Friday, May 26, 2006

ARSENE WENGER

ARSENE WENGER, my favorite leader 


Walopun sering kalah dan berbuat salah, anggota tim arsenal ga pernah disalahin sama coach nya, Arsene Wenger. Or at least, dia ga pernah nyalahin anak buahnya di media, atau di depan umum. Waktu Lehman bikin salah, bikin komentar pedes di media soal kesombongannya bakal jadi kiper nomor 1 di Jerman (ngalahin Kahn), Wenger ga bilang apa2. Dia cuma bilang, “I’ll fly to talk to him soon.” Dia ke Jerman buat ngomong sama Lehman. 


That’s what leaders are for. Leader2 itu ada, salah satunya buat men-support anak buah nya. Buat coach anak buahnya. Buat ada disana, ketika anak buahnya ga tau harus nanya ke siapa. Buat ada disana, buat tetep ngedukung mereka, ketika ga ada lagi yang support mereka. Dan Wenger, si cerdas bertangan dingin yang mengagumkan itu, he’s there for them


Inget waktu Arsenal lawan MU? Waktu itu klo ga salah, terjadi kerusuhan akibat pemaen2nya brantem. Arsenal dicemooh fans nya (kcuali gue.. sumpah, waktu itu pun gue tetep cinta sama mereka!), dibilang bolot, ga bisa nahan emosi, kerjaannya brantem mulu, dibilang maen kasar. Wenger bilang, “They’re wrong. Mereka emang salah. Mereka naek darah, dan melakukan hal2 yang seharusnya ga mereka lakukan. Tapi kita adalah satu tim. Dan tim ini menjadi semakin solid, karna seluruh dunia sekarang memusuhi mereka.” Gue sampe bengong waktu itu. Ck ck ck.. he’s really a great leader. Hebat banget ga siy? Ga salah dong, klo gue kaguuummm bangeeettt sama dia? (Well, slaen karna idungnya mancung banget & smart abis loh…) 


Termasuk waktu Viera mo pergi ke Juve. Smua orang bilang Wenger bego, karna udah ngelepasin Viera ke Juve. Wenger bilang, “We love him, and we’ll missed him. But he took the way he want. I won’t make him stay, if he didn’t want to. He’s the one who decide his future.” Slaen karna duit (gue yakin, dia mampu bayar gaji Viera lebih tinggi waktu itu), tapi dia ga mau nahan Viera. So klo Viera mo tinggal, itu karna dia emang pengen tinggal di Arsenal, bukan karna bayaran lebih tinggi. (Tapi Viera kan manusia juga, pasti nyari materi yang lebih baik lah.. that’s so humany). Pas terakhir Viera mo pergi, Wenger bilang, “He’s been a great captain for us. And he’ll be a great player in the new team too. Congratulation.” 


Waktu Juve tandang ke Highbury buat tanding di seminfinal liga Champion, semua penonton udah siap2 buat cemooh Viera. Wenger bilang, “Jangan cemooh dia. Dia udah berjasa buat Arsenal. He’s really somebody for us.” Huaaaaaaaaaa, dia bener2 hebat ya? Either itu bener atau enggak, atau cuma kata2 dia aja, gue ga peduli. I saw him as a very wonderful one. Ga tau napa, di balik sikapnya yang kadang2 arogan (sumpah, kadang tampangnya minta dijitak..), dia tuh kaya bokap buat seluruh anggota tim. 


Mulai dari dia ngliat potensi seseorang yang ga ada apa2nya (Henry, Viera, Ljungberg & Bergkamp, dulu ga terkenal sama skali loh… abis diracik ama Wenger, jadi kaya gitu tuh..), the way he threat them, and he coach them, pantes aja mereka jadi orang2 super berhasil yang tau cara menghargai orang laen. Ga ada orang kaya Wayne Rooney yang arogan dan individualis. Ga ada ribut2 antara pelatih & pemaen, sampe orang sekaliber Stam & Beckham aja kudu pindah ke klub laen --> perumpamaannya kok kayanya merujuk ke suatu tim tertentu ya, Yan? :p 


Liat tim Arsenal. Liat pemaen2nya. Apa ada, satu orang yang dengan kemampuan individualisnya, muncul sendirian? Mungkin ada, tapi sedikit. Ada Henry (bego aja, klo orang ga bisa liat individual skill nya yang super jago), ada Campbell (yang dengan kemampuan bertahannya bisa slalu diandalkan). Sisanya? Cuma pemaen2 muda yang biasa dipandang sebelah mata. Tapi Wenger dengan kemampuan nya ngeracik, bisa membuat tim itu penting. Dia bisa membuat pemaen2 muda itu jadi merasa dipercaya, ngrasa dihargai, ngrasa diperhatikan. 


Dari seluruh tim yang ada di peringkat lima besar liga Inggris saat ini, mungkin Arsenal tim yang paling irit. Ga pernah ngeluarin uang banyak buat beli pemaen, padahal gue yakin mereka punya uang ga kalah banyak sama yang laen. Ga pernah pamer uang untuk jor2an beli pemaen di awal musim. Ga pernah nahan pemaennya dengan meng-iming2i duit yang lebih banyak. Ga sperti satu tim yang dengan duitnya yang segudang, mencoba membeli pemaen2 kelas dunia. Ga sperti tim laen, yang nahan pemaennya dengan mencoba kasih duit lebih tinggi. Wenger ga sperti itu. Dia menghargai pemaen2nya bukan dengan uang. So, klo ditanya siapa leader favorit gue? Wenger, pastinya.


Gue.. bisa jadi leader kaya gitu ga ya? Bisa ga, gue percaya sama anak buah gue, sperti Wenger percaya dengan pemaen2nya? Bisa ga, gue ngedukung anak buah gue, dalam setiap tugas yang dia buat? Bisa ga, gue ngebela anak buah gue, walopun dia salah? Karena tiap kesalahan dia toh, jadi tanggung jawab gue? Bisa ga, gue ngebimbing dan ngembangin anak buah gue? Bisa ga, gue ngejaga komunikasi yang baik dengan anak buah gue? Bisa ga, gue nyediain waktu buat anak buah gue, klo dia lagi ada masalah, sementara gue juga lagi bt berat? Huahaaaa… kayanya buat jadi a good leader like Wenger, masih long long long way to go, terutama buat gue, hihihi….

No comments: