Wednesday, March 29, 2006

(BELAJAR) NYETIR

Guys, klo elo blom bisa nyetir.. asli deh, mending blajar se-dini mungkin. Ternyata bener ya.. makin muda kita blajar, harusnya makin gampang juga. 
Pertama kali blajar nyetir, Dede yang ngajarin, di kompleks perumahan rumahnya di Bekasi. Mati mesin berkali, rem mendadak, mobil ndut2an, itu mah wajib dah:p Dede rada2 stress gitu kayanya, hihihi... terakhir2 mending ga terlalu stress lagi, tapi kok tangannya megang rem tangan kenceng banget.. wah meragukan kemampuan gue:p *Iyalah, Yan.... slaen dia mencemaskan nyawanya sendiri, dia juga takut mobilnya kesenggol kali...* 
Trus kedua kali ama si Om, di kompleks perumahan di Pulomas. Wah... kayanya klo blajar ama si Om, gue yang stress deh. Abis dia panikan banget. Wong masih jauh, udah panik. Trus klo ada celah kecil gitu.. dia bilang ga muat, gue bilang muat (sok tau ya gue, jangan2 beneran ga muat:p). Akhirnya dia maksa gue mundur deh klo dah gitu. 
Akhirnya.... dengan sangat menyesal, gue les nyetir (sumpah, gue ga rela ngluarin duitnya!.. hmmm.. ada yang mo nyumbang? Timakaci loh sblomnya.. perlu nomor rekening gue? *ga tau malu*) 

Les nyetir – lesson 1 
Lucu juga. Dapet mobil kijang butut yang ga power steering (bener ga nulisnya?). Ya ampun, sering2 nyetir mobil kaya gitu, gue perlu minum Body Shappe dulu kayanya, itung2 skalian olahraga kan..... 
Dia nanya ”udah pernah bawa mobil blom?” 
Gue bilang dengan PD nya. ”Udah, tapi cuma bentar.” 
Gue ga bilang ”bentar”nya itu cuma muter2 kompleks dengan tangan ade gue megang rem tangan kenceng2 kan? Hehe..... Kita jalan ke daerah cakung yang macet gitu. Gubrak ga siyyyy... well ternyata ga sesusah yang gue kira. Sempet mati mesin beberapa kali, salah gigi, rem mendadak, ngalangin mobil blakang, bikin macet satu jalanan, dll deh. Tapi.. buat muter balik (U-turn), ga susah2 amat. 
Dan kayanya serba baik2 aja smua. Setelah gue pikir2 lagi.. YA IYA LAAAAHHH!!! Gue kan pake mobil warna kuning terang, dengan tulisan BELAJAR gede2 di atasnya, trus ada tulisan AWAS REM MENDADAK di blakangnya. Siapa yang mo deket2 mobil kaya gitu. Mo nyelak juga ga brani, takut kesenggol. Lagian tempat duduk di samping gue (tempat gurunya), kan ada pedal rem & kopling juga. So klo ada apa2, dia pasti injek rem lebih cepet dibanding gue. Pantes kok kayanya gue injek gas kenceng2 tapi mobilnya tetep ga ngebut2. Trus klo ada apa2 mobilnya suka pelan sendiri, padahal gue ga injek rem. Huh dodol deh lo, Yan! Lesson 2-7 Kebetulan gue dapet guru yang sama. Awal2nya dia kayanya stress gitu. Nyesel kali dia, dapet murid kaya gue. Dia bilang gue maunya cepet2 mulu, sok ngebut, tapi males nge-rem, hehe... makanya dia was2 tuh kayanya. Kakinya ga pernah lepas dari pedal rem & kopling gitu. 

Di akhir plajaran ke-2 apa ke-3, dia bilang ama temennya, ”Calon pembalap, nih! Tapi suka LUPA INJEK REM!”:p Pas jem ke 7 gitu, dia ngaku klo dulu awal2 dia stress banget klo gue nyetir. Hihihi.. dosa apa gue ya, bikin orang stress klo gue setirin. Trus.... mmmmm benernya ada 1 hal yang rada bikin bt. Masa mas2nya itu minta tips, minta duit rokok gitu. Benernya siy ga papa.. emang udah rencana mo ngasih tips. Tapi kok dia sampe minta gitu ya? Buset deh.... Udah gitu, dia pula yang nentuin, harus ngasih brapa. Ck ck ck... Tapi stlah ngobrol2 banyak, ternyata gajinya dia tuh cuma 300ribu! Gilaaaa.. hari giniiii, 300ribu sebulan, mo dapet apa coba?? Pantes aja dia minta tips. Ada untungnya juga ya sempet ngobrol2 (pertanda dia udah ga terlalu stress lagi kan? Buktinya udah bisa ngobrol tuh pas gue nyetir:p), jadi gue ngasih tips nya rada rela. Terus terang pas pertama2, ga rela:p

Lesson 8-9 Dapet guru yang laen lagi. Wah yang kali ini, bawel bangeeetttt. Bawel, doyan ngobrol, tapi ngocol. Anaknya udah dua, masih kecil2. Satu hal yang gue salut,.. penghasilan dia kan pastinya ga beda jauh sama instruktur yang laen. Tapi dia bukan cuma bisa idup ngebiayain kluarganya (istrinya buka warung di depan rumah.. tuh, lengkap kan info nya), bahkan dia bisa bersyukur! ”Sukur lah Neng, masih ada penghasilan. Nyari kerja kan sekarang susah...” Buset deh.. dengan gaji 300ribu per bulan (exclude tips siy.. tapi tetep aja), dia masih bsia bersyukur? Ck ck ck.... Lagi2 mata gue dibuka niy (mungkin slama ini terlalu sipit:p) 

Ada 2 orang berpenghasilan sama, 300ribu perak. Yang satu masih bujangan, tapi ngeluh mulu. Yang satu lagi, udah punya anak masih kecil, tapi bisa bersyukur atas karunia yang dia dapet, amazing ya? So, mungkin yang terpenting bukan brapa banyak duit lo, brapa tinggi gaji lo, brapa gede penghasilan lo.. tapi the way you see it, the way you use it, the way you take it as a gift. Mungkin ga cuma berlaku buat gaji, tapi dalam smua hal yang lo dapetin. Masalahnya bukan seberapa banyak yang udah lo punya, seberapa banyak lagi yang blom lo dapet, bukan ngedumel karna keinginan lo ga tercapai (inget.. rumput tetangga slalu lebih ijo?), tapi gimana elo bisa bersyukur atas semua hal yang lo punya, sambil ngeliat klo ternyata elo jauh lebih beruntung dari sebagian besar orang di dunia ini. Gila Yan, bijak amat siy lo… *abis makan apa, tadi?*

No comments: