Saturday, April 15, 2006

BALI (April 7-10, 2006)

Bali, here we come!


Tanggal 7 sampe 9 April lalu, rombongan kantor, jalan2 ke Bali. Ga biasa2nya, kali ini kita pake EO. Kantor gue biasanya bentuk panitia sendiri buat segala macem kegiatan (dan ga tau knapa, gue slalu terlibat dalam kepanitiaan jalan2 itu). Mungkin karna smua sibuk, jadi kantor pake EO. Baik juga:)
Tapi blom mulai jalan2, udah ada beberapa temen yang kecewa ama EO itu, karna masalah tiket extend. Ada yang ga dapet tiket, ada yang tau2 tiketnya udah dicetak tanpa persetujuan dia (padahal jem pulangnya malem banget, trus klo mo di-cancel, kena cancellation fee).
Sehari sblom berangkat, EO kita (tanpa berniat mendiskreditkan EO tertentu, gue ga nyebut namanya deh:p), nelponin kita satu2. Bagus banget siy, menurut gue. Mereka nelponin kita, 100 orang, buat ngingetin. Harus nyampe dimana, jem brapa, kumpul di gate brapa, dll dll. Good point.

April 7, 2006
Baru hari pertama, udah gubrak. Rombongan 1, yang jem 7 udah jalan dari kantor, pesawatnya delayed ampe jem 11 dong, jadi barengan ama grup 2. Gubrak amat siy.... tau gitu, ga usah bangun jem 5 pagi buat packing. (Huehe...berhubung baru kemarennya pulang dari Bandung tus langsung teler, gue cuma sempet packing seadanya malem itu, dilanjutin pagi2nya. Terbukti kan, sikat gigi & odol ketinggalan. Thank God, baju dalem smuanya aman:p)

Untung aja (dasar orang indonesia, apa2 masih aja ada untungnya..itu namanya positive thinking), kita dapet tiket free breakfast di lounge. Langsung deh, grup 1 yang kelaperan nyerbu lounge nya. Sekitar jem 10 lewat, kita boarding. Guess what..delayed lagi dong... gedubrak! Yaelahhhh, knapa dalan sehari itu, si delayed jadi akrab banget sama kita ya?
Buyar deh angan2 buat brenang di hotel dulu, buat jalan di kuta square dulu. Yang ada cuma capek, bt, laper, ngantuk. Sambil ngedumel2, dan sempet2nya foto2 (heran lo Yan, sempet2nya.. sadar kamera amat siy jadi orang!), akhirnya kita nunggu sampe finally terbang juga.

Nyampe sana, thank God lagi, ga usah pusing sama koper2, ga usah ngangkut koper ampe ke bis, udah diaturin ama orang EO nya (thats what EO are for!). Kita naek 2 bis, ke suatu resto yang (sayangnya) letaknya jauh dari hotel. Jadi.. kebayang ga siy, dari airport ke hotel kan deket, trus kita kudu muter2 jauh buat (late) lunch. Tapi berhubung laper, tetep diabisin deh makanannya (padahal rasanya biasa2 aja.. mungkin di jakarta juga ada kali ya?)
Sblom gala dinner, sempet jalan2 ke kuta square. Huaaaa, seneng banget. Mulai ngerencanain.. mo beli ini buat siapa, mo beli itu buat siapa. Wah, koper kudu didudukkin lagi niy biar muat:p

Gala dinner malem itu seru banget, apalagi klo bukan karna MT Show. Kita dinner di tepi pantai (bener2 di tepi pantai. Kata Heri, kaya di sinetron2). MT Show nya kuereeennnn bangeeettt. Mereka bikin operet, critanya soal ksatria2 yang kudu berperang buat dapetin harta karun 1T. Huahaha, lucuuu...
Paling salut buat Adrianus (sumpah, gue kira lo orangnya serius... ternyata ancur! Keseringan nongkrong di Dolly ya:p), Frans (satu orang srius yang ternyata bisa gila juga), Jeffri B (gue ga nyangka ternyata "harta"mu sebesar itu, Jeff!), plus satu tim MT yang kompak dan pastinya kerja keras banget buat bikin operet itu. Mulai dari kostum, tampilannya, rekaman suaranya, dll.
Abis itu, sayang banget ujan. Walopun ujan, gue, ijus, vinot & edia sempet jalan2 disupirin Ali (tengkyu ya, Li). Ga ngapa2in siy, cuma muter2 aja. Tapi at least, malem2 pas mo bobo, gue udah lupa ama kejadian delayed yang bikin bt itu. Mo bt di Bali? Rugi banget.... bt mah di jakarta juga bisa:p

April 8, 2006
Ari ini kita bakal maen treasure hunt. Ga tau bakal diapain, yang pasti per kelompok dapet 1 mobil, buat muter2in Bali. Thank God (lagi), karna gue dapet klompok yang asik : Heri (si ketua), Fendy, Junlim, Andrie plus Jenny. Kita dapet klompok yang namanya FAT FREE HIPPO. (Fat Free? Andrie? Plis deh...:p)
Jem 8 pagi kita udah kumpul di lobby. (Thanks ya Fen, udah sms-in kita satu2:p)
Trus abis dapet 1 guide (namanya Mas Oka), kita cabutke Bedugul, perhentian pertama. Rada2 nyasar dikit, tapi akhirnya nyampe juga. Kita jadi kelompok ke 4 yang nyampe (benernya ke-3, tapi kduluan ama klompok laen, gara2 blom sempet lapor).
Disana nunggu giliran lumayan lama, jadi sempet takut juga liat2 rintangannya kok tinggi2 amat, serem. Ada jalan diatas tali, ada terjun bebas gitu, ada jalan di kayu2 kecil, pokoknya nguji mental plus keseimbangan deh. Abis ngetawain Itci yang phobia tinggi, gue jadi deg2an. (Dasar lo Yan, sok2nya ngtawain orang, emang lo brani? Mmm, mmm.. ga juga siy.. yang pasti sblom mulai, gue kok jadi pengen pipis:p)
Ga tau gimana akhirnya, gue bisa juga tuh nglewatin smuanya. Malah gue sok2 nenangin Heri yang ternyata lebih panik dari gue.
"Udah Her, ga papa pelan2, lo pasti bisa."

Duh sok tau amat siy gue, padahal gue ndiri juga deg2an, huehe.... (walopun deg2an, klo pas mo difoto, gue sempet2nya pose plus nyengir dulu loh:p). Biarin, akhirnya kan bisa! Walopun telapak tangan rada kebeset gara2 ga pake sarung tangan, yang penting gue tiba dengan slamat di bawah.
Abis darisitu, kita ke petunjuk berikutnya, sampe petunjuk terakhir. Benernya rada kecewa juga... soalnya jadi wasting time gitu. Klompok gue masih mending, dapet giliran nomor 4. Ada 16 klompok... kebayang ga siy, klompok 16 itu harus nunggu sampe jem brapa, buat maen rintangan2 itu? Plus...tempatnya panas banget. Tempat paling gampang buat jadi item.

Anyway abis all petunjuk kelar, kita ke Tanjung Benoa. Wah...baru nginjek pasirnya aja, gue langsung exited. Sayangnya karna cuaca dan angin ga mendukung, ga bisa maen parasailing (huh,...sok brani lo, Yan:p). Jadi akhirnya gue maen flying fish aja bareng Rina & Jenny. Flying fish itu, kita pegangan di satu perahu karet, trus ditarik kenceng sama boat di depannya. Pegangannya kudu kenceng banget, soalnya klo ga, bakal dengan sukses kelempar di laut. Huaaa, seru banget... walopun gue yang paling kering, soalnya gue di tengah. Sementara Jenny and Rina basah kuyup sampe ke rambut2nya. Gue bingung..kok mereka bisa basah gitu ya?
Akhirnya karna penasaran, gue nyari tiket lagi. Untung ada Mbak Lusi (tengkyu Mbak, udah ngerelain tiketnya buat aku!). Sekali lagi gue naek flying fish, ama Dewi and Vinot. Kali ini, gue yang di pinggir.
Huaaaaaaa.. ternyata bener! Di pinggir jauh lebih ngeri daripada di tengah! Blom apa2, udah basah kuyup. Karna satu kaki ga ada penyangganya, jadi asli melayang abis! Tangan mesti bener2 kenceng megang nya, biar ga kelempar ke laut. My God... gue jadi ngerti kenapa tadi Rina and Jenny sampe triak2 heboh, basah kuyup, dan beberapa kali sumpah serapah:p
Blom nyampe 15 menit, Vinot udah triak2.. "Mas, udah Mas... udah, balik aja!"
Hihihi.. jadi kita balik ke pantai deh. Basah kuyup, sampe ke dalem2nya (man, nyesel deh gue ga bawa underwear. Inget kejadian corporate meeting 3 taun lalu? waktu gue masih jadi MT? gue kan digotong rame2 trus diceburin ke kolam renang tuh..sama persis dengan ari ini, soalnya underwear gue tinggal satu2nya. Lo siy Yan, ga blajar dari pengalaman), jadi gue kudu beli clana disana.. mana clana nya ternyata kependekan... nasib, nasib:p
Abis itu kita maen di klompok lagi. Orang pertama harus kasih barang ke orang kedua. Orang kedua pake, trus ngambil barang buat dipakein ke orang ketiga, begitu seterusnya, sampe balik lagi ke orang pertama. Jadi pada akhirnya, orang pertama yang pake barang2 itu lengkap. Barang2nya ada BH, balon (buat disumpelin ke BH nya), daster, wig, topeng.

Pertamanya udah kompakkan ke anak2 cowok. Cara pake BH tuh: kancingnya dibuka dulu, trus dipakein di depan, trus puter ke blakang, baru tangannya dimasukkin. And you know what..ternyata BHnya dari karet dongggg, ga ada kancingnya... pantesan jadi pada bingung:p
Klompok gue jadi klompok ke-3 yang selesai. Fendy yang jadi orang pertama plus orang paling sial, hihihi.. tapi sumpah, dia manis banget jadi bencong... lebih manis daripada klo dia jadi cowok, huehehe....
Bencong2 itu trus bergaya manis banget (walopun ada yang sperti bencong jadi2an, tapi tetep cantik, kok:p)
Abis darisana, kita ke Jimbaran buat dinner. Mam nya enak banget, nyam nyam... sayang, ada beberapa meja yang ga sempet mam soalnya keburu ujan.
Hmmm, tempat ini yang dulu pernah kena bom bali 2. Kebayang ga siy? Lagi mam tenang2, trus tau2 ada bom. Gila... kuasa Tuhan bener2 sgala2nya ya?
Anyway, dari kjadian hari ini, ada beberapa hal yang bisa gue simpulin.
Satu, two thumbs up buat beberapa orang dari top management yang mo ikutan acara ini. Mulai dari treasure hunt, sampe jadi bencong. Bener deh, gue salut abis. Mereka yang biasanya di kantor rapi2, dihormati dan jadi petinggi, bisa mau ikut2an maen treasure hunt, plus jadi bencong2? Kebayang ga siy... mereka bener2 sportif, ya? Salut deh gue:)
Dua, walopun banyak banget temen2 yang ngeluh soal acara hari ini (gara2 kelamaan nunggu dan nyari petunjuk treasure hunt yang ternyata ga jelas itu), gue pribadi ngrasa ari ini asik banget. Gue dapet klompok yang asik, sempet ikut maen rintangan tanpa lama2 nunggu, dinner sampe kelar di Jimbaran tanpa kena ujan, plus malem2nya masih sempet jalan ke kuta square buat beli oleh2.
Gue ngerti siy, knapa yang laen pada bt. Tapi lagi2, rugi dong klo bt di Bali. Bt mah di jakarta aja:)

April 9, 2006
Minggu Palma. Pagi2nya ke Greja ampe jem 10.30. Trus langsung breakfast, misah ama rombongan. Abis itu ngurus nyewa mobil, trus pindahan. Dari hotel bintang 5, ke rumah retret di deket Greja. Dari turis keren, sampe turis melarat, hihihi... ga papa deh, yang penting murah meriah. Tapi tempat nginepnya bersih kok.
Abis itu bareng Ali, kita jemput Bimo (temennya Ali yang mukim di Bali). Tuh kan, gue bilang juga apa, Tuhan tuh baiiikk banget sama gue. Ga cukup Dia ngasih Ali buat nyupirin kita2, Dia ngasih Bimo juga, buat guide-in kita kemana2. Huaaa, senengnya.
Abis ke Erlangga blanja oleh2, kita ke Dreamland. God, pantai itu baguuuusss bangeettt. Aer nya masih biru, masih bersih. Pantainya bersih, bisa bikin footprints sepanjang jalan:)
Sempet difoto2 ama Ijus (walopun hasilnya ternyata banyak yang burem:p)
Trus kita ke GWK. Maaaannn, gila deh, itu patung bener2 gueedeeeeeeeeee bangeeeeetttt. Lagi2 kita bersyukur soalnya kita kesana pas sore2 menjelang malem. Kebayang dong, klo kesana siang2, panasnya kaya apa tuh?
Tau ga siy, yang baru jadi kan cuma kepala burung garuda plus setengah badan Dewa Wisnu. Tapi gedenya ajubilah. Pas liat miniaturnya, kebayang deh klo nanti jadi smua, bakal segede apa. Kira2 5 taun lagi, bakal kelar ga ya?
Gue mau deh, ke GWK 5 taun lagi, sama anak2 and suami gue:)
Darisana, kita ke McD sblah Hard Rock. Sayang ga sempet ktemu Lou&Wid (mereka lagi nongkrong di Hard Rock), trus pulang deh. Abis itu mandi, trus bobo. Zzzzzzzz

April 10, 2006
Huahmmm... pagi2 rasanya malessss banget bangun. Apa? Hari ini harus pulang ke Jakarta? Besok kudu ngantor? Huaaa.. plis deh! Kok kayanya 4 hari disini ga kerasa apa2 ya?
Stlah sempet ada perdebatan kecil yang mengeluarkan esmosi antara kita sama rental mobil (luckily ada Ijus and Vinot yang memperjuangkan hak2 kita sbagai penyewa. Klo gue sendirian, kayanya gue bakal iya-iya aja kali, sambil cemberut), kita ke Titiles buat blanja titipan plus oleh2. Gila ya, disana ternyata mahal banget. Gue udah ambil2 brapa bungkus, pas bayar ternyata 400 ribu! gubrak! padahal duit gue tinggal 250an,dah termasuk buat bayar airport tax. jadi terpaksa dikurangin lagi brapa bungkus, sampe duit gue cukup. Malu2in yah:p
Thank God (lagi), flight kita ga delayed. Soalnya denger2, flight kepulangan rombongan 2 kemaren katanya delayed 1-2jam an. Abis dari airport, ke kost Ijus nitipin si Unyil (koper gue), trus mijit. Wah, indahnya dunia:)
Apa? Besok ngantor? Waktu bisa brenti saat ini aja ga? :p

Well, generally, buat gue personally, jalan2 kali ini memuaskan kok. Gue dapet kamar yang bersih (di WC kamarnya Ijus ada "kotoran"nya.. yuck), dapet selimut and bantal dari bulu angsa (kamarnya Dewi ama Vinot dapetnya selimut and bantal biasa), gue dapet temen2 klompok yang asik waktu treasure hunt, bisa maen2 rintangan itu walopun memar2 sepanjang badan (banyak klompok yang ga bisa maen loh, soalnya waktunya ga cukup), dapet guide yang top, bisa kunjungan kemana2 (grup 1 yang ga extend, ga maksimal gitu jalan2nya), bisa blanja oleh2 buat smuanya (kbanyakan temen2 ga blanja, soalnya waktunya ga cukup), flight pulang ga delayed, bisa tatoo tanpa diomelin Mami (soalnya disogok pake oleh2, hehe..)..
Diliat dari EO nya, mungkin emang pantes klo temen2 kecewa.
Mereka kurang perhitungin waktunya, ga efisien. Emang siy, banyak yang ga bisa dikontrol (misalnya flight delayed, atau ujan di Jimbaran, siapa yang tau). Tapi harusnya mereka punya plan B. Udah tau delayed sgitu lama, ga akan efisien klo lunch di tempat yang jauh, mana makanannya biasa banget.

Di hari kedua, maksudnya mo team building kali ya, ningkatin teamwork. Tapi klo kaya gitu mah, di jakarta juga bisa (gratis lagi, di sentul:p). Mestinya kita ke Tanah Lot, Pura Besakih atau kemana kek, yang khas Bali.
Tapi... sperti kata gue tadi.. kadang2 orang kan cuma bisa ngomel ya, ga mikirin kecil2nya. Klo gue siy, kebayang repotnya mereka ngurusin 100 orang yang maunya beda2, kaya dulu waktu gue jadi panitia CM. Bedanya, EO itu dibayar, dan gue enggak (nasib:p). Jalan2 kali ini kayanya bisa jadi plajaran, klo next time mo jalan2 lagi.
Hm...ngomong2 soal jalan2, anak2 bilang klo CM yang lalu2 di pulau malah lebih asik. Jeff malah bilang, waktu Distributor Gathering NINE di pulau putri dulu, jauh lebih asik. Acara jauh lebih rapi, padahal panitia intinya cuma brapa gelintir, termasuk gue. ... hmmm, jadi mikir, mungkin gue perlu resign trus buka EO aja kali ya? Good idea:p
Udah ah, mo bobo dulu...byebye Bali, pasti kita ketemu lagi:)

No comments: