Thursday, November 30, 2006

FULL PACKAGE

Pernah ga, denger ungkapan seperti ini, “Klo elo bener2 sayang sama seseorang, elo harus bisa nerima dia apa adanya.” 
Gue sering banget denger itu. Tapi menurut gue (berdasarkan pengalaman, pastinya), di dunia ini, ga ada orang yang bisa nerima orang laen (dalam hal ini, pasangannya), apa adanya. Yang bisa melakukan hal ajaib itu, ya cuma Tuhan. Itu juga mungkin terpaksa, soalnya Tuhan kan yang nyiptain kita, jadi apapun hasilnya, kudu bisa diterima, huehe… Ketika elo mulai punya pasangan, diawali dari pacaran, apalagi ketika udah menuju tahap yang lebih serius, rasanya kok makin banyak kekurangan dari pasangan kita ya? Yang dulu pas pdkt rasanya cakep banget, kok skarang jadi biasa2 aja? Yang dulu kita suka karna kepolosannya, kok skarang jadi ngebosenin? Yang dulu kita suka karna sederhana, kok skarang jadi kalah dibanding rumput tetangga yang (pastinya) lebih hijau? 


Beberapa orang temen gue, juga mengalami itu. ”Jalan lo tuh.. kaya bebek,” itu salah satu ungkapan temen gue ke ceweknya. Ceweknya yang tadinya sumringah, langsung cemberut. 
”Bisa ga siy, lo dandan dikit, kaya si Maria tuh? Kan cakep...” 
“Nge-cat rambut kek.. atau ganti gaya gitu, biar gue ga bosen...” 
“Pake high heels dong klo ke mall…” 
“Elo harus diet, udah mulai ndut tuh perutnya…” 


Hal2 seperti itu, hal2 yang kedengerannya simple seperti itu, bikin gue mikir. Apa bener ya, di dunia ini, ga ada orang yang bisa nrima pasangannya apa adanya? Apa bener, pasti adaaaa aja hal2 (either itu kecil atau gede), yang mo elo ubah dari pasangan lo? Mulai dari cara jalan, cara dandan, model rambut, bentuk tubuh, dll. Klo elo adalah orang yang menuntut pasangan lo untuk berubah habis2an demi lo…, 
Look at you. Are you a perfect person? Apa elo ga punya kekurangan? Dan apakah pasangan lo bisa nrima kekurangan lo? Sblom komplain, coba liat.. apakah elo punya cara jalan yang gagah (tidak seperti bebek), super dandy dan modis, atau perut rata dan six pack? Mungkin.. mungkin lo harus berhenti berharap punya pasangan yang perfect, sebelom diri lo sendiri, perfect. Be perfect first, before you ask somebody to be perfect


Orang itu, ga ada yang sempurna. Coba trima pasangan lo, sperti apa adanya. Sumpah, ini susah banget (sampe saat ini, gue juga blom bisa. Sok tau lo Yan, sok nasehatin orang). Or at least, minimize komplain lo, biar pasangan lo ngrasa ada harganya di mata lo. Jangan apa2 di-komplain, di-compare sama orang laen. Klo elo kebanyakan komplain, kebanyakan compare2 dia sama orang laen, knapa elo mo pacaran sama dia? Knapa elo ga pacaran aja sama orang yang persis tipe nya dengan yang elo suka? 


Ketika lo udah mutusin untuk pacaran sama seseorang, artinya elo udah siap dengan kelebihan dan kekurangan dia, kan? Kcuali klo elo cuma mo maen2 atau ngisi waktu lo aja. Komplain itu, pasti ada. Pasangan lo punya segudang kekurangan. Tapi.. mungkin pasangan lo bisa berubah, as long as dia bisa nemuin orang yang bisa nrima dia apa adanya. Dia akan merubah diri kita dengan sukarela, demi orang yang dia sayangi (which is elo), selama orang itu bisa nrima dia apa adanya. 
“Elo bakal lebih manis kalo dandan. Tapi, klo elo ga dandan, juga ga papa kok.” 
Itu, kata2 sperti itu, yang klo kluar dari mulut lo, pasti akan bikin pasangan lo bakal dandan dengan sukarela, though she hates make up. 
“Pake jins juga oke, tapi klo pake rok bagus loh.” Klo elo ngomong gitu, dia akan langsung pake rok besok harinya. “Elo ganti model rambut dong.. cat rambut kek.. biar gue ga bosen.” Dan klo kata2 yang ini, bakal bikin pasangan lo ga akan ganti model rambutnya, seumur hidupnya. 


Hanya perlu keyakinan, bahwa seperti apapun dia, dia tetep dicintai dan disayangi. Hanya perlu keyakinan, bahwa dia tidak akan ditinggalkan kalau dia tidak mau berubah. Hanya perlu keyakinan, bahwa setidaknya ada 1 orang yang tetap menerima dia, seperti apapun dia, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Dengan keyakinan itu, mungkin dia akan mau berubah, demi orang yang dia sayangi.
Percaya deh.. dia akan berusaha berubah, demi elo.

1 comment:

blackman said...

cowo lu pasti bisa nerima lu apa adanya ya yan,krn lu sdh complete package.gbu