys did to my daddy.


Papi, Om Boentjong dah menyusul Papi ke Surga. Ditemenin yah, Pi… Tapi awas jangan makan banyak2 yah….

1 comment:

rhei ogura said...

ci.. aku sampe menitikkan air mata ngebaca ini.. jadi bisa ngerasain kehilangannya juga..
semangat ya ci..
Your father n uncle will always look at you from heaven.. And they will smile when looking at their cute grandchild.. amieenn.. GBU always..^^